Berita Wisata

Pemprov Sumbar Akan Merombak Obyek Wisata Lembah Anai Tanpa Mengurangi Eksotisme dan Nostalgia

Langgam.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar (Sumbar) berencana menata kembali objek wisata Lembah Anai di Kabupaten Tanah Datar tanpa harus mengurangi eksotisme dan nostalgia di kawasan ini.

Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada, kawasan Lembah Anai yang telah menjadi salah satu destinasi favorit Sumbar selama lebih dari 100 tahun perlu dikembangkan kembali. .

Pembangunan kembali, kata Audy, diperlukan untuk mengatasi permasalahan yang ada saat ini di kawasan air terjun Lembah Anai. Pembangunan dimulai dari optimalisasi lahan parkir, serta pencegahan luapan air yang dapat menutup akses jalan.

Kemudian, rekonstruksi titik-titik masalah Lembah Anai dan optimalkan. “Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal, domestik maupun mancanegara. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar tanpa mengurangi nilai estetika dari Air Terjun Lembah Anai itu sendiri,” ujar Audy seperti dikutip dari resminya. website Pemerintah Provinsi Sumbar, Kamis (24/11/2022).

Audy merasa Lembah Anai sejak awal sudah seperti ini, padahal merupakan salah satu ikon Sumatera Barat. “Ditambah lagi, itu sangat eye-catching. Air terjunnya dekat dengan jalan raya, jadi memang perlu pengembangan lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut Audy menjelaskan, pembangunan kembali akan dilakukan dengan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, Kabupaten Tanah Datar, serta beberapa instansi terkait dan kelompok masyarakat. Perencanaan diharapkan selesai pada akhir tahun 2022.

“Saya ingin kita libatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan UMKM juga. Jadi dalam pengelolaannya, ekonomi masyarakat juga terbantu. Kalau bisa, masterplan sudah siap sebelum akhir tahun 2022 dan bisa kita koordinasikan. secepatnya,” kata Audy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menjelaskan, pembangunan kembali kawasan Lembah Anai antara lain pembuatan jalur opsional menuju air terjun, sehingga bisa dibangun tempat yang bisa menjadi tempat wisata tanpa mengganggu pemandangan alam. bangunan yang ada.

Baca juga: Kemacetan panjang di Lembah Anai diduga akibat kendaraan keluar masuk salah satu kafe

“Kami juga akan memperdalam gorong-gorong air terjun untuk mengatasi luapan air terjun, tanpa menghilangkan nilai estetikanya,” kata Budi.

Ikuti terus berita hari ini dari Sumbar terbaru dan terbaru dari Langgam.id. Anda dapat bergabung dengan grup Telegram Update Berita Langgam.id di link follow Langgam.id di Google News di link ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button