Tempat Wisata

Pelabuhan Kuala Langsa : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kota Langsa merupakan sebuah wilayah kecil di Provinsi Aceh. Meski tergolong kota kecil, Kota Langsa dikenal sebagai daerah yang memiliki sejarah panjang dalam sejarah Aceh. Selain itu, ada pula tempat wisata di Kota Langsa lainnya yang tak kalah menarik yaitu Pelabuhan Kuala Langsa.

Pelabuhan Kuala Langsa merupakan salah satu destinasi wisata yang digemari masyarakat di Kota Langsa. Pada sore hari, tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati keindahan hamparan lautan luas. Selain itu, pelabuhan di sekitar Kota Langsa juga seolah menjadi surganya para pemancing.

Pelabuhan Kuala Langsa

Secara geografis Pelabuhan Kuala Langsa terletak di Kelurahan Kuala, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Provinsi Aceh. Untuk menuju pelabuhan ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Perjalanan dari pusat kota Langsa memakan waktu sekitar 25 menit. Namun jika Anda datang dari Banda Aceh, perjalanannya setidaknya lama, sekitar 8 jam.

Pelabuhan Kuala Langsa dulunya merupakan pelabuhan sibuk yang dipenuhi kapal-kapal yang melintas. Tidak hanya dari wilayah lain di Indonesia, pelabuhan ini juga membuka jalur transportasi ke negara lain seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura. Namun pelabuhan tersebut kini sudah tidak menarik lagi, lamanya waktu tempuh menjadi salah satu faktornya. Meski sepi, pelabuhan ini masih digunakan sebagai pelabuhan kapal antar daerah.

Pesona Pelabuhan Kuala Langsa

Saat wisatawan menuju Pelabuhan Kuala Langsa, pemandangan didominasi oleh kolam milik warga sekitar dan kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan. Sebelum memasuki pelabuhan, pengunjung terlebih dahulu melewati hutan bakau yang cukup lebat. Kehadiran hutan bakau ini pun semakin menambah indah pemandangan di pelabuhan.

Di hutan bakau yang lebat ini, tidak jarang sekelompok kera lewat untuk mencari makan. Terkadang mereka juga menunggu wisatawan yang bersedia memberi mereka makanan. Namun berhati-hatilah dengan kelompok monyet ini, karena tidak semuanya ramah terhadap pengunjung.

Pelabuhan Kuala Langsa

Sesampainya di pelabuhan Kuala Langsa, Anda akan melihat pelabuhan yang luas dan hamparan laut biru yang seakan menyatu dengan keindahan langit. Di pelabuhan ini wisatawan masih bisa menyaksikan aksi bongkar muat kapal, pengisian bahan bakar atau sandar di pelabuhan.

Wisatawan juga bisa melihat perahu-perahu yang melintas, seperti perahu nelayan, serta perahu polisi yang sedang berpatroli. Meski pelabuhan Kuala Langsa tidak lagi seramai dulu, namun hal ini juga menjadi faktor penting dalam aktivitas perekonomian masyarakat sekitar. Faktanya, mayoritas warga setempat menggantungkan mata pencahariannya pada penangkapan ikan di laut.

Pelabuhan Kuala Langsa memang menjadi tempat populer bagi masyarakat kota Langsa untuk bersantai di sore hari. Di sore hari, banyak wisatawan yang duduk santai di atas sepeda motor bersama keluarga dan pasangannya. Umumnya pengunjung datang ke pelabuhan ini untuk menikmati pemandangan laut dan melepas penat setelah beraktivitas seharian.

Di Pelabuhan Kuala Langsa wisatawan juga bisa berenang dan menikmati pesona pantai, meski pantai di pelabuhan ini tidak terlalu luas. Air laut yang relatif tenang membuat tempat ini cukup aman bagi pengunjung yang ingin mandi di laut. Angin sepoi-sepoi yang berhembus seakan tak henti-hentinya membelai lembut pengunjung.

Selain itu, rombongan anak muda biasanya unjuk kebolehan di atraksi sepeda motor pada sore hari. Fenomena ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pelabuhan tersebut. Mereka dengan lihai menunggangi kuda besi dan melakukan beberapa trik ekstrem yang mengundang decak kagum pengunjung Pelabuhan Kuala Langsa.

Fasilitas pelabuhan Kuala Langsa

Objek wisata Pelabuhan Kuala Langsa sebenarnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum. Namun sayangnya sebagian besar fasilitas di tempat ini kurang terawat. Terdapat toilet umum dan musala bagi umat Islam untuk salat. Pengunjung biasanya memarkir kendaraannya langsung di pelabuhan, dan banyak juga wisatawan yang menggunakan kendaraannya sebagai tempat duduk.

Berbagai kuliner lezat juga ditawarkan kepada pengunjung di sekitar pelabuhan. Banyak sekali pedagang kaki lima yang bisa ditemui di tempat ini, banyak juga warung yang menyajikan kuliner seafood lezat tak jauh dari pelabuhan.

