Berita Wisata

Pemekaran tiga daerah otonom baru Papua, TMII menyiapkan panggung untuk platform baru

TEMPO.CO, Jakarta – Sebagai tempat wisata yang mewakili Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah atau TMII akan segera menambah anjungan untuk tiga provinsi baru. Tiga provinsi baru yang dimaksud adalah Papua Selatan, Papua Dataran Tinggi, dan Papua Tengah.

Senior Director PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono selaku Direktur TMII mengatakan, pihaknya telah membuka jalan untuk pembangunan anjungan baru tersebut. “Kami sudah siapkan, kalaupun ada dua konsep, kalau dibagi menurut provinsi,” ujarnya, Rabu 16 November 2022.

Sebab, menurut Edy, ketiga provinsi tersebut memiliki budaya yang hampir mirip. “Bagaimanapun, budayanya hampir sama atau menjadi domain yang relatif lebih besar dan ditangani oleh mereka masing-masing,” ujarnya.

Karena itu, menurut Edy, pihaknya masih menunggu permintaan dari pemda terkait terkait platform tersebut. Intinya, TWC menyiapkan segala kebutuhan terkait pidato pembangunan paviliun daerah untuk provinsi baru. “Sesuai permintaan, tapi kami sudah siapkan lahannya,” ujarnya.

Peresmian ketiga provinsi baru itu berdasarkan peraturan yang disahkan pada Jumat, 11 November 2022. Peresmian Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2022, untuk Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang UU Nomor 15 Tahun 2022 dan Provinsi Pegunungan Papua berdasarkan UU Nomor 16 Tahun 2022.

Dengan penambahan itu, jumlah provinsi di Indonesia bertambah tiga, dari 34 provinsi menjadi 37 provinsi. Saat ini setiap provinsi memiliki platform di TMII.

Sementara itu, TMII telah menyelesaikan revitalisasi yang dilakukan sejak Januari lalu. Revitalisasi untuk menjadi tuan rumah KTT G20 meliputi sejumlah wahana dan fasilitas di dalam TMII.

Revitalisasi meliputi antara lain pengembangan kawasan bangunan utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo dan Sasono Adiguno), renovasi museum, pengembangan paviliun dan pedestrian landscape, pengembangan sabuk luar (halte), area parkir, gedung manajemen, pengembangan lanskap pulau – pulau di danau Nusantara (platform pejalan kaki, ampiteater atau panggung terbuka, dan promenade atau tempat berjalan kaki), dan renovasi teater Garuda lama. Penataan juga dilakukan di eks museum Telkom dan Keong Emas, lanskap paviliun pejalan kaki, menara observasi, pusat komunitas, dan struktur parkir (dinaikkan).

Pada 20 November mendatang, TMII berencana membuka test drive bagi masyarakat dengan wajah barunya. Dalam uji coba ini, wisatawan yang berminat datang harus terlebih dahulu memesan tiket secara online melalui website TMII.

Baca juga : Lihat tampilan baru TMII yang siap menyambut delegasi G20

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button