Berita Wisata

Pemerintah Kabupaten Kediri berencana membangun jalur alternatif menuju Air Terjun Dholo

Kabupaten Kediri (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, berencana membangun jalan alternatif untuk memperpendek jarak dari dan ke tempat wisata Air Terjun Dholo di Dusun Besuki, Desa Jugo, Mojo, kabupaten setempat.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Kediri mengatakan, proyek pembangunan jalan alternatif itu dilaksanakan untuk memudahkan akses pengunjung menikmati keindahan air terjun yang mengalir deras di ketinggian 125 meter di Gunung Wilis (2.563 mdpl).

“Nanti kita pikirkan bagaimana, dari bawah ke atas kita buat jalur pendek, jalur yang melintasi itu,” kata bupati.

Sampai saat ini pengunjung yang ingin melihat Air Terjun Dholo menggunakan tangga. Mereka harus menuruni anak tangga air terjun dan ketika ingin naik kembali, mereka juga harus menaiki 1000 anak tangga.

Untuk itu keberadaan jalur alternatif ini akan bermanfaat agar pengunjung tidak bosan menaiki tangga untuk melihat air terjun.

Namun, bupati tidak mengizinkan ojek berbahan bakar minyak di kawasan air terjun saat jalan dibangun.

“Kalau pakai kuda, motor listrik boleh saja karena bagaimanapun Gunung Wilis adalah tunggangan alami dan tidak boleh tercemar polusi udara,” kata bupati.

Sementara itu, Petugas Objek Wisata Air Terjun Dholo Sudiyoko mengatakan, dari tempat parkir untuk turun ke air terjun, pengunjung harus menaiki anak tangga sekitar 800 meter.

Diakuinya, dengan jarak yang cukup jauh tersebut, banyak juga pengunjung yang staminanya sudah tidak kuat lagi, bahkan ada yang pingsan saat hendak mendaki dari tempat wisata air terjun tersebut.

“Jadi kalau ada yang pingsan untuk naik, harus diregangkan,” katanya.

Sunawan, mewakili PKL di sekitar tempat parkir Air Terjun Dholo mengatakan, pembangunan jalan alternatif sangat penting karena selama ini banyak pengunjung yang mengeluhkan akses jalan.

“Pengunjung mengeluh tidak kuat lagi menaiki tangga,” kata Sunawan.

Selain masalah jalan, Sunawan berharap objek wisata Air Terjun Dholo mendapatkan tambahan fasilitas penerangan, termasuk penyediaan area parkir.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button