Berita Wisata

Pemerintah Kabupaten Garut menaikkan target PAD wisata Situ Bagendit menjadi Rp 1,2 miliar

Garut, Jawa Barat (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menaikkan target pendapatan asli daerah (PAD) objek wisata Situ Bagendit dari semula Rp 200 juta menjadi Rp 1,2 miliar pada 2023 setelah melihat hiruk pikuknya. kunjungan pasca revitalisasi.

“Bagendit sekarang mendekati Rp 800 juta, (target) tahun 2023 Rp 1,2 miliar, jadi mudah-mudahan bisa terlampaui,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada Garut, Kamis, di Jawa Barat.

Ia mengatakan objek wisata Situ Bagendit di Kabupaten Banyuresmi telah mendapat perhatian revitalisasi dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten sehingga semakin menarik untuk dikunjungi.

Kondisi ini, kata dia, tentu mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan dari berbagai daerah untuk menikmati fasilitas dan keindahan alam danau.

Karena angka kunjungan yang tinggi, kata dia, target PAD Situ Bagendit yang sebelumnya Rp 200 juta, akan dinaikkan pada 2023 menjadi Rp 1,2 miliar atau Rp 100 juta per bulan. .

“Kalau Rp 1,2 miliar berarti Rp 100 juta per bulan, kemarin seminggu bisa Rp 70 (jutaan) sampai Rp 80 juta,” ujarnya.

Dikatakannya, objek wisata Situ Bagendit merupakan salah satu wisata yang banyak dikunjungi wisatawan saat musim perayaan dan liburan sekolah.

Ramainya wisatawan yang berkunjung ke Situ Bagendit, kata dia, bisa jadi salah satunya karena himbauan dari pemerintah daerah terkait untuk menghindari kunjungan wisatawan di pegunungan dan laut karena cuacanya ekstrim. “Kemarin kami imbau wisatawan hindari gunung dan laut, otomatis wisatawan yang berkunjung ke Situ Bagendit membludak,” katanya.

Seorang turis lokal asal Garut, Ayu (35) mengatakan, sudah berkali-kali mengunjungi Situ Bagendit dan menganggap tempat itu sekarang lebih baik dari sebelumnya.

“Ya saya dan keluarga sering jalan-jalan ke Bagendit, karena dekat, dan tempatnya bagus, bisa jalan kaki atau bersepeda di pinggir danau,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button