Berita Wisata

Pemkab Bantul Kembangkan BUMDes Tempat Wisata Kawasan Selatan

….dengan dibukanya jembatan Kretek II di atas Sungai Opak agar dapat dilalui kendaraan.

Bantul (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bantul (Pemkab) Daerah Istimewa Yogyakarta mengembangkan lokasi wisata di wilayah selatan melalui badan usaha milik desa atau kecamatan, menyusul dibukanya uji fungsional Kretek II jembatan pada Jalan Lintas Seksi (JJLS).

“Pemerintah mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat setelah kami uji coba Jembatan Kretek II. Nantinya, Lurah Tirtohargo dan Parangtritis akan menyiapkan objek atau tempat bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonominya,” kata Bantul. Bupati Abdul Halim Muslih di Bantul, Rabu.

Menurutnya, di wilayah Bantul selatan terdapat sirkuit yang terbagi dua, yakni sirkuit yang dikelola pemerintah seperti Parangtritis dan pantai yang menuju ke pantai selatan dengan posko atau titik penjemputan pemungutan retribusi (TPR). dibangun, sebagai penarikan retribusi.

“Selain itu, akan ada objek wisata yang dikelola oleh BUMDes atau BUMKal bersama masyarakat, dengan Pokdarwis. Desa bisa mendirikan warung atau permainan, sehingga bisa menjadi kebangkitan ekonomi baru di Kabupaten Bantul”, ujarnya juga.

Apalagi kata Bupati, dengan dibukanya Jembatan Kretek II di atas Sungai Opak untuk dilalui kendaraan, volume kendaraan akan semakin padat, karena masyarakat sudah menunggu informasi pembukaan jembatan ini.

“Sehingga nantinya arus wisatawan ke pantai selatan hampir pasti melewati jembatan Kretek II ini. Tentunya hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi karena ada peluang dibukanya objek wisata, taman kuliner, permainan yang akan berkembang di sekitar jembatan ini, ” dia berkata.

Selain itu, kata Bupati, pemerintah tidak akan membangun pos pemungutan retribusi atau TPR di luar pantai, karena wisata yang dikuasai pemerintah hanya pantai, sedangkan di luar pantai adalah milik masyarakat yang dikelola bersama Pokdarwis.

“Namun, pada akhirnya, pintu penarikan retribusi barang wisata pantai akan kami pindahkan. Akan kami tata ulang agar tidak ada kebocoran retribusi wisata pantai selatan Kabupaten Bantul,” ujarnya lagi.

Baca juga: Bantul siapkan tindak lanjut posko kawasan wisata di hajatan akhir tahun
Baca Juga: Bantul menunggu rekomendasi ahli geologi untuk memperbaiki jalan amblesan Sriharjo

Reporter: Hery Sidik
Penerbit : Budisantoso Budiman
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button