Tempat Wisata

Pemandian Air Soda Alami di Tarutung: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah bekerja atau belajar seharian selama berminggu-minggu, kita pasti mengalami masa kebosanan akibat aktivitas sehari-hari yang tidak terganggu, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun sekolah dan kuliah. Terkadang kita perlu menggunakan beberapa hari libur untuk menyegarkan diri dan melepaskan segala penat dan stress yang kita rasakan. Bagi Anda yang tinggal di Sumatera Utara, tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar pulau Sumatera atau ke luar kabupaten Tapanuli Utara untuk berlibur. Di Tapanuli Utara juga terdapat tempat pemandian yang terkenal dengan pesona cantik yang akan membuat anda terkagum-kagum yaitu Pemandian Udara Alami. Soda.

Obyek wisata Pemandian Alam Air Soda memiliki lokasi tepatnya di Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Tempat wisata alam masih menjadi primadona wisata dan sering dikunjungi oleh para pecinta travel. Suasana yang berbeda dari kota-kota yang penuh dengan bangunan dan udara yang tercemar menjadi alasan utama mengapa wisata outdoor tidak pernah sepi pengunjung. Nah, jika kebetulan sedang berada di Tapanuli Utara, pemandian alam ini bisa menjadi alternatif liburan seru bersama keluarga atau pasangan.

Pemandian ini awalnya ditemukan oleh seorang bidan bernama Minar Shite. Saat itu ia sedang berjalan-jalan di kawasan hutan yang cukup angker. Kemudian dia tanpa sengaja menemukan sebuah kolam dan mencoba air kolam tersebut. Anehnya, airnya memiliki rasa seperti soda. Setelah itu, dia bermimpi ada roh yang mendekatinya, yang memberinya keinginan untuk mengembangkan tempat ini dalam beberapa kondisi. Pengunjung yang datang tidak boleh berbicara kasar, tidak boleh telanjang, juga tidak boleh membangun tempat berlindung. Setelah mewujudkan impian tersebut, Minar membangun sebuah kolam yang cukup besar untuk digunakan sebagai pemandian, dan akhirnya Pemandian Air Soda Alami dibuka untuk umum pada tahun 1976.

Karena keindahan objek wisata ini sangat terjaga, pengunjung dapat menikmati panorama alam yang asri dan hamparan sawah berwarna hijau kekuningan yang tersebar di sekitar kolam pemandian ini. Ini menciptakan suasana yang sangat sejuk dengan angin sepoi-sepoi. Air soda di dalamnya dipercaya membuat kulit lebih halus dan mengurangi rasa gatal. Oh ya, pemandian air soda hanya ada 2 di dunia.

Fasilitas di Pemandian Alam Air Soda

Sedangkan fasilitas di objek wisata Pemandian Air Soda tidak terlalu banyak atau lengkap, ada beberapa yang bisa anda temukan seperti:

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Mandi berjam-jam di kolam sambil menikmati panorama dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar objek wisata ini Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat pembangunan paviliun di sana, Anda bisa duduk santai bersama keluarga sambil menikmati pemandangan air kolam pemandian dan pemandangan alam sekitar yang indah.

– Akomodasi

Di sekitar area pemandian, Anda yang membutuhkan akomodasi bisa mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Kamar mandi dan ruang ganti

Pengunjung yang selesai berendam di kolam dapat langsung membilas di kamar mandi kemudian berganti pakaian di ruang ganti yang telah disediakan.

Berburu foto di Air Soda Natural Baths

Anda yang sangat menyukai seni fotografi bisa membawa kamera Anda, baik kamera ponsel atau kamera profesional, saat mengunjungi tempat wisata ini. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, kolam alami air soda ini tidak hanya memiliki kolam pemandian dengan air yang berasa soda, tapi juga pemandangan alam dan perbukitan yang indah. Pemandangan persawahan dan perbukitan dari jauh di tempat wisata ini juga menjadi target yang sangat bagus untuk jepretan kamera Anda atau sebagai latar foto Anda bersama teman dan keluarga. Kemudian, jika Anda membawa kamera anti air, Anda bisa mengabadikan berbagai momen seru bersama teman atau keluarga sambil berendam di kolam renang. Aktivitas yang cocok untuk tujuan foto lainnya adalah saat Anda duduk santai menikmati pemandangan alam sekitar Pemandian Air Soda Alami.

Berikut cara mendapatkan akses pemandian air soda alami

• Via Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Terminal Amplas untuk naik bus menuju Terminal Tarutung. Dari sana, ikuti saja rute: Jl. Mayjen DI Panjaitan – Jl. Lintas Sumatera Barat – Jl. Putri Lopian – Pemandian Air Soda Alami

• Melalui Laut : Sesampainya di Pelabuhan Belawan, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Terminal Amplas untuk naik bus menuju Terminal Tarutung. Dari sana, ikuti saja rute: Jl. Mayjen DI Panjaitan – Jl. Lintas Sumatera Barat – Jl. Putri Lopian – Pemandian Air Soda Alami

• Jalur Darat: Dari pusat kota Tapanuli Utara Anda hanya perlu mengikuti jalur berikut: Jl. Lintas Tengah Sumatera – Jl. Sutan Sumurung – Jl. Putri Lopian – Pemandian Air Soda Alami

Biaya masuk ke Air Soda Natural Baths

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka kolam alami air soda

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Peta lokasi Pemandian Alam Air Soda

Tips mengunjungi pemandian alam air soda

Jadikan liburan Anda dan keluarga Anda semakin menyenangkan dan berkualitas di Air Soda Natural Baths. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pemandian Alam Air Soda adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tercinta ke Air Soda Natural Baths untuk merasakan liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh Anda tetap prima saat berlibur dengan Air Soda Natural Baths.

Galeri foto pemandian air soda di Tarutung

Pemandian air soda di TarutungPotret udara dari pemandian air sodaKolam Air SodaPerabotPemandian air soda saat ramai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button