Berita Wisata

Pemprov DKI fokus menyelesaikan Proyek NCICD Tanggul Pantai Fase A sepanjang 11 km

Merdeka.com – Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov). Jakarta akan fokus pada melanjutkan pembangunan 11 kilometer (km) Tahap A dari proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) dari tanggul pantai. Pemprov DKI akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melaksanakan proyek tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Biro Sumber Daya Air (SDA) Yusmada Faizal yang ditemui usai rapat pimpinan (Rapim) membahas pembangunan tanggul NCICD di DKI Jakarta.

taboola tengah artikel

“Jadi fokusnya dua. NCICD A ya NCICD A, itu tanggul pantai. Sekarang kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum ada bagiannya,” kata Yusmada kepada Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (3/1).

Yusmada menjelaskan, total panjang tanggul pantai yang sedang dibangun adalah 46 km. Dari 46 km tersebut telah dibuat tanggul pantai sepanjang 13 km. Dengan demikian, sisa 33 km dimana 11 km akan dikembangkan oleh Kementerian PUPR. Sedangkan sisa 22 km akan dibagi antara Pelindo dan Pemprov DKI Jakarta.

“Jadi 22 km oleh DKI ada review yang sudah kita rilis di kawasan Pelindo dan Tanjung Priok. Tinggal 11 km lagi. Jadi 11 km itu yang akan kita bangun tiga tahun ke depan. Jelas,” jelas Yusmada.

2 dari 2 halaman

Yusmada mengatakan, 11 km yang dikelola Pemprov DKI Jakarta terbagi menjadi empat kelompok, yakni di kelompok Muara Angke, Pantai Mutiara, Ancol Barat, dan Kali Blencong. Pengerjaannya, kata Yusmada, akan dilakukan selama beberapa tahun atau tiga tahun dari 2023 hingga 2025.

Lebih lanjut, Yusmada mengatakan, dalam tiga tahun pembangunan tanggul laut sepanjang 11 km itu, telah tercapai total sekitar Rp 595 miliar.

“Saat ini yang dianggarkan selama tiga tahun Rp 595 miliar untuk cluster Ancol Barat, Muara Angke, bagiannya sama dengan Blencong,” ujarnya.

Reporter: Winda Nelfira (mdk/ray)

Baca juga :
Pembangunan dermaga di Jakarta Utara diharapkan selesai pada 2027
Perjalanan mega panjang proyek tanggul tanggul raksasa diungkap oleh Jokowi
Pemprov DKI Butuh Rp 1,38 Triliun Untuk Proyek Tanggul Heavy Duty 8,3 Kilometer
Terkait banjir Jakarta, berikut pesan penting Jokowi untuk Gubernur DKI berikutnya
Lihat tanggul laut raksasa di Jakarta Utara

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button