Berita Wisata

Pemandian Air Panas Soa Mengeruda: Lokasi dan Harga Tiket

Pemandian Air Panas Soa Mengeruda merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam sambil berendam di pemandian air panas, pemandian air panas Soa Mengeruda wajib anda kunjungi saat menginap di NTT.

Dikutip dari situs Mitra Praja Utama Tourist Information Center, ticmpu.id, pemandian air panas Soa Mengeruda merupakan pemandian dengan air dari Gunung Inielika. Pemandian air panas ini juga banyak dikunjungi warga sekitar karena air panas yang berasal dari gunung dianggap baik untuk kesehatan.

Pada artikel kali ini kita akan membahas pemandian air panas Soa Mengeruda secara detail, mulai dari lokasi, rute, keunikan dan keistimewaan pemandian ini dibandingkan tempat wisata NTT lainnya. Simak sampai habis detikers!

Lokasi dan Rute Menuju Pemandian Air Panas Soa Mengeruda

Potret mata air panas Mengeruda.Foto: Muhammad Catur Nugraha/D’Traveler

Pemandian Air Panas Soa Mengeruda atau dikenal juga dengan Pemandian Air Panas Mengeruda terletak di Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, NTT. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Inielika yang menjadi sumber air panas yang mengalir di pemandian ini.

Jaraknya sekitar 25 km dari ibu kota Kabupaten Ngada, Bajawa. Jika Anda menginap di Bajawa, Anda dapat berkendara ke pemandian air panas Soa Mengeruda dalam 25-30 menit.

Namun dibandingkan dengan Bajawa, Pemandian Air Panas Soa Mengeruda lebih dekat lagi dengan Bandara Turelelo atau Bandara Soa Bajawa. Jadi kalau mau kesana langsung dari bandara, tinggal naik kendaraan 6 menit ke arah timur. Jarak dari bandara ke pemandian air panas Mengeruda hanya sekitar 4 km.

Pemandian ini berada di Pulau Flores. Jadi kalau naik pesawat dan turun di Kupang harus naik kapal lagi atau naik pesawat lagi ke Pulau Flores. Bandara Bajawa Soa adalah opsi terdekat. Namun, Anda juga bisa turun di bandara lain seperti Bandara Internasional Komodo di Labuan Bajo atau Bandara Hasan Aroeboesman di Ende kemudian mengambil jalur darat menuju Ngada.

Keunikan Pemandian Air Panas Soa Mengeruda

Potret mata air panas Mengeruda.Foto: Muhammad Catur Nugraha/D’Traveler

Seperti pemandian air panas pada umumnya, daya tarik utama dari Pemandian Air Panas Soa Mengeruda adalah kolam dengan sumber air panas di tengah kolam. Bedanya, kolam ini berbentuk melingkar alami yang terbuat dari bebatuan alam dengan dasar bebatuan yang ditumbuhi lumut hijau. Rasanya seperti melangkah ke dongeng Eropa abad pertengahan bergaya dongeng.

Mengutip Pusat Informasi Turis Mitra Praja Utama, kolam ini tidak terlalu dalam dan hanya orang dewasa yang berdiri hingga setinggi pinggang. Tempat ini sangat cocok untuk mandi santai sambil menikmati kehangatan air panas alami dan suasana asri yang mengelilinginya.

Pemandian ini terdiri dari beberapa kolam dengan suhu yang berbeda. Ada yang sangat panas, ada yang suam-suam kuku. Pemandian air panas ini memiliki suhu hingga 44 derajat Celcius, namun suhu tersebut sudah berkurang saat sampai di pemandian yaitu sekitar 36 derajat Celcius. Cukup panas.

Pemandian air panas alami banyak digemari wisatawan karena dipercaya memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan, baik secara eksternal maupun internal. Pemandian air panas alami baik untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, suhu yang hangat juga baik untuk organ tubuh seperti paru-paru dan memperlancar peredaran darah.

Selanjutnya dikutip dari website Flores Komodo Tour, terdapat pohon beringin besar yang menaungi kolam air panas, menambah kesan asri dan sejuk. Aliran mata air panas mengalir ke kolam membentuk air terjun kecil.

Anda sedang tidak ingin berendam di air suam-suam kuku namun tetap ingin menikmati kesegaran alam di sekitar Anda? Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar objek wisata ini. Dan ada kolam dan aliran air dingin, bukan panas. Anda bisa menyegarkan diri di sana. Di sekitar objek wisata juga tersedia berbagai fasilitas seperti penjual makanan dan gazebo-gazebo cantik untuk duduk-duduk.

Biaya masuk ke Pemandian Air Panas Soa Mengeruda

Dikutip dari Flores Komodo Tour, harga tiket masuk pemandian air panas Soa Mengeruda dibedakan antara wisatawan lokal dan mancanegara. Wisatawan lokal harus membayar tiket Rp 4.000, sedangkan wisatawan mancanegara harus membayar Rp 12.000.

Pemandian Air Panas Soa Mengeruda buka setiap hari mulai pukul 08:00 WITA hingga 18:00 WITA. Berendam memang lebih menyenangkan pada pagi atau sore hari, namun Anda juga bisa datang pada siang hari jika tidak terlalu panas.

Nah, sekarang Anda sudah memiliki gambaran yang lebih jelas tentang pemandian air panas Soa Mengeruda. Menarik bukan? Jadi kalau lagi jalan-jalan ke NTT, jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir ke pemandian air panas ini ya detikers!

Simak video “Rasa Makan Raos Pisaan Euy, Cuisine du Palais Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button