Berita Wisata

Pemkab Malang Bangun Shelter Bagi Wisatawan Gunung Arjuno

Bupati Malang HM Sanusi

Kabupaten Malang, Bhirawa

Pemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) berencana membangun shelter atau fasilitas umum untuk menurunkan penumpang di pintu keluar Tol Singosari. Rencananya, shelter tersebut akan digunakan untuk masyarakat yang akan melakukan wisata alam Gunung Arjuno. Dengan demikian, masyarakat akan lebih mudah untuk mengikuti wisata Gunung Arjuno yang juga akan disiapkan kendaraan dan pemandu wisata.
Hal itu disampaikan Bupati Malang HM Sanusi pada Rabu (11/1) saat berada di ruang pertemuan rumah dinas Bupati Malang (Rumdin), Jalan Gede, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Menurutnya, wisatawan yang ke Gunung Arjono akan bisa memilih destinasinya.
Diantaranya adalah wisata off road, pendakian gunung, wisata ritual, wisata peringatan raja-raja pada masa kerajaan Majapahit dan kerajaan Singhasari, serta wisata taman hutan rakyat (Tahura). Dan konsepnya seperti berwisata ke Gunung Bromo, dimana wisatawan yang menuju ke kawasan wisata Gunung Arjono diantar dengan jeep yang dilengkapi dengan 4WD.
Sebab untuk menuju wisata Gunung Arjono, katanya, medannya cukup ekstrim. Jadi, yang bisa ke sana harus menggunakan mobil 4WD, yaitu sistem penggerak yang mendistribusikan tenaga mesin ke seluruh roda. Dan biasanya, sistem gerak ini terdapat pada kendaraan yang digunakan untuk off-road atau medan berat.
“Dengan demikian, wisatawan turun di pengungsian kemudian berganti kendaraan yang telah disiapkan untuk menuju wisata Gunung Arjuno. Karena jika menggunakan mobil biasa akan menyulitkan pengemudi untuk mengakses lokasi wisata,” jelasnya.
Dan untuk saat ini, lanjut Sanusi, nama Bukit Buduk Asu atau yang dikenal dengan kawasan Gunung Arjono diburu oleh para pecinta alam. Dan selain itu juga sering dikunjungi oleh lintas alam maupun off roader, sehingga objek wisata alam ini sangat populer dikalangan wisatawan. Sedangkan Bukit Budug Asu
Awalnya, itu menjadi jalan utama lintas negara dan off-roader. Namun, seringnya mereka berdatangan akhirnya memunculkan beberapa fasilitas wisata, seperti spot foto.
“Keunikan Buduk Asu Buki terletak pada bentang alamnya yang indah diselimuti udara pegunungan yang segar. Dari atas pos pengamatan di atas bukit dapat terlihat dengan jelas panorama Gunung Arjuna dan hamparan hijau kebun teh,” ujarnya. dijelaskan.
Perlu dicatat, bagi para pemburu foto, tempat ini cukup menawan karena menawarkan pemandangan yang memikat, yaitu berada di ketinggian 2000 mdpl atau di ketinggian kawasan di atas permukaan laut. Buduk Asu cukup sulit, karena akan melewati beberapa jalan makadam yang cukup terjal. Maka dari itu tidak heran jika tempat wisata ini sangat populer dikalangan para crosser dan offroader.
Berangkat dari pusat kota Malang, wisatawan bisa mencapai lokasi dari Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, atau bisa melewati arah Kebun Teh Wonosari, Desa Wonosari, Kecamatan Lawang, kecamatan setempat.
Dari tempat ini, wisatawan bisa mengajak warga sekitar untuk menuju Bukit Buduk Asu. Dan jika anda mencari posisi lokasi Wisata Bukit Buduk Asu belum tersedia di aplikasi Google Map. [cyn.why]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button