Berita Wisata

Peluang Ternate rebut peluang transit “Sail Tidore 2022”

Ternate (ANTARA) – Seluruh tamu dan wisatawan dari luar Maluku Utara yang menghadiri Sail Tidore 2022 di Kota Kepulauan Tidore, Maluku Utara, mulai 24-29 November 2022, transit menuju Kota Ternate, begitu juga saat pulang kampung.

Sebagian dari ribuan tamu dan wisatawan akan menginap di Kota Ternate, karena kapasitas hotel dan penginapan di Kota Tidore Kepulauan sangat terbatas. Selain itu, jarak antara Ternate dan Tidore sangat dekat, hanya membutuhkan perjalanan lewat kapal cepat selama 10 menit.

Walikota Ternate Tauhid Soleman melihat momentum ini sebagai keuntungan bagi Kota Ternate, khususnya bagi pelaku hotel dan akomodasi serta perusahaan jasa transportasi di daerah.

Bisnis catering dan catering juga akan diuntungkan karena para tamu dan wisatawan yang hadir dalam acara Sail Tidore 2022, khususnya yang berada di Kota Ternate pasti akan mencari rumah makan atau rumah makan saat lapar.

Manfaat serupa akan didapatkan oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Ternate khususnya yang memproduksi produk souvenir seperti batik Tubo, kerajinan kaleng, sirup pala dan aneka kue kering khas Ternate, karena pasti akan dibeli oleh tamu dan wisatawan. oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Pemerintah Kota Ternate telah meminta kepada seluruh pelaku bisnis perhotelan dan penginapan yang ada di kota tersebut untuk menjaga kebersihan dan memberikan pelayanan yang sejalan dengan nilai-nilai kearifan lokal, seperti kesantunan dan keramahan kepada pelanggan dan wisatawan yang melintas pada malam hari.

Pelaku usaha jasa angkutan, baik yang menyediakan angkutan di bandara maupun dalam kota maupun angkutan laut dari Ternate ke Tidore, juga diajak untuk memperhatikan kelayakan angkutan, agar setiap tamu dan wisatawan yang menggunakan jasa angkutan merasa nyaman dan aman. .

Bagi pelaku perhotelan dan jasa akomodasi dan transportasi di Kota Ternate direncanakan tidak memanfaatkan banyaknya tamu dan wisatawan untuk menaikkan harga secara berlebihan agar tamu dan wisatawan tidak menganggap Kota Ternate sebagai tujuan wisata yang mahal.

Khusus untuk katering dan pelaku katering, mereka diminta untuk berpartisipasi dalam implementasi masakan ternate dalam menu yang ditawarkan kepada tamu dan wisatawan, sebagai bagian dari peran mereka dalam mempromosikan makanan khas daerah.

Kota Ternate menawarkan berbagai kuliner khas yang pasti akan dinikmati oleh para tamu dan wisatawan yang menghadiri acara Sail Tidore 2022, antara lain popeda, piring sagu, kasbi santan, nasi kuning dan nasi jaha serta aneka olahan ikan dan sayuran, seperti ikan gohu.

Selain itu, ada juga kuliner khas Ternate berupa minuman, seperti air guraka yang bisa mendinginkan dan menghangatkan tubuh, es kelapa ungu yang bisa menambah vitalitas, serta kopi berbumbu yang menjadi minuman pilihan para sultan.

Objek wisata

Pemerintah Kota Ternate akan mengusahakan para tamu dan wisatawan yang hadir dalam acara Sail Tidore 2022, khususnya yang berada di Kota Ternate, untuk dapat mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di daerah tersebut.

Tempat kelahiran pahlawan nasional Sultan Baabullah ini memiliki banyak tempat wisata menarik, baik wisata bahari, wisata sejarah maupun wisata alam yang pasti akan memuaskan semua tamu yang mengunjunginya.

Data Dinas Pariwisata Kota Ternate menunjukkan sejumlah objek wisata bahari di kota yang bisa menjadi pilihan para tamu dan wisatawan untuk berkunjung, antara lain Pantai Sulamadaha, Pantai Tobololo dan Pantai Jikomalamo yang letaknya tidak jauh dari pusat kota.

