Tempat Wisata

Pemandian Air Panas Cipanas: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ada banyak cara untuk menghilangkan penat dari rutinitas atau pekerjaan. Namun bagaimana jika pilihan jatuh pada perjalanan ke pemandian air panas? Tentunya butuh waktu untuk mempersiapkan banyak hal, terutama objek pemandian air panas mana yang akan Anda kunjungi. Warga desa Cisolok pasti sudah tidak asing lagi dengan pemandian air panas Cipanas.

Kawasan Cipanas memang lebih dikenal sebagai lokasi pemandian air panas di Garut Jawa Barat yang menyimpan banyak keindahan. Ini adalah tempat terdekat dan termudah untuk dijangkau pengunjung. Mandi di pemandian air panas Cipanas akan membuat tubuh Anda kembali rileks.

Fasilitas di pemandian air panas Cipanas

Demi kenyamanan pengunjung, Pemandian Air Panas Cipanas sudah memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke tempat wisata. Misalnya kolam tempat Anda bisa berenang dengan bebas. Kebersihannya cukup baik ditambah dengan pemandangan alam yang berbeda di kawasan Pelabuhan Ratu ini.

Ada dua kategori pengunjung yang datang ke Pemandian Air Panas Cipanas. Jika ingin melihat percikan air panas, Anda bisa terjun ke sungai. Jika ingin privasi lebih bisa berenang di kolam yang tersedia.

Sedangkan bagi Anda yang ingin menginap, banyak terdapat hotel atau penginapan di sekitar tempat wisata. Hal ini memudahkan Anda merencanakan liburan seharian di sini. Anda dapat memilih akomodasi hotel sesuai dengan anggaran Anda.

Keunikan Pemandian Air Panas Cipanas

Keunikan tempat wisata ini terletak pada air panas yang berasal dari mata air panas Cisolok. Diperoleh dari geyser, yaitu air panas yang keluar dari kerak bumi. Ini berbeda dari mata air panas lainnya.

Mengetahui hal tersebut, warga setempat memanfaatkan hal tersebut dengan menumpuk bebatuan di celah-celah tempat keluarnya air sehingga menyebabkan air menyembur hingga mencapai ketinggian sekitar 3 meter. Dengan pemandangan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Air panas sendiri juga dipercaya dapat mengobati rematik, penyakit kulit dan pegal linu di sekujur tubuh.

Keistimewaan lainnya adalah sebelum memasuki area pemandian, Anda akan melewati sebuah jembatan gantung. Untuk sensasi yang benar-benar berbeda, seberangi jembatan gantung sebelum berendam di pemandian air panas.

Berburu foto di pemandian air panas Cipanas

Gadget sepertinya sudah menjadi kebutuhan utama selama ini. Mengunjungi pemandian air panas Cipanas akan memberi Anda pengalaman dan perasaan yang sama sekali berbeda. Tidak ada salahnya mempersiapkan perangkat Anda untuk mengabadikan keindahan wisata Pemandian Air Panas Cipanas ini karena suasana alamnya yang masih asri. Anda bisa mengambil potret mata air panas alami yang mengandung belerang.

Alamat Pemandian Air Panas Cipanas

Mandi air panas Cipanas terkenal dengan khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena mengandung belerang yang berasal dari Gunung Guntur. Wisata ini berlangsung di desa Cisolok, sekitar 15 km dari kota Pelabuhan Ratu. Lebih tepatnya di Tarogong Garut, letaknya strategis, dekat dengan pusat kota.

Biaya masuk ke pemandian air panas Cipanas

  • Tiket masuk untuk dewasa pada hari kerja: Rp 40.000/orang
  • Tiket masuk untuk dewasa di akhir pekan: Rp 50.000/orang
  • Tiket masuk anak pada hari kerja: Rp 30.000/orang
  • Tiket masuk untuk anak-anak di akhir pekan: Rp 40.000/orang

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka pemandian air panas Cipanas

Tips Wisata Pemandian Air Panas Cipanas

Anda dapat membaca beberapa tips berikut sebelum kunjungan Anda Pemandian air panas Cipanas. Misalnya menyiapkan perbekalan untuk jalan ke tempat wisata, karena meskipun ada restoran di lokasi, harganya tentu relatif lebih mahal dari biasanya. Jika Anda berkunjung pada akhir pekan dan ingin menginap, pesan jauh-jauh hari dan sesuaikan anggaran Anda karena ada banyak pilihan akomodasi di area ini.

Meskipun terdapat tempat parkir yang luas di lokasi wisata, berhati-hatilah dengan biaya parkir yang biasanya dilebih-lebihkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa Anda tanyakan terlebih dahulu, terutama jika Anda memutuskan untuk menginap. Pastikan Anda hanya ingin memarkir kendaraan tanpa jasa cuci mobil. Ini karena dalam beberapa kasus, biaya parkir di tempat mahal karena layanan cuci mobil, meskipun tidak diminta oleh pengunjung.

Awasi anak-anak Anda mandi atau berenang di tempat wisata. Akan ada dua keran untuk kolam terjun. Yaitu kran untuk air panas dan kran untuk air dingin. Anda dapat menyesuaikannya sesuka Anda.

Itulah gambaran tempat wisata yang bisa anda kunjungi di waktu luang bersama keluarga. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan di tempat wisata agar tempat wisata menjadi indah. Liburan yang menyenangkan!

Galeri Foto Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian air panas Cipanas
Desa Sumber Alam, resor tepi pantai Cipanas
Berendam di sumber air panas
Potret sebuah pemandian saat dipadati pengunjung
Suasana mandi di malam hari
Kegembiraan saat anak-anak mandi air panas
Fasilitas kuliner

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button