Berita Wisata

Peluncuran Jeep Adventure menjadi starter bagi perkembangan pariwisata di Jatiyoso Karanganyar

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten Jatiyoso melalui Pusat Informasi Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PIPP Ekraf) mengembangkan wisata jeep di kawasan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar.

Seperti diketahui, di Kecamatan Jatiyoso saat ini tengah berlangsung pembangunan Proyek Strategis Nasional (NSP), yakni Bendungan Jlantah. Nantinya, waduk tersebut akan dijadikan ikon pengembangan destinasi wisata di kawasan Jatiyoso.

Camat Jatiyoso, Heru Joko Sulistiyono, mensinyalir keberadaan lembaga ekonomi kreatif PIPP harus menata wilayah Kecamatan Jatiyoso sebagai destinasi unggulan di Kabupaten Karanganyar dengan tetap menjaga kelestarian alam. Memang potensi alam yang unik dari Pegunungan Lawu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

“Perhentian pertama hari ini, kami melakukan kegiatan Jatiyoso Act Creative. Ada bazar UMKM dan pentas budaya di halaman kantor camat. Hari ini juga diluncurkan jeep tour. Adanya wisata jeep seharusnya mempercepat perkembangan pariwisata, potensi kuliner dan budaya. Rencananya akan dikembangkan agrowisata,” ujarnya kepada Tribunjateng.com, Selasa (15/11/2022).

Dikatakannya, saat ini disediakan 15 unit mobil jeep untuk menampung wisatawan yang ingin menjelajahi kawasan kabupaten Jatiyoso. Rute akan melewati Waduk Jlantah, Dusun Gondang, Desa Wonorejo dan Kawasan Tubing Islam Desa Beruk. Ada paket jeep dan paket kanal lengkap dengan makanan dan minuman serta tiket tour. Jumlah jeep yang disediakan masih terbatas agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

“Tarifnya Rp 400.000 per jip, kapasitas 4 orang. Lama perjalanan sekitar 4 jam. Kami juga uji coba rute kemarin,” ujarnya.

Usai meresmikan jeep wisata tersebut, Wakil Bupati-Bupati Karanganyar Juliyatmono-Rober Christanto terlihat menjajal jalur wisata mulai dari Kantor Kecamatan Jatiyoso- Waduk Jlantah dan berakhir di Pendopo Dusun Godang, Desa Wonorejo. Juliyatmono mengemudikan rubicon sendirian dan Rober mengemudikan jip.

“Treknya sudah bagus. Terlihat dari proses pembangunan waduk. Setelah pembangunan bendungan selesai, akan ditarik jalur permanen. Ini merupakan jalur terbaik sekaligus melihat proses pembangunan waduk. bendungan,” jelas Juliyatmono.

Ia berharap pelataran kantor kecamatan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif warga sekitar di akhir pekan. Dengan cara ini diharapkan dapat mendukung perkembangan pariwisata di wilayah kabupaten Jatiyoso.

Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto menambahkan, jeep tour ini bisa menjadi awal dari pengembangan pariwisata di Kabupaten Jatiyoso.

“Wisatawan bisa memilih rute yang asyik dan ada pilihan bagi yang suka rute ekstrim,” imbuhnya. (AIS).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button