Beberapa tempat wisata bawah laut di Kota Ternate juga menarik untuk dikunjungi seperti perairan pantai Taman Nukila, perairan pantai Sulamadaha, perairan Pulau Hiri dan perairan Pulau Moti yang juga mudah diakses.

Objek wisata bawah laut di sejumlah lokasi di perairan Kota Ternate, selain menampilkan keindahan terumbu karang yang umumnya masih dalam kondisi baik, juga berbagai jenis ikan yang beberapa di antaranya jarang ditemukan di objek wisata serupa bawah laut di bagian lain. Indonesia, seperti hiu martil.

Sementara atraksi sejarah di kota Ternate akan ditawarkan kepada wisatawan, ada enam benteng peninggalan kolonial di kota Ternate termasuk Benteng Kastela yang dibangun oleh Portugis pada abad ke-15 dan Benteng Oranye yang dibangun oleh Belanda pada abad ke-16.

Juga, Masjid Kesultanan Ternate yang berusia seabad dan Kedaton Kesultanan Ternate yang menyimpan berbagai peninggalan kerajaan sebelumnya, seperti berbagai jenis alat perang, Alquran yang ditulis di atas lembaran tembaga dan mahkota emas berbulu. .

Mahkota emas dengan rambut di Kedaton Kesultanan Ternate dianggap mahkota paling langka dan unik di dunia, karena rambut mahkota emas tumbuh lebih panjang, seperti rambut kepala manusia, sehingga pada waktu-waktu tertentu harus dilakukan ritual pemotongan. dipertunjukkan.

Dinas Pariwisata Kota Ternate merekomendasikan sejumlah tempat wisata alam di Kota Ternate untuk dikunjungi para tamu dan wisatawan, antara lain kawasan Geo Park Tubo yang menampilkan hamparan batu hitam bekas letusan Gunung Gamalama pada abad ke-16 dan kawasan Cengkih Afo yang memiliki pohon cengkih tertua di dunia.

Daya tarik wisata lainnya adalah pendakian Gunung Gamalama dan Danau Toliré yang unik karena selain memiliki tebing terjal di tepinya, tidak ada yang berani mandi atau berenang di dalamnya karena dihuni banyak buaya.

Menurut cerita penduduk Ternate yang diwariskan secara turun-temurun, Danau Toliré yang dikelilingi hutan tropis ini merupakan habitat berbagai jenis burung khas Ternate, termasuk burung Kasturi. Ternate merupakan desa purbakala, yang menurut mitos ditenggelamkan Sang Pencipta karena seorang warga setempat menghamili putrinya.

Para tamu yang datang ke Ternate dan Tidore akan menikmati kenyamanan dan keamanan serta dukungan yang memadai, dengan penempatan ribuan seluruh jajaran Polri terutama di hotel dan fasilitas akomodasi bagi seluruh tamu pemerintah pusat dan asing untuk menghadiri Sail Tidore 2022.

Bahkan, TNI dan Polri memberikan pengamanan, mulai dari kedatangan hingga keberangkatan para tamu peserta Sail Tidore 2022.

Saat ANTARA berbicara dengan Kapolres Ternate, AKBP Andik Purnomo Sigit, pihaknya telah menyiapkan pengamanan untuk acara Sail Tidore, 24-29 November 2022, mengingat Kota Ternate menjadi tempat para tamu dari luar negeri maupun tamu VVIP, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan meneruskan Widodo ke Tidore melalui Kota Ternate.

Selain itu, sebagian besar tamu pemerintah pusat dan asing akan menggunakan fasilitas hotel dan akomodasi yang sangat representatif di kota Ternate dan khususnya kota Ternate akan dikerahkan hingga 350 orang untuk memberikan pengamanan ke sejumlah titik yang akan dilewati tamu, seperti di bandara. , pelabuhan penyeberangan dan tempat-tempat penting lainnya.

Selama ini persiapan pengamanan akan dilakukan di sejumlah titik dan petugas akan disiagakan sejak awal menjelang pembukaan pelaksanaan Sail Tidore hingga selesai. Oleh karena itu, kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama melewati jalur Sail Tidore yang dipusatkan di Pantai Tugulufa Kota Tidore.

Penerbit: Masukkan Mr. Astro
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button