Berita Wisata

Pencarian wisatawan yang digerakkan oleh Diamond Beach saat ini dibatasi oleh kondisi cuaca ekstrem

TRIBUNBALI.COM, MANGUPURA – Tim SAR Gabungan terus melakukan pencarian terhadap dua korban wisatawan yang hanyut di Pantai Diamond, Nusa Penida, Klungkung, Selasa (3/1/2023) lalu.

Pada hari ketiga, upaya pencarian tim SAR gabungan terhadap korban tersebut tidak membuahkan hasil.

“Sementara hasilnya masih nol. Cari dengan menyisir sepanjang pantai, mengawasi dari atas tebing dan mengerahkan RIB untuk menyapu laut,” kata Koordinator Satuan Siaga SAR Nusa Penida Cakra Negara kepada tribunbali.com, Kamis, 5 Januari 2023.

“Untuk hari ketiga, kami melanjutkan pencarian dengan melibatkan dua tim,” lanjutnya.

Tim pertama dari tim SRU darat melakukan pengawasan di atas dan di bawah pantai, hingga ke puncak tebing hingga menemukan benda atau hal yang mencurigakan.

Kemudian SRU yang kedua adalah melakukan pencarian menggunakan RIB.

SAR Nusa Penida melakukan pencarian korban yang hanyut terbawa arus di Diamond BeachTangkapan layar video SAR Nusa Penida mencari korban hanyut terbawa arus di Diamond Beach, Nusa Penida, Klungkung

“Sebelumnya kami juga melakukan pencarian dari LKP (Last Know Position) atau lokasi kejadian hingga memasuki teluk, namun terkendala cuaca karena di perairan sebelah timur Nusa Penida cuaca berubah-ubah. Angin tiba-tiba kencang dan arusnya cukup kuat karena kondisi cuaca yang ekstrim,” tambah Cakra Negara.

Itulah masalahnya sehingga kami tidak bisa bermanuver di luar sana dan menyesuaikan diri untuk waktu yang lama.

“Saat ini angin sangat kencang disertai hujan ringan dan itu menjadi kendala dalam penelitian ini,” ujarnya.

Informasi kejadian dua wisatawan hanyut terbawa arus saat berenang di Diamond Beach, Nusa Penida, Klungkung dilaporkan Wayan Muda pada Selasa (3/1/2023) sekitar pukul 13.00 WITA.

“Pada hari Selasa tanggal 3 Januari 2023 sekira pukul 12.30 WITA, dilaporkan tiga orang wisatawan hanyut terbawa arus saat mandi di Diamond Beach Kabupaten Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Satu orang diketahui berhasil kembali ke darat dan dua orang hanyut di tengah,” kata Cakra Negara.

Setelah mendapat laporan, tim rescue Satuan Siaga SAR Nusa Penida turun ke lokasi dengan membawa 4 orang petugas dengan perkiraan waktu kedatangan petugas sekitar pukul 14.00 WITA.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button