Tempat Wisata

Pemandu Wisata Kuliner Hokkaido Lengkap

Pemandu Wisata Kuliner Hokkaido Lengkap

Tur Kuliner Hokkaido Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Setiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing yang akhirnya menjadi daya tarik tersendiri. Padahal, jika kuliner khas daerah tersebut sangat menonjol, bisa jadi berbagai kuliner tersebut menjadi daya tarik wisata bagi suatu daerah. Contohnya adalah Hokkaido.

Hokkaido, sebuah prefektur di ujung utara Jepang, sering disebut sebagai Yukiguni, juga dikenal sebagai Snowland, karena prefektur ini banyak bersalju saat musim dingin tiba. Tapi tahukah teman-teman kalau Hokkaido memiliki julukan lain yaitu Food Kingdom atau dikenal juga dengan Food Kingdom?

Karena di prefektur ini banyak terdapat makanan berkualitas, baik dari darat maupun laut; dan akhirnya melahirkan berbagai produk kuliner berkualitas dengan cita rasa yang unik dan lezat.

Bagi sobat yang sedang merencanakan jalan-jalan ke Hokkaido atau sekedar ingin tahu kuliner khas daerah ini apa saja, yuk simak panduannya di bawah ini.

Ramen, menu yang mencakup semua mi dan makanan berkuah lainnya

Orang Jepang dikenal sangat menyukai ramen, kuliner sup mie yang diyakini berasal dari Tiongkok. Tapi di Hokkaido, ramen justru lebih populer. Mungkinkah karena suhu udara di Hokkaido jauh lebih sejuk daripada wilayah Jepang lainnya karena letaknya yang lebih dekat dengan Rusia, sehingga makanan hangat lebih disukai? Siapa tahu.

Tentu saja, mencari ramen di Hokkaido tidaklah sulit, dan hampir setiap daerah memiliki ramen yang unik. Ada 3 jenis saus ramen yang bisa dipilih, yaitu kecap asin, saus miso, dan saus asin.

Kota Hakodate populer sebagai tempat untuk menemukan ramen dalam garam/air asin, sedangkan kota Asahikawa dan Kushiro terkenal dengan ramen kecapnya. Tapi ramen Sapporo disebut-sebut sebagai tempat yang tepat untuk mencoba ramen terbaik di Hokkaido.

Sapporo Hokkaido RamenRamen Sapporo Hokkaido melalui pertandingan jp

makan daging

Dari sekian banyak kuliner khas Hokkaido, Genghis Khan Ini disebut-sebut sebagai salah satu kuliner yang wajib dicoba setelah ramen. Jenghis Khan atau Jingisukan adalah yakiniku Jepang (daging panggang) yang dipanggang dengan sayuran dalam panci khusus berbentuk helm.

Ada 2 cara untuk menikmati sajian kuliner ini yaitu dengan cara mencelupkan daging ke dalam kuah dan memanggangnya, atau dengan terlebih dahulu memanggangnya lalu mencelupkannya ke dalam kuah. Dagingnya biasanya domba yang berumur 2 tahun atau lebih. Masakan ini konon terinspirasi dari Genghis Khan, pendiri Kerajaan Mongol yang sangat menyukai daging.

Selain itu, Genghis Khan sangat cocok untuk disantap dengan bir dan itu artinya salah satu tempat terbaik untuk mencoba hidangan ini adalah di kota Sapporo yang terkenal dengan bir Sapporo-nya.

Jingisukan di Live JepangJingisukan di Live Jepang

makanan laut

Hokkaido dikenal sebagai salah satu daerah penghasil makanan laut berkualitas tinggi dibandingkan daerah lain di Jepang. Jadi jangan heran kalau masakan seafood sangat populer di sini, atau setidaknya seafood segar sangat populer di Hokkaido.

Ada beberapa daerah di Hokkaido yang memiliki produk makanan laut andalannya. Misalnya, daerah Akkeshi terkenal dengan kerangnya. Hakodate populer dengan cumi-cuminya, dan secara keseluruhan, salmon dianggap sebagai makanan laut yang mewakili Hokkaido.

Ada beberapa kuliner khas yang menonjolkan salmon sebagai bahan utamanya. Chan Chan Yaki, atau Salmon Hotpot, adalah salah satunya. Terdiri dari salmon dan sayuran yang dicampur dengan saus berbahan dasar miso, hidangan ini dikenal sebagai sup nelayan.

Hidangan sup lain yang menggunakan ramen adalah Pusat Ishikariini adalah sup dengan irisan salmon dan saus miso.

Sanpei-jiru juga merupakan makanan khas Hokkaido, terdiri dari salmon dan saus miso. Hanya saja, hidangan ini lebih mirip sup miso musim dingin dan biasanya diberi topping sayuran campuran seperti daikon, kentang, wortel, dan bawang bombay. Alternatif menu salmon lainnya adalah rubi.

Menu ini sebenarnya mirip dengan sashimi. Salmon dibekukan secara alami di udara terbuka, diiris tipis dan dimakan polos. Kuliner ini konon merupakan warisan dari masyarakat Ainu yang dipercaya sebagai nenek moyang masyarakat Hokkaido.

Hub Ishikari melalui Live JepangHub Ishikari melalui Live Jepang

Di Hokkaido, hidangan ikan juga populer sebagai hidangan mangkuk. Misalnya Nama Persatuan Donburi (mangkuk nasi bulu babi mentah), ini adalah donburi (hidangan mangkuk nasi) dengan bulu babi mentah.

Jika Anda tidak yakin apakah Anda bisa makan sesuatu yang benar-benar mentah, cobalah Uni Ikura-don ini adalah mangkuk nasi dengan campuran telur salmon dan bulu babi. Kaisen-don, rice bowl dengan topping aneka seafood (seperti kepiting, salmon, landak laut, tuna, dll.) juga sangat populer di sini.

suplemen lainnya, Ika Somen juga menarik untuk dicoba di Hokkaido. Hidangan ini sebenarnya adalah cumi-cumi yang diiris sangat tipis menyerupai mie dan dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam saus celup, seperti halnya makan somen (mie dingin). Somen Ika populer di kawasan Hakodate dan penampakannya bisa dilihat pada foto di bawah ini.

Kuliner Hokkaido Somen IkaIka Somen melalui Wikipedia

Lainnya

Selain kelezatan kuliner yang disebutkan di atas, Hokkaido populer sebagai salah satu daerah penghasil alkohol terbaik di Jepang. Bir, sake, anggur, wiski, merek terbaik bisa ditemukan di Hokkaido. Prefektur ini juga dikenal dengan berbagai produk pertanian dan olahannya.

Jagung bakar, sosis, buah lokal, dan bacon juga populer. Intinya, kuliner-kuliner di atas hanyalah sebagian kecil dari khazanah kuliner Hokkaido yang sebenarnya. Jadi jangan ragu untuk merencanakan wisata kuliner selama berada di food kingdom!

* * * * * *

Demikian ulasan tentang Pemandu Wisata Kuliner Hokkaido yang dapat kami sajikan. Semoga bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin menikmati makan di luar Hokkaido.

Kunjungi juga: 31 kegiatan dan atraksi menyenangkan di Hokkaido

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button