Tempat Wisata

Penang Flag Hill Tour, berikut rute dan biaya masuknya

Penang Flag Hill Tour, berikut rute dan biaya masuknya

Wisata Bukit Bendera merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang wajib Anda kunjungi di Penang, Malaysia. Tempat wisata alam ini cocok bagi traveler yang ingin menikmati pemandangan kota yang mempesona dari ketinggian.

Tak heran jika tempat wisata yang sering disebut dengan Penang Hill ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada banyak atraksi yang mendatangkan banyak orang ke sini. Penasaran? Dibawah ini informasi lengkap mengenai wisata di Penang Hill.

Wawasan pariwisata di Bukit Bendera

Bagi anda yang belum tahu, Bukit Bendera atau Penang Hill merupakan salah satu tempat wisata di Penang, Malaysia. Tempat ini merupakan objek wisata alam dan lokasi terbaik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dari ketinggian 735 meter di atas permukaan laut, wisatawan bisa menikmati suasana tenang dan udara sejuk sambil menikmati indahnya pemandangan kota. Dahulu, pada tahun 1788, Bukit Bendera Penang merupakan kawasan perkebunan stroberi.

Namun sejak dibukanya kereta gantung pada 21 Oktober 1923, banyak orang yang mulai membangun apartemen dan villa di sekitar Bukit Bendera. Sejak saat itu, tempat ini dikenal sebagai objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan.

rute dan lokasi

Penang Hill merupakan objek wisata yang berada di Jl. Flag Hill, Pulau Penang, Malaysia. Lokasi ini dapat dicapai dalam 15 menit dengan mobil dari Kuil Kek Lok Si, titik awal Penang Flag Hill.

Wisatawan juga bisa ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu dua hingga tiga jam. Namun bagi yang belum kuat berjalan bisa naik Penang Hill Railway yang hanya memakan waktu 15 menit saja.

Bentuk kereta yang kecil dan ramping menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menaikinya. Kereta ini mengangkut penumpang menuju puncak Flag Hill dengan sudut hampir 45 derajat, membuat perjalanan terasa memacu adrenalin.

Biaya masuk Wisata Bukit Penang

Untuk memasuki objek wisata Bukit Bendera, Anda tidak perlu membeli tiket karena tiket masuknya gratis. Namun untuk mencapai puncak, wisatawan harus menaiki kereta Penang Hill Railway yang menempuh perjalanan hanya dalam waktu 15 menit.

Khusus wisatawan mancanegara, harga tiket kereta ini adalah 30 ringgit Malaysia. Sedangkan harga tiket kereta api ke Penang Hill yang diperuntukkan bagi wisatawan lokal Malaysia adalah 22 ringgit Malaysia.

Faktor biaya lainnya bisa muncul ketika wisatawan ingin mencoba berbagai tempat wisata di sana. Misalnya sewa teropong untuk melihat pemandangan kota dikenakan biaya 2 Ringgit Malaysia dan untuk jasa foto di lokasi Instagram dikenakan biaya 5 Ringgit Malaysia.

Jam buka Bukit Penang

Penang Flag Hill merupakan salah satu tempat wisata yang tidak memiliki jam buka tetap, sehingga Anda bisa datang ke sini kapan saja. Namun perlu diperhatikan, transportasi di sini hanya beroperasi pada pukul 06:30 hingga 23:00 waktu setempat.

Sementara itu, Anda perlu membeli tiket di konter penjualan mulai pukul 06.30 hingga 22.30. Jadi pastikan Anda membeli tiket sebelum loket tiket tutup dan kereta terakhir menuju Bukit Bendera berangkat pukul 23.00.

Dari pagi hingga siang hari, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan perbukitan dan langit cerah. Sedangkan pada malam hari, Anda bisa menikmati pemandangan lampu kota dari atas di bawah langit malam luas yang dipenuhi bintang.

Fasilitas yang tersedia di Wisata Bukit Bendera

Sebagai salah satu tempat wisata di Malaysia, Penang Hill dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan. Salah satu fasilitas terpentingnya adalah Penang Hill Railway yang merupakan satu-satunya sarana transportasi di sini.

Selain itu, tempat ibadah berupa candi dan masjid tersedia di sini untuk dikunjungi wisatawan. Di objek wisata ini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan kota Pulau Pinang saja, namun juga mencoba berbagai aktivitas seru di beberapa tempat wisata yang tersedia.

Bagi Anda yang ingin melihat pemandangan kota lebih jelas, di sini tersedia teropong yang bisa Anda gunakan dengan biaya sebesar 2 ringgit Malaysia. Tersedia pula pilihan berupa spot foto Instagrammable dengan background cantik.

Tempat wisata di Penang Hill

Tak hanya menyuguhkan pemandangan kota yang menakjubkan, Bukit Bendera juga memiliki beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Beberapa tempat wisata berikut ini merupakan landmark wisata Penang Hill.

1. Tempat ibadah

Saat Anda berkunjung ke Bendera Hill, Anda bisa menemukan tempat ibadah berupa masjid dan pura yang terletak di dekat situs Penang Hill. Masjid ini bernama Masjid Bukit Bendera dan pertama kali dibuka pada bulan April 1966 oleh Gubernur Raja Tun Uda Al Hajj.

Masjid ini memiliki keunikan dari segi arsitektur yang kaya akan budaya Islam, di tengah situs yang kaya akan pengaruh Eropa dari era kolonial Inggris. Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata di Penang Flag Hill.

2. Kuil Sri Auroli Thirumurugan

Terdapat bangunan bersejarah di Wisata Bukit Bendera yaitu Pura Sri Aruroli Thirumurugan yang sudah ada sejak abad ke-18. Kuil ini dikenal sebagai bangunan kuil tertua di Pulau Penang.

Menurut sejarah, candi ini dibangun oleh pendatang dari India karena bangunannya bergaya Dravida. Pura ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Penang Hill Tour.

3. Bukit

Setelah menaiki kereta, wisatawan sampai di puncak bukit yang menjadi daya tarik utama wisata Penang Hill. Dari sini Anda dapat menikmati pemandangan kota Penang yang menakjubkan dari ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Jika ingin melihat pemandangan Bandar Georgetown lebih jelas, Anda bisa menyewa teropong atau teleskop seharga 2 ringgit Malaysia. Selain itu, wisatawan juga bisa mengambil foto dengan biaya layanan sebesar 5 ringgit Malaysia.

4. Jalan kanopi

Canopy Walk merupakan spot paling terkenal dalam tur Bukit Bendera Penang. Tempat wisata ini menampilkan keindahan pemandangan alam berupa hutan hujan tropis berusia 130 tahun. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan alam dan sejuk serta flora dan fauna.

Jangan lewatkan mencoba berjalan di Canopy Walk, jembatan pita terpanjang kedua di dunia. Jembatan sepanjang 230 meter dan tinggi 40 meter ini menyuguhkan pemandangan alam lembah, hutan, dan laut.

Menutup

Masih banyak tempat menarik di objek wisata Penang Flag Hill yang bisa Anda kunjungi. Mengingat daya tariknya yang beragam, tidak heran jika objek wisata Penang Hill banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button