Tempat Wisata

Pemandian Air Panas Ciparay: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kota Bogor atau kota hujan terkenal dengan udaranya yang sejuk. Letak Kota Bogor di Jawa Barat yang berada di sepanjang kawasan pegunungan mengakibatkan banyak terdapat sumber air panas. Salah satunya adalah Pemandian Air Panas Ciparay. Pemandian air panas ini berbatasan langsung dengan sungai yang masih bersih dan airnya dingin langsung dari pegunungan.

Pemandian air panas ini sangat populer di kalangan wisatawan karena kolam pemandiannya yang indah dan pemandangan alamnya yang indah. Lokasi Pemandian Air Panas Ciparay berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tepatnya terletak di Desa Ciparai, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijah, Kabupaten Bogor, 5 kilometer dari Gunung Salak Endah.

Fasilitas di Sumber Air Panas Ciparay

Fasilitas pemandian air panas ini juga lengkap. Pengunjung bisa menikmati beragam makanan berat yang dijajakan di sekitar pemandian. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati alam, tersedia juga kabin yang disewakan dari penduduk setempat. Sewa kabin terbuka dikenakan biaya Rp30.000, sedangkan biaya kabin tertutup Rp50.000.

Keindahan sumber air panas Ciparay

Di pemandian air panas di Ciparay ini kita bisa menikmati pancaran air panas dengan pemandangan rimbunnya pepohonan dan perbukitan hijau. Gunung Salak Endah juga bisa terlihat dari kejauhan sehingga membuat suasana pemandian air panas ini terasa lebih sejuk dan asri. Sangat cocok dijadikan sasaran untuk menghilangkan penat, nyeri dan penat setelah sekian lama disibukkan dengan rutinitas aktivitas sehari-hari.

Jalan yang dilalui menuju sumber air panas ini sangat jernih dan ditumbuhi pepohonan yang lebat. Sedangkan panorama perbukitan berwarna biru kehijauan terlihat dari jauh. Kondisi jalur selebar dua meter ini cukup baik, namun pengunjung perlu berhati-hati karena tebingnya cukup terjal dan berkelok-kelok. Dibutuhkan kurang lebih 400 langkah untuk mencapai lokasi Sumber Air Panas Ciparay.

Meski sedikit melelahkan, perjalanan menuju resor tepi pantai ini akan terasa melegakan sesampainya di sana karena akan ditemani pemandangan hijau pegunungan yang khas. Sumber Air Panas Ciparay terletak di tepi kiri Sungai Cikuluwung. Air sungai yang mengalir deras, jernih dan sejuk di antara bebatuan vulkanik besar membuat pemandangan alam tampak semakin indah dan alami.

Selain itu, air panas disalurkan ke delapan pancuran di pinggir Sungai Cikuluwung. Dengan rangkaian pancuran yang demikian, suasananya bak pemandian alam pedesaan.

Kolam termal Ciparay sebenarnya tidak terlalu besar, hanya ada dua. Saat ramai pengunjung, kita harus mengantri untuk menikmati sensasi air panas alami di tempat ini. Jangan khawatir karena pihak pengelola juga menyediakan kamar mandi khusus bagi Anda yang ingin mandi air hangat dengan lebih private.

Berburu foto di pemandian air panas Ciparay

Spot yang populer dikunjungi pengunjung untuk berfoto adalah jembatan di atas Sungai Cikuluwung. Dari atas jembatan ini kita bisa melihat derasnya aliran Sungai Cikuluwung serta seluruh lokasi Sumber Air Panas Ciparay.

Lokasi Akses menuju sumber air panas Ciparay

Jika ingin menuju pemandian air panas dari Kota Bogor, ambil jalan timur menuju Jasinga. Letaknya sekitar 5 km dari kawasan Gunung Salak Endah. Aksesnya bisa dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, namun lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi. Saat Anda menggunakan angkutan umum, Anda mengubah rute angkutan umum, yang membuat perjalanan menjadi lebih lama.

Jika ingin menggunakan angkutan umum, naik angkot merah 03 dari Terminal Bogor dan turun di Terminal Bubulak. Dari sini naik minibus menuju Jasinga dan turun di pertigaan Cibatok, Ciampea. Perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum lain menuju Pamijahan (Gunung Salak Endah). Dari kawasan Gunung Salak Endah, Anda bisa menuju sumber air panas dengan menggunakan ojek.

Biaya masuk pemandian air panas Ciparay

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pemandian Air Panas Ciparay

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur di Sumber Air Panas Ciparay

  • Pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi baik karena akses menuju tempat wisata melalui tanjakan dan turunan yang terjal.
  • Jika tidak ingin repot dan rumitnya transportasi umum, Anda bisa menyewa mobil untuk memudahkan perjalanan.
  • Selalu waspada dan berhati-hati dengan barang-barang pribadi.
  • Jangan lupa membawa kamera dengan lensa wide-angle untuk mengambil foto dari atas jembatan.
  • Patuhi dan patuhi seluruh peraturan Pengelolaan Sumber Air Panas Ciparay.
  • Hindari menyusuri sungai saat cuaca sedang hujan atau mendung, karena dapat terjadi banjir mendadak.
  • Jagalah kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan.

Jika Anda sedang berlibur atau berencana berlibur ke kota hujan, jangan lupa untuk mengunjungi Sumber Air Panas Ciparay. Selain berendam, Anda juga bisa menikmati keindahan Pegunungan Salak. Tentu saja akan menjadi wisata yang tak terlupakan dan tak terlupakan. Semoga informasi mengenai tempat wisata pemandian air panas di bogor ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi. Liburan yang menyenangkan.

Galeri foto pemandian air panas Ciparay

Potret pemandian air panas Ciparay
Koneksi jalan
Rendam dalam air panas
Fasilitas paviliun
Pilihan akomodasi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button