Baca juga:

Jika ingin bermalam, wisatawan bisa memilih akomodasi dan hotel di Kota Langsa. Mengunjungi pelabuhan di Kota Langsa bisa menjadi pilihan untuk refreshing. Di sini Anda akan menemukan berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di pelabuhan.

Menikmati keindahan pelabuhan

Jika Anda berencana berlibur ke Kota Langsa, Pelabuhan Kuala Langsa menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Di sini Anda akan disuguhi pemandangan laut luas dan menikmati semilir angin sepoi-sepoi. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan kapal-kapal berlabuh di pelabuhan, lalu lintas kapal dan aktivitas pelabuhan lainnya di lokasi ini.

Meski tidak memiliki pantai yang luas, Anda juga bisa menikmati pantai di pelabuhan ini. Pasir putihnya menjadi pemandangan yang indah untuk dinikmati sambil duduk-duduk di pinggir pantai. Anda juga bisa berenang atau mandi air lautnya, deburan ombak yang bersahabat akan menghipnotis Anda untuk segera terjun ke laut.

Wisata kuliner

Usai menikmati luasnya lautan, manjakan lidah Anda dengan wisata kuliner di sekitar pelabuhan ini. Ada berbagai kuliner lezat yang bisa Anda coba seperti jagung bakar, bakso bakar, berbagai jenis seafood, mie goreng dan yang paling populer adalah mie rajungan aceh. Kafe dan warung dapat ditemukan di sekitar jalan raya dan hutan bakau.

penangkapan ikan

Bagi Anda yang hobi memancing, pelabuhan ini bisa memanjakan hobi Anda melempar kail. Pelabuhan ini menjadi spot populer bagi para pemancing tidak hanya dalam kota namun juga luar daerah. Ikan yang ada di pelabuhan ini banyak sekali sehingga tak heran jika pengunjung rela jauh-jauh mencari ikan.

Ingin sensasi berbeda saat memancing? Di sini Anda bisa memancing di laut lepas dengan menyewa perahu milik para nelayan. Mereka akan dengan senang hati membawa Anda ke tempat-tempat memancing terbaik di laut. Diskusikan dengan pemilik perahu untuk mendapatkan harga sewa yang terjangkau.

Kunjungi hutan bakau

Tak jauh dari pelabuhan Kuala Langsa terdapat hutan bakau yang cukup lebat dan menjadi tempat tinggal kawanan kera. Hutan bakau di sini sangat terjaga, dan juga terdapat spesies bakau langka di hutan tersebut. Anda bisa bersantai di gubuk-gubuk yang telah dibangun sekaligus menikmati luasnya hutan bakau.

Menurut berbagai sumber, hutan mangrove di kota Langsa merupakan yang terlengkap di Asia Tenggara dan dijadikan sebagai pusat kajian mangrove di Asia Tenggara. Sejauh mata memandang pemandangan dimanjakan dengan hijaunya hutan bakau, tempat ini juga cukup populer dan tidak pernah sepi pengunjung.

Perburuan Foto

Bagi Anda yang hobi berfoto, Pelabuhan Kuala Langsa juga punya banyak objek menawan yang bisa Anda foto dengan kamera. Anda bisa mengambil foto kapal yang sedang berlabuh, pengunjung yang sedang memancing atau kerumunan wisatawan di pelabuhan. Banyak juga anak muda yang berswafoto di pelabuhan ini.

Selain di pelabuhan, Anda juga bisa berburu foto di hutan bakau terdekat. Di sini Anda bisa memotret kawanan kera yang berkeliaran dan hijaunya hutan bakau yang tersisa. Di hutan ini terdapat gubuk dan jembatan yang juga menjadi tempat populer untuk fotografi.

Jam buka dan harga tiket Pelabuhan Kuala Langsa

Untuk memasuki Pelabuhan Kuala Langsa wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.000 per sepeda motor. Pelabuhan ini terbuka untuk pengunjung dari pagi hingga menjelang matahari terbenam.

Baca juga:

Peta lokasi Pelabuhan Kuala Langsa

Tips Berwisata di Pelabuhan Kuala Langsa

  • • Berhati-hatilah saat berkendara melalui hutan bakau karena banyak terdapat monyet nakal di sana.
  • •Hati-hati di pelabuhan karena air laut di sini cukup dalam.
  • • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana berenang di laut.
  • • Saat berenang di laut, jangan pergi terlalu jauh.
  • •Jaga kebersihan pelabuhan dan jangan membuang sampah ke pelabuhan atau laut.
  • •Hati-hati menjaga pelabuhan dan tidak merusak fasilitas atau apapun yang ada di dalamnya.

Galeri foto pelabuhan Kuala Langsa

Pelabuhan Kuala Langsa

Sepeda motor ke pelabuhan
Kapal di pelabuhan
Spot foto di pelabuhan
Berburu foto dengan latar belakang laut

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button