Berita Wisata

Pencarian wisatawan tenggelam di Pantai Trenggalek terhambat cuaca

Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA) – Pencarian wisatawan yang hanyut terbawa ombak saat berenang menikmati libur tahun baru di Pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu terpaksa dihentikan karena cuaca buruk, kata Penelusuran Trenggalek dan koordinator SAR Yoni Fahriza.

Empat perahu milik Basarnas, Polairud, dan perahu nelayan langsung berhenti di dermaga saat hujan disertai angin menerjang kawasan Teluk Prigi pada Minggu sekitar pukul 15.30 WIB.

Dia mengatakan pencarian akan dilanjutkan dan akan diperpanjang besok (Senin 01/02) hingga radius 5 hingga 6 kilometer di sekitar lokasi kejadian.

“Kami akan memperluas ke kedua sisi teluk. Biasanya kejadian (orang tenggelam) terjadi tidak jauh dari Teluk Prigi,” kata Yoni.

Baca juga: Seorang Remaja Tersapu Ombak di Pantai Prigi

Selain rawan badai, ombak di tepi Pantai Prigi cukup tinggi sehingga menyulitkan proses pencarian.

Akibatnya, upaya pencarian dan penyelamatan korban Angga Jefri yang masih hilang untuk sementara dihentikan.

“Gelombang yang disertai angin membuat proses pencarian tidak maksimal. Pencarian akan kami lanjutkan besok,” kata Kapolres Watulimo AKP Suyono saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.
Pencarian wisatawan hilang hanyut terbawa arus laut di Pantai Prigi Trenggalek, Kamis (01/01/2023) (ANTARA/HO – Polres Trenggalek)

Tak hanya menyisir kawasan Teluk Prigi menggunakan sampan dan perahu nelayan, para nelayan juga mencarinya dengan menebar jaring di sekitar perairan Prigi.

Empat kali drag net yang memiliki panjang lebih dari satu kilometer dikerahkan, namun tidak berhasil.

Peristiwa hilangnya wisatawan yang tersapu ombak di Pantai Prigi terjadi sekitar pukul 09.30 WIB.

Kejadian bermula saat Angga Jefri dan tiga rekannya (Faiz, Reno dan Ridho) sedang bermain air di Pantai Prigi bersama puluhan turis lain yang memenuhi kawasan wisata Pantai Prigi pagi itu.

Nasib buruk terjadi ketika tiba-tiba ombak besar menyapu. Banyak wisatawan yang langsung berhenti, ada pula yang melaju menuju pantai lalu digiring kembali ke laut.

Banyak yang mampu bertahan dan kembali ke tepian, namun tidak demikian dengan Angga dan tiga rekannya yang terbawa cukup jauh menuju pusat.

Mengetahui Angga Jefri, Faiz, Reno dan Ridho terseret ke laut dan tidak bisa berenang, tiba-tiba teman-teman mereka di pantai berteriak minta tolong.

Turis lain pun ikut histeris hingga petugas SAR Gabungan yang bersiaga tak jauh dari lokasi kejadian datang membantu.

Ketiga korban yang tersapu ombak berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke pantai. Namun, jenazah Jefri tidak dapat dijangkau tim penyelamat dan hanyut terbawa ombak ke laut.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button