Berita Wisata

Pemkab Sinjai menggandeng pelabuhan populer untuk mendorong wisatawan berkunjung ke Pulau Larea

Makassar (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Sinjai (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) siap bermitra dengan pelabuhan rakyat (Pelra) dengan tujuan meningkatkan tingkat wisata di Pulau Larea-rea. , Kabupaten Sinjai , Sulawesi Selatan.

Kepala Disparbud Sinjai Tamzil Binawan, dalam keterangan yang diterima Senin di Makassar, mengatakan, pihaknya terus melakukan beberapa langkah dan inovasi untuk menarik pengunjung.

“Untuk objek wisata pulau Larea-rea, kami akan mengusahakan kerjasama dengan angkutan laut (Pelra), sehingga nantinya ada akses langsung dari pelabuhan Cappa Ujung ke Larea-rea yang direncanakan” ujar Tamzil Binawan.

Ia menjelaskan, Kabupaten Sinjai merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki keindahan alam yang lengkap. Mulai dari pantai, gunung, kota, pulau.

Untuk itu diperlukan langkah nyata dan inovasi untuk mengembangkan daya tarik tempat wisata khususnya di Pulau Larea di Kabupaten Pulau Sembilan.

Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sinjai itu mengaku akan segera menghubungi Dinas Perhubungan (Dishub) Sinjai untuk membicarakan rencana tersebut.

“Ini yang pertama akan kita lakukan ke depan untuk meningkatkan sektor pariwisata di Larea-rea. Kemudian yang kedua, seperti di Benteng Balannipa dan Batu Pake Gojeng, kita akan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan untuk mencapainya. acara di tempat-tempat ini. sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata,” jelas Tamzil.

Sementara itu, pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan hingga akhir Oktober 2022 mencapai Rp588 juta atau 63,13% dari l target Rp931 juta.

“Kami membidik PAD Rp 931,5 juta, dengan retribusi daerah atas kekayaan ruang pertemuan Rp 150 juta dan retribusi tempat rekreasi dan olahraga Rp 781,5 juta. Sesuai daftar yang kami miliki insya Allah akhir tahun ini akan mencapai 100%,” kata Tamzil.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button