Berita Wisata

Pemkab Malang membangun shelter dan melengkapi fasilitas di Budug Asu

Bukit Budug Asu di lereng Gunung Arjuno yang populer di kalangan cross country dan off-roader karena medannya yang sulit. (Suara/Pinema)

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) dengan potensi wisata satu juta rupiah kini gencar membangun fasilitas untuk memanjakan wisatawan.

Salah satu tempat wisata yang mulai viral di media sosial adalah Budug Asu yang berada di lereng Gunung Arjuno di Kabupaten Lawang.

Pemerintah Kabupaten Malang juga mempermudah akses ke tempat wisata dengan membuka tol. Baru-baru ini, berencana membangun shelter di pintu keluar tol Singosari.

Baca juga :
Pahlawan merah membakar sejumlah kios di Pasar Pemukiman Kota Batu

Sempat tak menggunakan Stadion Sultan Agung, Arema menghadapi Borneo FC di Jatidiri

PWI Malang Raya bekerjasama dengan BPJS untuk memberikan akomodasi murah kepada BTN KPR

“Penyelesaian infrastruktur otomatis akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang,” kata Bupati Malang HM Sanusi, Kamis (1/12).

Shelter di Gerbang Tol Singosari ini dimaksudkan untuk menarik wisatawan yang akan berkunjung ke wisata alam di sekitar Gunung Arjuno, termasuk Budug Asu.

Sebagai wisata alam, Budug Asu menjadi salah satu pilihan di lereng Gunung Arjuno. Selain beberapa tempat wisata seperti off road, mendaki gunung, wisata ritual, ada juga wisata ke reruntuhan raja-raja.

Raja-raja tersebut ketika memerintah pada masa Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Singsari. Ada satu lagi, kunjungan ke Taman Hutan Raya (Tahura) yang populer.

Baca juga :
Awal tahun 2023, harga cabai melambung tinggi

Satreskrim Kota Batu Ringkus Pengarang dan Pegadaian

Sutiaji memberikan pesan khusus kepada Pj Presiden KONI Kota Malang

“Dengan demikian, wisatawan turun di halte kemudian berganti kendaraan yang telah disiapkan untuk menuju wisata Gunung Arjuno. Jika menggunakan mobil biasa, akan sulit bagi pengendara untuk mencapai tempat wisata tersebut,” kata Sanusi.

Selain mengantar wisatawan yang akan melanjutkan perjalanan ke Gunung Arjuno, Pemkab Malang juga menyediakan kendaraan sekaligus jasa pemandu wisata.

Mengingat medan yang cukup ekstrim, kendaraan yang disediakan adalah Jeep 4WD untuk memudahkan pengunjung mendaki Bukit Budug Asu.

Menurutnya, Bukit Budug Asu yang berada di lereng gunung tersebut banyak diminati oleh kalangan wisatawan yang memiliki jiwa petualang, khususnya para penjelajah alam.

Medannya yang ekstrim mengundang banyak lintas alam dan off-roader, sehingga objek wisata alam ini sangat populer di kalangan wisatawan.
Banyak spot foto sepanjang perjalanan menuju Bukit Budug Asu.

Pemandangan indah berbalut udara segar khas pegunungan membuat pengunjung enggan beranjak.

“Dari atas pos pengamatan di atas bukit dapat terlihat jelas panorama Gunung Arjuna dan hamparan hijau kebun teh,” terangnya.

Budug Asu sendiri berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, sangat cocok bagi wisatawan petualang karena jalur atau rute menuju ke sana sangat sulit.

Selain berkelok-kelok dan sangat terjal naik turun, kondisi jalan yang masih berbatu jadi tantangan tersendiri.

Untuk menuju Budug Asu, jika berangkat dari Pusat Kota Malang bisa melewati Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, atau bisa juga melalui Kebun Teh Wonosari, Desa Wonosari, Kecamatan Lawang.(selesai)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button