Tempat Wisata

Penangkaran buaya di Asam Kumbang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Aktivitas atau pekerjaan yang intens yang Anda lakukan setiap hari seringkali menimbulkan rasa stres dan tekanan yang kuat dalam hidup Anda. Itulah mengapa liburan dianggap penting agar Anda bisa mengendurkan otot-otot tubuh dan menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa Sekaligus melepaskan penat. Keadaan kota yang penuh dengan kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan. Medan merupakan salah satu kota di Sumatera Utara yang bisa menjadi tujuan wisata yang tepat apalagi jika anda mencari objek wisata alam karena disana anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan dan menarik diantaranya yang akan kita bahas kali ini yaitu taman penangkaran buaya Asam Kumbang.

Tempat wisata Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang sendiri memiliki lokasi tepatnya di Jalan Bunga Raya II, Asam Kumbang, Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara. Jika anda menyukai wisata alam terbuka dan juga menyukai reptil, maka tempat ini bisa menjadi destinasi yang seru jika anda berlibur bersama keluarga terutama anak-anak, karena anda sangat senang bisa mempelajari hewan-hewan tertentu. Taman reptil ini bukan hanya terbesar di Sumatera tapi juga di Indonesia.

Sebagai taman reptil terbesar di Indonesia, jumlah buaya di sana bukan puluhan atau ratusan, melainkan ribuan, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Di taman reptil yang dibuka pada tahun 1959 ini, terdapat ribuan buaya yang juga siap berkembang biak. Jangan tanya lagi setelah makan, sekitar 1 ton daging setiap hari bisa lebih.

Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang juga merupakan salah satu obyek wisata terkenal di Kota Medan, sehingga banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke sana untuk melihat buaya saat musim liburan atau akhir pekan. 78 tangki, masing-masing dengan 10 hingga 15 buaya, didirikan di sana sebagai habitat reptil. Dan sebagian dibuat danau buatan agar buaya bebas berkeliaran kesana kemari, tapi jangan khawatir karena sudah dibangun pagar setinggi 3 meter di sekeliling danau agar tetap aman.

Beberapa buaya lokal juga dilatih, sehingga Anda bisa melihat daya tarik tempat wisata ini. Anda juga bisa melihat para pawang memberi makan buaya di sana. Selain buaya yang sudah besar, Anda juga bisa melihat buaya yang masih kecil sehingga tidak berbahaya. Untuk buayanya sendiri, kebanyakan adalah buaya muara dan buaya muara adalah yang paling diminati karena bentuknya yang unik karena tidak memiliki ekor.

Fasilitas di Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Soal fasilitas tempat wisata ini juga cukup lengkap, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir. Beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan adalah:

– Area parkir

Obyek wisata ini memiliki tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung. Tempat parkir juga dijaga oleh petugas sehingga aman.

– Masjid

Jika di tengah petualangan Anda di tempat ini ternyata waktunya sholat, bagi Anda yang beragama Islam bisa langsung menuju musala untuk menunaikan sholat.

– Kantin

Seseorang biasanya merasa haus atau bahkan lapar setelah menghabiskan waktu menonton buaya. Saat ini sudah ada kantin di tempat wisata ini yang menjual makanan ringan, makanan dan minuman.

– Akomodasi

Bagi Anda yang ingin menginap, Anda bisa menemukan beberapa penginapan atau hotel di dekat objek wisata ini dengan harga yang cukup berbeda.

– Toko hadiah

Rasanya ada yang kurang ketika kita meninggalkan museum dan galeri ini tanpa membawa oleh-oleh. Beruntung ada toko oleh-oleh yang bisa Anda beli untuk kerabat di rumah.

– Tempat peristirahatan umum

Fasilitas yang satu ini tidak kalah pentingnya. Untungnya Anda dapat menemukannya di sana.

Berburu foto di Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Saat ini rasanya pergi ke suatu tempat tanpa foto tidaklah cukup, apalagi mengunjungi tempat wisata alam dengan pemandangan yang menarik. Jadi jangan lupa bawa kamera atau handphone, tapi pastikan baterai cukup. Kemudian kamu bisa leluasa mencari foto keren di objek wisata Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Di areal seluas 2 hektar ini Anda bisa mendapatkan kesempatan foto yang menarik, misalnya saat melihat tangki tempat hidup buaya atau danau buatan yang penuh dengan buaya. Anda juga harus mengabadikan atraksi seru saat pawang memberi makan reptil ini untuk Anda kenang saat kembali. Memandikan buaya atau melihat buaya yang baru menetas juga tak kalah menarik untuk berfoto bersama. Ada juga kebun binatang mini dengan ular, monyet, penyu, dan penyu.

Cara mendapatkan akses penangkaran buaya Asam Kumbang

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi – Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Setia Budi Ps.I – Jl. Bunga Raya II – Buaya asam bug di penangkaran

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Tj. Mulia – Jl. Cemara-Jl. Amal Medan – Jl. Tahi Bonar Simatupang – Jl. Bunga Raya II – Buaya asam bug di penangkaran

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Amal Medan – Jl. Tahi Bonar Simatupang – Jl. Bunga Raya II – Buaya asam bug di penangkaran

Biaya masuk Penangkaran Buaya Asam Kumbang

  • Biaya masuk: Rp 5.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Buka Penangkaran Buaya Asam Kumbang

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Peta Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Tips mengunjungi Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi penangkaran buaya di Asam Kumbang adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh Anda tetap prima selama berlibur di Penangkaran Buaya Asam Kumbang.

Galeri foto penangkaran buaya Asam Kumbang di Medan

Selamat datang di Taman Buaya Asam Kumbang MedanTaman Buaya Asam KumbangPotret Kandang BuayaSuasana dengan pengunjung yang ramaiTempat foto terbaikKolam renang tempat berbayar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button