Berita Wisata

Pemkab Manggarai Barat Fokuskan Pengembangan Sektor Pariwisata

BERITA KEMENANGAN MANGGARAI BARAT– Bupati Manggarai Barat, kata Edistasius Endi, optimalisasi pengembangan potensi wisata harus terus dikembangkan. Selain itu, Kabupaten Manggarai Barat memiliki sejumlah objek wisata potensial yang dapat dikembangkan seperti objek wisata Batu Cermin di Kota Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, wisata Istana Ular, Cunca Wulang dan destinasi wisata alam lainnya di sejumlah lingkungan.

“Untuk itu kita harus membangun sektor pariwisata kita dengan melakukan pengembangan destinasi wisata di Tana Tidung secara sistematis, terencana, terpadu dan berkelanjutan,” kata Edi Endi, Sabtu (19/11/2022).

Ia mengatakan, pihaknya akan fokus mengembangkan sektor pariwisata dan perekonomian dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dalam dua tahun ke depan. Untuk mencapai tujuan tersebut, pihaknya selanjutnya akan mendorong pembangunan infrastruktur yang akan mendongkrak sektor pariwisata dan perekonomian Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Tagana Gelar Upacara Siaga Bencana

Edi Endi menjelaskan, selain pariwisata, Kabupaten Manggarai Barat juga memiliki ragam seni budaya yang unik, seperti seni tari, adat istiadat, sastra, seni lukis, dan kegiatan spiritual yang begitu diminati masyarakat global. Semua keindahan itu, kata dia, sangat mudah diapresiasi, karena aksesibilitas menuju tempat wisata di Manggarai Barat sangat mudah.

“Semua destinasi wisata ini bisa dikunjungi melalui jalur darat, laut, dan udara. Ada juga penerbangan langsung ke Labuan Bajo. Saat ini sedang digodok rencana untuk membuka jalur udara internasional,” kata Edi Endi.

Dengan segala fasilitas tersebut, tak heran jika jumlah wisatawan yang berkunjung ke Labuan BJo terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018 misalnya, kunjungan wisatawan ke Labuan Bako mencapai 2,5 juta orang, meningkat sekitar 20% dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk tahun 2022, kunjungan diperkirakan mencapai 3 juta orang.

Baca Juga: Konflik Bowosie: Komisi II DPR-RI Gelar RDP Bersama Komunitas Terbuka Labuan Bajo

Diakui Edi Endi, koordinasi dan kerjasama antar lembaga, organisasi perangkat daerah terkait (OPD), pelaku pariwisata, pelaku komersial seperti hotel, restoran, pemerhati wisata dan budaya sangat penting agar pembangunan dan pengembangan objek wisata di Barat dapat berjalan dengan baik. Manggarai bisa dimaksimalkan, tidak kalah pentingnya. Promosi juga harus dilakukan agar wisatawan lokal maupun mancanegara mengetahui potensi wisata kita,” jelasnya.

Ia mengatakan, infrastruktur jalan sangat penting untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan di Manggarai Barat yang dikenal memiliki potensi wisata alam dan budaya yang tak kalah dengan daerah lain di NTT.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button