Berita Wisata

Pemerintah Desa Parombean Enrekang Dukung Program G-Emasta Luncurkan Wisata Arung Jeram – Berita Ratus

SERATUSNEWS.ID, ENREKANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang terus menggali potensi wisata daerah tersebut. Sejumlah desa juga terus bergerak menata sumber daya alam menjadi daya tarik wisata. Salah satunya adalah Desa Parombean.

Untuk mendukung program pariwisata tersebut, Wakil Bupati Enrekang Asman SE pada Senin (21/11/2022) mencanangkan Inovasi Gerakan Sadar Wisata Masyarakat atau disingkat G-Emasta.

Asman memuji inovasi yang digagas warga dan pemerintah Desa Parombean. Hal tersebut mendukung Parombean sendiri untuk menjadi salah satu desa wisata di Enrekang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Warman SE yang telah berinisiatif dan bekerjasama dengan pemerintah desa Parombean untuk mewujudkan masyarakat yang ramah pariwisata, khususnya arung jeram,” ujarnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan dan melindungi sumber daya alam. “Alam yang menawarkan berbagai potensi harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat desa,” ujarnya.

Kades Parombean memaparkan sejumlah sumber daya alam yang memiliki potensi wisata. Diantaranya air terjun, sungai, olah raga kuliner, pemancingan dan arung jeram.

“Semuanya harus didukung oleh masyarakat melalui g-Emasta. Sebagai program inovasi, seharusnya menjadi solusi untuk membangkitkan potensi wisata di Parombean,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu penggagas inovasi G-Emasta, Warman menjelaskan pengembangan pariwisata harus didukung penuh oleh masyarakat. Menurutnya, sektor pariwisata dapat menghidupkan kembali perekonomian yang sempat lesu di masa pandemi Covid-19.

“Ini hanya bisa terjadi jika orang menyadari potensi mereka. Sumber daya alam berupa sungai dapat dimanfaatkan dan dikembangkan. Sumber daya alam saja tidak cukup, masyarakat juga harus sadar akan sumber daya manusia dan infrastruktur pendukung pariwisata,” jelasnya.

Peluncuran G-Emasta diselingi dengan penandatanganan komitmen bersama antara pemerintah daerah, Pemdes dan masyarakat. Acara tersebut dihadiri oleh Kajari, Dandim, Kadis Kominfo, anggota DPRD Dapil 3, Camat Curio, Lurah, Tomas dan para pecinta arung jeram.

Seperti itu:

Terkait

Lanjut membaca

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button