Berita Wisata

Pemkab Garut mengandalkan pertanian dan pariwisata untuk mengembangkan wilayahnya

Garut (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat akan terus fokus mengembangkan potensi sektor pertanian dan pariwisata karena dinilai dapat diandalkan untuk memajukan daerah dan mendatangkan manfaat ekonomi bagi masyarakat banyak.

“Garut pertanian dan pariwisata lagi, saya kira masih seperti itu sekarang, kita harus terus ke sana, paling tidak saya dan Pak Rudy (Bupati Garut) fokus bagaimana mengembangkan pertanian dan pariwisata,” kata Wakil Bupati Garut Helmi. Budiman di aula Kampus 4 Universitas Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa.

Baca juga: Dekranasda Garut Kaji Perkembangan UMKM di Sleman

Dikatakannya, kepemimpinan Kabupaten Garut oleh Rudy Gunawan dan Helmi Budiman selalu memberikan perhatian khusus pada sektor pariwisata dan pertanian untuk mengembangkan wilayah Garut.

Hal ini dikarenakan Garut memiliki sejarah dan alam pertanian yang cukup baik dengan lahan pertanian yang luas dan pariwisata yang dikenal sejak zaman kolonial, sehingga menjadi bisnis utama Garut.

Inti profesi kami berasal dari pertanian, karena memang 70% masyarakat kami adalah petani, kondisi geografis kami adalah lahan pertanian. Dan mengapa memilih sirkuit, karena sirkuit ini sudah jadi core bisnis Kabupaten Garut sejak zaman Belanda,” ujarnya.

Helmi mengatakan potensi pertanian Garut terus berkembang didukung oleh keberadaan sumber daya alam dan manusia.

Selain itu, lanjutnya, sektor pariwisata di Garut selama ini memiliki daya tarik tersendiri, bahkan dikenal hingga ke Eropa pada zaman dulu, terbukti sejak saat itu banyak hotel yang berdiri di Garut. “Garut adalah daerah yang sangat terkenal, tidak hanya sekarang tapi juga dari dulu bagaimana Garut terkenal dengan banyak hotelnya, ketika pusat pemerintahan dibangun di Bandung, apa yang dibangun di Garut, tempat wisata sudah dibangun,” kata Helmi. .

Oleh karena itu, ia berharap potensi wilayah Garut dapat membawa manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat, sehingga diperlukan perhatian semua pihak untuk menjaga alam Garut.

Baca Juga: Garut Festival 2023 diperkirakan akan melibatkan 1.000 IKM

Satu hal yang perlu dijaga dengan baik agar pertanian dan pariwisata tetap menjadi andalan Garut adalah ketersediaan air, karena air memberikan keindahan tempat wisata dan juga mendukung pertanian.

“Ada satu hal yang paling penting yang perlu kita perhatikan, yang pertama adalah air, maka wisata kita disebut indah kalau ada air, bayangkan wisata Bagendit, air Cangkuang. Tidak ada, bagaimana, ya? Tidak cantik lagi,” kata Helmi.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button