Berita Wisata

Pemkab Parigi siapkan 88 lokasi penanaman mangrove saat Harkanas – ANTARA News Palu, Sulawesi Tengah – ANTARA News Palu, Sulawesi Tengah

Parigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) –

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menyiapkan 88 lokasi penanaman mangrove sebagai acara rekor MURI dalam rangkaian kegiatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) yang dipusatkan di kabupaten tersebut pada November 2022.

“Selain prestasi besar (rekor MURI), kegiatan ini juga sebagai upaya perbaikan ekosistem mangrove di pesisir Teluk Tomini,” kata Kepala Bidang Kepatuhan dan Penataan (PPLH) dinas lingkungan hidup kabupaten itu. dari Parigi. Moutong Muh Idrus di Paris, Kamis. .

Dijelaskannya, 88 lokasi telah disiapkan oleh pemerintah daerah yang tersebar di 22 kecamatan dari 23 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut, dimana kegiatan dipusatkan di Pantai Mosing, Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan.

Menurutnya, mangrove memiliki fungsi ganda dalam menjaga ketahanan wilayah pesisir terhadap ancaman abrasi pantai dan sebagai penyerap karbon dioksida untuk mengurangi polusi udara serta sebagai habitat biota laut dan makhluk hidup lainnya.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menjaga kelestarian ekologi di pesisir pantai, karena Parigi Moutong berada di kawasan Teluk Tomini, dimana garis pantai kabupaten ini mencapai 472 kilometer membentang dari utara ke selatan dan berbatasan dengan provinsi Gorontalo,” kata Idrus. . .

Dijelaskannya, untuk setiap kecamatan disiapkan empat lokasi dan penanaman 500 pohon bakau di setiap lokasi yang melibatkan sekitar 100 orang.

“Sebanyak 44.000 bibit mangrove ditanam dengan total 8.800 peserta. Ini juga merupakan kegiatan pertama yang melibatkan ribuan orang menanam mangrove dalam waktu singkat,” kata Idrus.

Ia menambahkan, peserta yang terlibat adalah mahasiswa, gerakan pramuka, pengurus Karangtaruna, organisasi Kelompok Pecinta Alam (KPA), organisasi pemuda dan pegawai pemerintah daerah (Pemda).

Saat ini, DLH terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mematangkan perencanaan tersebut.

“Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Bulan Cinta Laut yang diintegrasikan ke dalam kegiatan Harkanas nasional sebagai agenda tahunan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” kata Idrus.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button