Tempat Wisata

Pemandian Cibulan : Biaya masuk, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Pemandian Cibulan : Biaya masuk, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Berwisata atau berlibur ke pantai, laut, dan pegunungan tentu menjadi hal yang biasa dilakukan. Salah satu aktivitas yang bisa kita lakukan saat berlibur adalah berenang di kolam renang. Kalau tidak terlalu menantang, cobalah Pemandian Cibulan, Kuningan, Jawa Barat. Objek wisata berupa pemandian ini menampilkan ikan-ikan keramat seperti ikan dewa yang menjadi teman kita saat berenang. Tentu saja akan lebih seru dan menyenangkan.

Kolam pemandian ini juga menjadi sumber pendapatan masyarakat Desa Manis Kidul, lokasi sumber air panas tersebut berada. Banyak di antara mereka yang menjadi pedagang kaki lima dan mendirikan lapak di sekitar kolam pemandian. Mereka terutama menjual makanan dan minuman ringan serta makanan ikan berupa kacang-kacangan dan roti. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir lapar atau ingin membeli makanan untuk ikan godfish.

Fasilitas di Cibulan

Meski seluruh kolam dihuni puluhan ikan dewa, namun Pemandian Cibulan dibuka sebagai kolam pemandian umum. Tempat pemandian umum ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pemandian khas. Misalnya tempat ganti baju, toilet, dan kamar mandi sebagai tempat bilas setelah berenang. Tak lupa juga terdapat tempat parkir kendaraan yang dipagari. Terdapat juga musala bagi yang ingin salat.

Keindahan bulan

Kamar mandi ini memiliki 2 wastafel utama berbentuk persegi panjang. Kolam pertama kedalamannya sekitar 2 meter, sedangkan kolam kedua kedalamannya hanya sekitar 60cm hingga 120cm.

Untuk menjamin kebersihan, kolam ini dikosongkan setiap dua minggu sekali atau mungkin lebih sering. Tergantung kebersihan airnya. Air kolam ini diambil langsung dari sumbernya sehingga airnya sangat segar, dingin dan bebas klorin. Kedua kolam ini berisi puluhan ikan dewata yang dianggap keramat oleh masyarakat.

Ikan dewa dianggap suci karena adanya mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Mitos tersebut berasal dari Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran yang sedang marah kepada para pengikutnya. Ketika kemarahan Prabu Siliwangi semakin membesar, ia mengutuk seluruh pengikutnya agar berubah menjadi ikan.

Masih diyakini bahwa ketika air di kolam pemandian dikuras, ikan-ikan para dewa jelmaan pemuja Prabu Siliwangi menghilang sejenak. Hanya ketika kolam terisi kembali barulah ikan yang berubah bentuk akan muncul dengan sendirinya.

Konon jumlah ikan dewa ini tidak berkurang atau bertambah sejak zaman dahulu hingga sekarang. Percaya atau tidak, ada mitos yang mengatakan bahwa orang yang dengan sengaja mengambil dan mengganggu ikan dewa ini akan kurang beruntung.

Ikan dewa dengan panjang 60 sentimeter hingga 1 meter ini memiliki warna abu-abu kehitaman. Selain itu, ikan ini tergolong ramah pengunjung sehingga Anda tidak perlu takut saat berenang bersamanya. Saat kita membawa makanan berupa roti atau kacang-kacangan, ikan-ikan ini mendekat dan dengan senang hati memakannya.

Di sudut barat pemandian ini terdapat tujuh sumber mata air yang juga dikeramatkan dan disebut “Sumur Tujuh”. Mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama tersendiri. Diantaranya adalah Air Mancur Cirancana, Air Mancur Cisadane, Air Mancur Kemuliaan, Air Mancur Pemberian, Air Mancur Kemudahan, Air Mancur Kemuliaan, dan Air Mancur Pengaman. Mitosnya mengatakan bahwa semua keinginan seseorang akan terkabul jika melihat kepiting emas di air mancur Cirancana.

Berburu foto di Cibulan

Momen berenang bersama ikan dewata sayang sekali jika tidak diabadikan. Kita bisa memegang bahkan mencium ikan godfish yang terkenal baik hati. Selain itu, Sumur Tujuh di dekat kolam juga menarik untuk dijadikan latar liburan keluarga. Pastinya akan ada kenangan yang tak terlupakan dengan hasil jepretan kamera.

Biaya masuk ke Cibulan

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 18.000 hingga 20.000
  • Biaya masuk akhir pekan: Rp 20.000 – 22.000
  • Biaya masuk hari libur nasional: Rp 22.000-25.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka di Cibulan

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore

Akses lokasi menuju Cibulan

Pemandian Kolam Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Dari pusat kota Kuningan hingga Cibulan jaraknya sekitar 7 kilometer. Jarak pusat kota Bandung ke Cibulan kini 165 kilometer.

Untuk menuju kolam renang ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menjangkau dua jalur yaitu Kuningan dan Cirebon. Pasalnya, kolam renang ini terletak di Jalan Kuningan dan Cirebon.

Jalur pertama dimulai dari Terminal Kuningan dengan angkutan kota menuju Cirendang – Terminal Cimulus. Kemudian berhenti di perjalanan menuju lokasi Cibulan. Jalur kedua lebih mudah yaitu lewat Cirebon dengan angkutan umum langsung menuju Cibulan.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor dapat menggunakan angkutan umum. Kondisi jalan menuju kolam renang sangat baik karena berada di perkotaan sehingga tidak menimbulkan kesulitan.

Tips Berwisata di Cibulan

  • Jaga barang-barang pribadi masing-masing.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen tak terlupakan saat berenang bersama ikan godfish.
  • Bawalah perbekalan kesehatan seperti sabun, tisu basah, sampo, dan antiseptik.
  • Menjaga kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang disediakan pihak pengelola.
  • Selalu ikuti aturan yang berlaku di tempat wisata.

Pemandian Cibulan Memiliki keindahan yang mempesona sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Berenang di kolam besar ditemani puluhan ikan dewata pasti menjadi pengalaman mandi yang tak terlupakan. Sayang sekali jika Anda berada di kota Kuningan dan tidak sempat bermain dengan ikan mas yang tinggi dan ramah ini.

Galeri foto berenang di Cibulan

Potret Pemandian Cibulan di Kuningan
Potret kolam pemandian

Aneka jajanan dan kuliner
Kolam khusus untuk anak-anak
Taman air
Potret pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button