Berita Wisata

Pemerintah Kabupaten melaksanakan Gerakan Sapta Pesona

kaltengonline.com – Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra berharap dengan adanya Gerakan Sapta Pesona Action di Tempat Wisata Bumi Perkemahan Panglima Batur ini semakin memperkuat dan menjalin koordinasi dan sinergi yang baik untuk kemajuan provinsi Kalimantan Tengah khususnya di Barito Utara. daerah.

“Kami memimpin gerakan aksi Sapta Pesona di objek wisata Bumi Perkemahan Panglima Batur untuk mengimplementasikan Sapta Pesona pada objek wisata serta upaya pemberdayaan masyarakat sekitar destinasi wisata,” kata Wakil Bupati Sugianto Panala Putra saat sambutan Bupati H. Nadalsyah kepada Aksi Sapta Pesona di tempat wisata Bumi Perkemahan Panglima Batur, Sabtu (26/11).

Menurut babup tersebut, Kabupaten Barito Utara saat ini memiliki 3 (tiga) tempat wisata utama yaitu Bumi Perkemahan Panglima Batur, Bendungan Trinsing dan Air Terjun Jantur Doyam.

“Gerakan Aksi Sapta Pesona merupakan salah satu program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yaitu Bersih, Indah, Sehat dan Aman, yang merupakan gerakan perlindungan sosial bagi pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Anto, sapaan akrab dari Sugianto Panala Putra. .

Diharapkan kegiatan ini dapat menciptakan masyarakat destinasi wisata yang aktif dan terlibat langsung dalam mewujudkan destinasi wisata yang mencerminkan nilai-nilai Sapta Pesona.

Sugianto menjelaskan bahwa program ini merupakan upaya adaptasi kebiasaan baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha di bidang pariwisata dan industri kreatif untuk mempersiapkan, mengantisipasi perubahan dan beradaptasi sehingga dapat memperoleh kembali kepercayaan wisatawan melalui empat elemen penting. bidang pariwisata yaitu kebersihan, keindahan, kesehatan dan keselamatan.

“Peduli wisata diartikan sebagai konsep yang menggambarkan keterlibatan dan dukungan masyarakat untuk mendorong terciptanya iklim yang kondusif bagi perkembangan pariwisata di suatu daerah atau tempat,” tegasnya.

Senada dengan itu, tambah Wakil Rektor, dalam pengembangan sektor pariwisata akan dihadapkan pada dua aspek pendekatan program, yaitu program pengembangan pariwisata yang ditujukan langsung kepada sumber daya manusia (SDM) yang menjadi pemangku kepentingan dan program pengembangan pariwisata yang ditujukan pada sumber daya manusia yang luas atau masyarakat umum, khususnya di sekitar tujuan wisata.

Wabup juga mencontohkan, Pemkab Barito Utara telah menganggarkan pembangunan sarana dan prasarana di obyek wisata unggulan, dan dengan adanya obyek wisata unggulan yang bersih, asri, sehat dan aman seharusnya dapat meningkatkan jumlah pengunjung. . Sehingga berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (ABR) di Barito Utara dan peningkatan perekonomian masyarakat sekitar tempat wisata.

Aksi Gerakan Sapta Pesona di Bumi Perkemahan Panglima Batur turut dihadiri Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Ramlah Ahmad Salamat Pelu beserta jajarannya, Wakil Presiden I DPRD Barito Utara Parmana Setiawan, Kepala Disbudparpora Barito Utara, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Kelurahan Teweh Selatan, Kepala Desa Trahean, Kepala Desa Trinsing dan para tamu lainnya. (dia/ens/ko)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button