Tempat Wisata

Pemandian Lubuk Papan : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Pemandian Lubuk Papan : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Pemandian Lubuk Papan Tempat ini menjadi tempat wisata yang sangat terkenal karena suasananya yang sejuk dan pemandangannya yang indah. Hal ini tidak lepas dari pengaruh letak pemandian yang berada di dekat pegunungan, bahkan kontur tanahnya pun termasuk dalam kontur tanah pegunungan.

Oleh karena itu, sumber air yang ada berasal langsung dari puncak Gunung Daik yang letaknya tak jauh dari lokasi replika Istana Damnah yang tak kalah ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu, resor tepi laut ini juga dekat dengan beberapa pulau dan pantai yang juga tak kalah terkenal sebagai tempat wisata di Riau.

Potret Pemandian Lubuk PapanPotret Pemandian Lubuk Papan (Sumber Google Maps) Apa kelebihan pemandian ini dibandingkan pemandian lainnya? Jawabannya terdapat pada pembahasan lebih lanjut berikut ini, yang terbagi dalam beberapa subjudul sesuai dengan pokok-pokok manfaat mandi.

Kesejukan pemandian ini menjadi salah satu kelebihan yang menarik pengunjung untuk menikmati fasilitas ini. Kesejukannya alami karena air yang digunakan pada pemandian ini berasal dari mata air pegunungan langsung dan terjamin kebersihannya.

Selanjutnya pengunjung yang datang akan disuguhi indahnya pemandangan objek wisata ini. Ini benar-benar tempat yang tepat untuk bersantai dan harus menjadi pilihan pertama Anda untuk sedikit bersantai dan menikmati hidup.

Sejarah Pemandian Lubuk Papan

Tempat Pemandian Lubuk PapanPemandian Lubuk Papan (Sumber: Google Maps) Berdasarkan cerita yang beredar disekitarnya, dulunya pemandian ini merupakan pemandian mewah yang biasa digunakan oleh para bangsawan. Letak pemandian di Daik Lingga menjadi salah satu alasannya karena kawasan ini pernah menjadi pusat Kerajaan Melayu sejak tahun 1761.

Kemudian penguasa saat itu yang tak lain adalah Sultan Mahmud Riayat Syah III resmi menjadikan kawasan Daik Lingga sebagai salah satu pusat Kerajaan Melayu sekaligus membangun istana megah di dekatnya. Pemandian Lubuk Papan.

Pemilihan lokasi istana dan pemandian pun tidak sembarangan, seperti yang dilakukan Sultan Mahmud Riayat Syah III. mengetahui bahwa sumber air mudah ditemukan di daerah dekat pegunungan ini. Bahkan, beberapa sumber menyebutkan bahwa para putri raja kerap menghabiskan waktunya untuk memanjakan diri di pemandian ini.

Baca Juga: Peremajaan Tubuh di Pemandian Air Panas Dabo Singkep, Usai Seharian Berwisata di Pulau Batam

Saat ini pemandian tersebut dalam kondisi baik dan dipelihara secara turun temurun oleh penduduk setempat, yang keindahannya akhirnya diakui oleh wisatawan yang kemudian mengunjunginya. Seiring berjalannya waktu, pemandian ini semakin terkenal dan resmi menjadi salah satu tempat wisata di Kepulauan Riau.

Fasilitas Pemandian Lubuk Papan

Pemandian Lubuk PapanPemandian Lubuk Papan (Sumber Google Maps) Letak pemandian yang dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya menjadi hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan. Di dekat area pemandian terdapat beberapa pendopo yang sering digunakan pengunjung untuk beristirahat dan menikmati keindahan tempat ini.

Berburu foto di tur ini

Banyak pemandangan indah yang bisa Anda koleksi sebagai foto kenang-kenangan menarik. Namun tidak di dalam area pemandian, karena area ini merupakan area privat. Kamar mandi pria dan wanita terpisah, tidak ada kamar mandi campuran. Anda bisa terus mengambil foto atau memotret pemandangan indah lainnya di luar privasi area pemandian.

Tips menuju pemandian Lubuk Papan

Jadilah pengunjung yang baik dan menyenangkan ketika anda mengunjungi objek wisata ini. Kebanyakan pengunjung sebenarnya hanya ingin berenang sekaligus menikmati pesona keindahan alam tempat tersebut. Pihak pengelola juga tidak memperbolehkan benda tajam atau senjata, serta berbagai minuman memabukkan, dibawa ke dalam area pemandian.

Akses ke Pemandian Lubuk Papan

Pergi ke Pemandian Lubuk Papan Dari pusat kota Daik, yang diperlukan hanyalah transportasi darat seperti mobil, sepeda motor atau bahkan sepeda, tidak memakan waktu lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk tiba dan menikmati pemandian.

Menikmati indahnya pemandian Lubuk Papan

Kamar mandi yang bersih memastikan Anda betah berlama-lama di tempat ini. Pengunjung juga diperbolehkan berenang di dalamnya. Bagi anak-anak atau yang tidak bisa berenang, tersedia pilihan untuk menyewa ban renang di pemandian.

Peta lokasi Pemandian Lubuk Papan

Jam buka dan tarif masuk pemandian Lubuk Papan

Kolam ini bisa dikunjungi mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.30 WIB. Namun ketika jumlah pengunjung sedang tinggi, pihak pengelola biasanya sengaja menambah jam buka.

Biaya masuknya sangat terjangkau, dewasa hanya membayar Rp3.000,00 dan anak kecil Rp1.000,00 ditambah biaya parkir tambahan.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai hal tersebut Pemandian Lubuk Papan yang dulunya merupakan tempat pemandian para raja. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda mengenai destinasi liburan menarik dan menyenangkan.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button