Berita Wisata

Pemkot Surabaya tingkatkan gerakan “sport tourism”

Surabaya (ANTARA) – Pemerintah Kota Surabaya meningkatkan ”wisata olahragaatau wisata olahraga mengikuti kompetisi olahraga nasional, regional dan internasional yang sering diselenggarakan tahun ini.

“Dengan adanya event-event bergengsi ini tentunya akan memberikan manfaat bagi Surabaya ke depannya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati, Minggu.

Menurut dia, pada 2022, beberapa ajang olahraga bergengsi akan digelar di Surabaya, antara lain kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan kini final SEA Women Basketball League (SWBL).

Dengan adanya pertandingan tersebut, lanjutnya, tentunya akan semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke kota Surabaya.

Untuk itu, kata dia, Pemkot Surabaya telah membuka banyak venue olahraga bergengsi lainnya untuk menggelar event di kota pahlawan.

“Kami terus berkoordinasi dengan berbagai organisasi olahraga lainnya. Dengan momentum ini, kami mengoptimalkan dan memperkuat jaringan agar ada acara ajang bergengsi lainnya diadakan di Surabaya,” ujarnya.

Menurut Wiwiek, acara SEA SWBL Final kali ini berlangsung meriah dan menarik banyak orang dari berbagai daerah untuk mendukung tim Basket Elite Wanita Indonesia melawan tim Sniper Thailand di GOR CLS Kertajaya Surabaya.

Seperti sepak bola, lanjut Wiwiek, permainan bola basket juga memiliki nilai daya tarik dan gengsi yang sangat tinggi di mata masyarakat.

“Kemarin di sela-sela pertandingan, kami juga berkeliling ke tempat-tempat wisata Surabaya, mulai dari Surabaya Square, Tugu Pahlawan hingga Galeri Sentra Kriya (SKG). Kami juga mengajak tim Malaysia untuk berkeliling yang artinya secara tidak langsung mereka (Wisman) pasti tahu kota ini,” kata Wiwiek.

Wiwiek menambahkan, dengan wisata kotajuga secara otomatis menjalankan program wisata olahraga yang digagas oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi pada tahun 2022. Artinya dengan wisata olahraga Kota ini tidak hanya semakin terkenal di dunia, tetapi perekonomian Surabaya juga akan meningkat.

“Pak Wali mengatakan event-event olahraga mulai dari nasional hingga internasional merupakan bagian dari pembangunan wisata olahraga di Surabaya,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button