Tempat Wisata

Pemandian Air Panas Cisolok: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pemandian Air Panas Cisolok: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Ada banyak destinasi liburan dan wisata di kota Sukabumi Jawa Barat. Pelabuhan Ratu dan pulau-pulau di sekitarnya pastinya menjadi daya tarik wisata utama ketika berkunjung ke Kota Sukabumi. Tak kalah menariknya, di Sukabumi juga terdapat sumber air panas yang bisa kita gunakan untuk mandi agar tubuh bugar kembali. Pemandian tersebut dinamakan Sumber Air Panas Cisolok.

Keunggulan dari Sumber Air Panas Cisolok adalah keindahan sumber airnya yang tidak mengandung belerang. Selain itu, tumpukan batu yang mengelilingi setiap pancaran air panas memberikan suasana khas pemandian yang masih alami di pedesaan.

Fasilitas di Sumber Air Panas Cisolok

Karena merupakan sumber air panas yang resmi menjadi objek wisata, tentunya pihak pengelola menyediakan banyak fasilitas pendukung. Tujuannya untuk menambah kenyamanan dan ketenangan pengunjung saat berendam di air panas untuk menghilangkan penat dan penat. Oleh karena itu, beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, dan musala sudah lengkap.

Anda juga akan menemukan ruang perawatan dan terapi dari ujung kepala hingga ujung kaki di sini. Sistem perawatannya, pengunjung yang berminat disemprot dengan air panas dengan suhu di bawah 40 derajat Celcius. Jangan khawatir karena perawatan ini dilakukan oleh tenaga profesional.

Hal unik yang bisa kita temukan di pemandian air panas ini adalah penjual telur. Di sini pengunjung bisa membeli dan memasak sendiri telurnya dengan cara merendamnya langsung di Sungai Cipanas. Waktu memasak dan merendam telur juga singkat. Jadi telur air panas khas Cisolok ini bisa langsung disantap.

Keindahan sumber air panas Cisolok

Konon sumber air panas ini ditemukan oleh orang Belanda yang tinggal di Sukabumi. Selain itu, pemandian air panas ini juga merupakan tempat yang populer bagi orang Belanda pada masa itu.

Keunikan Sumber Air Panas Cisolok yang membedakannya dengan sumber air panas lainnya adalah letaknya yang berada di kawasan pesisir pantai. Bukan di pegunungan seperti kebanyakan sumber air panas lainnya. Di sini pengunjung bisa melihat langsung air panas yang memancar dari celah-celah di tengah sungai.

Pemandian air panas alami ini berasal dari geyser atau air panas yang mengalir melalui kerak bumi yang mana tekanan di dalam bumi sangat tinggi. Akibatnya air tanah bersuhu tinggi dan air panas menyembur keluar. Karena sumber airnya berasal dari geyser, maka sumber air panas ini tidak mengandung belerang. Tak perlu khawatir karena kandungan mineral yang tinggi pada air panas ini mampu menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan rematik.

Di Sumber Air Panas Cisolok terdapat tiga sumber air panas dengan suhu sekitar 80 derajat Celcius. Pengunjung dilarang bermain di dekat sumber air panas karena panasnya sangat berbahaya. Jadi main saja dengan mandi di sungai yang tak kalah serunya.

Pemandian air panas ini dibagi menjadi dua kategori pengunjung. Pengunjung yang ingin menikmati gemericik air bisa terjun terlebih dahulu ke sungai. Pada kategori kedua, pengunjung yang menginginkan privasi dan relaksasi lebih dapat menggunakan area kolam yang telah disediakan. Di kolam yang disediakan pengelola, pengunjung dapat menikmati pemandangan khas Pelabuhan Ratu.

Berburu foto di Sumber Air Panas Cisolok

Monyet-monyet dan monyet-monyet yang bergelantungan di pepohonan sekitar sumber air panas begitu menggemaskan dan menarik untuk dijadikan subjek foto. Selain itu, bebatuan di sungai yang menyemburkan air panas juga bisa menjadi latar foto yang bagus. Selain itu, ketiga titik semburan yang keluar dari sumber air panas ini sangat disayangkan jika tidak tertangkap kamera.

ciso

Biaya masuk sumber air panas Cisolok

  • Biaya masuk: Rp 1.000/orang
  • Biaya berendam individu: Rp 5.000/jam
  • Biaya mandi yang ditanggung: Rp 15.000
  • Biaya terapi air panas: Rp 35.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka pemandian air panas Cisolok

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Akses lokasi menuju Sumber Air Panas Cisolok

Lokasi tempat wisata pemandian air panas ini berada di Desa Cisolok, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Jarak pemandian air panas ini dari Pelabuhan Ratu sekitar 15 kilometer. Jarak dari pusat kota Bandung sekitar 165 kilometer.

Untuk mencapai kamar mandi ini tidaklah sulit. Jika kita berangkat dari Pelabuhan Ratu pilihlah arah barat agar melewati wisata pantai Karanghayu, Citepus dan Cibangban. Sesampainya di pertigaan Cisolok ambil arah kanan untuk menikmati nuansa pemandian air panas ini. Sesampainya di tempat parkir, kita harus berjalan melintasi jembatan gantung untuk sampai ke lokasi Pemandian Air Panas Cisolok.

Tips berlibur ke Sumber Air Panas Cisolok

  • Harap membawa handuk sendiri karena kamar mandi ini tidak menyediakan handuk.
  • Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi karena banyak cairan tubuh yang menguap.
  • Menjaga kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan pihak pengelola.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kota Sukabumi, apalagi Pelabuhan Ratu, jangan lewatkan untuk mampir sejenak Pemandian Air Panas Cisolok Itu. Tak bisa dimungkiri, berendam menyegarkan tubuh kita sembari menikmati pemandangan alam yang indah. Pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Galeri Foto Sumber Air Panas Cisolok

Selamat datang di Cisolok

Potret pemandian air panas Cisolok
Potret pusaran air
fasilitas istirahat
Aliran air panas dari Cisolok

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button