Berita Wisata

Pemkab Matim kembangkan wisata masyarakat – ANTARA News Kupang, Nusa Tenggara Timur – ANTARA News Nusa Tenggara Timur

Kupang (ANTARA) – Bupati Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara (NTT), Andreas Agas, mengatakan pengembangan sektor pariwisata yang dipimpin pemerintah daerah lebih mengutamakan peran masyarakat dalam pencapaian pembangunan pariwisata berkelanjutan.

“Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pariwisata menjadi prioritas kami. Hal ini juga akan dicapai dalam pengelolaan kawasan wisata Teluk Nanga Lok,” kata Bupati Manggarai Timur Andreas Agas saat dihubungi dari Kupang, Kamis (12/1/2023).

Ia mengatakan salah satu potensi wisata Kabupaten Manggarai Timur Pulau Flores adalah objek wisata Teluk Nanga Lok di Distrik Elar yang merupakan surga tersembunyi yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Obyek wisata Nanga Lok di desa Golo Lijun merupakan salah satu obyek wisata peraih Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022 untuk kategori surga tersembunyi.

Menurutnya, pemerintah telah membangun jalan yang memadai di wilayah utara Kabupaten Manggarai Timur menuju tempat wisata Nanga Lok untuk menarik kunjungan wisatawan.

“Bentangan jalan raya dari Reo ke Buntal ke tempat wisata Nanga Lok semuanya telah dibangun dengan baik campuran panasyang memudahkan wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang dan menikmati keindahan wisata alam di kawasan tersebut,” kata Andreas Agas.

Ia menambahkan, visi pembangunan pemerintah sudah terwujud yaitu wisata masyarakat sehingga pengelolaan berbagai potensi wisata dipercayakan kepada masyarakat desa di lokasi wisata.

“Hal itu dilakukan agar perekonomian masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan wisata juga tergerus dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan,” kata Andreas Agas.

Menurutnya, Pemkab Manggarai Timur hanya memberikan dukungan pembangunan infrastruktur dengan mendukung percepatan pembangunan sektor pariwisata.

Andreas Agas mengatakan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan pariwisata agar hasil usaha pengembangan pariwisata dirasakan langsung oleh masyarakat sehingga perekonomian masyarakat juga menggeliat.

Baca Juga: Pemkab Matim Bentuk Delapan Desa Wisata

Baca juga: BPBD Matim imbau warga waspada bencana saat musim hujan

“Kontribusi pariwisata terhadap perkembangan ekonomi masyarakat sangat penting, sehingga Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur harus lebih melibatkan masyarakat dalam pengembangan pariwisata,” kata Andreas Agas.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button