Tempat Wisata

Pendhapa Art Space, nikmati keajaiban berbagai karya seni unggulan di Bantul

Pendhapa Art Space menawarkan pengalaman aktivitas yang menyenangkan sebaik terkesan dengan seni menarik yang dimilikinya.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Glugo, Panggungharjo, Kec. Sewon, Cab.Bantul, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Sebenarnya bisa dikatakan bahwa karya seni Indonesia cukup unik dan menarik. Kota yang kaya akan karya seni adalah Jogja. Nah bagi para pecinta seni, jangan lewatkan kota ini dengan tempat-tempat menariknya, terutama Pendhapa Art Space yang sangat direkomendasikan.

Di kota seniman Yogyakarta. Wisatawan dapat memperoleh berbagai macam pengetahuan seni karena ruang seni dilengkapi dengan sangat baik. Lokasinya sendiri bisa dibilang sangat strategis dan sangat mudah dijangkau.

Penasaran apa saja isinya? Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tujuan wisata dan edukasi untuk lebih memperdalam pemahaman seni rupa Indonesia.

Atraksi Pendhapa Art Space

Atraksi Pendhapa Art SpaceSumber gambar: Twitter Ruang seni pendhapa

Tak lengkap membicarakan destinasi tanpa mengetahui pesonanya. Anjungan seni di Jogja ini akan membekas jelas bagi wisatawan dengan daya tariknya, yaitu:

1. Memiliki karya seni unggulan

Surga pecinta seni terletak di kota Jogja, lebih tepatnya di Pendhapa Art Space Jogja. Karya seni yang disimpan di sini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Susunan karya seni yang menarik mampu memukau wisatawan yang mengunjunginya.

Hal ini dikarenakan karya seni seperti lukisan, patung, ukiran dan lain-lain yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Kerennya, dekorasi yang ada memiliki perpaduan warna dan corak yang sangat menarik.

2. Ada pameran

Wisatawan tidak akan bosan di tempat ini, meski banyak kesenian yang bisa dilihat. Daya tarik lain, bagaimanapun, adalah, seperti di masa lalu, Pendhapa sering menyelenggarakan pameran dengan tema tertentu.

Pameran ini berisi berbagai lukisan yang ditempatkan di setiap sudut ruangan. Subjek lukisannya juga beragam. Nuansa yang ditentukan tetap tematik monokrom, namun tetap memiliki keunikan tersendiri.

Biasanya, pameran seni adalah pameran seni rupa dan seni rupa kontemporer. Ada juga agenda rutin yaitu pentas seni, residensi seniman, pameran seni, pemutaran film dan diskusi

Pameran dengan tema yang berganti-ganti sering diadakan di Pendhapa ini. Dengan cara ini, wisatawan dapat menikmati kunjungan yang menyenangkan di sepanjang jalan.

3. Memiliki 3 showroom

Di dalam Pendhapa Art Space ternyata masih terbagi menjadi beberapa ruangan. Secara total, Pendhapa memiliki tiga ruang pameran. Yang pertama adalah ruangan di dekat pintu masuk utama dan dua lainnya di lantai atas.

Di ruang pertama, dekat pintu masuk, terdapat berbagai karya seni yang menarik. Sedangkan ruang-ruang lain sering digunakan untuk kegiatan lain selain digunakan sebagai tempat pameran seni.

Karena Pendhapa sering melakukan berbagai macam kegiatan seru di bidang kreatif. Misalnya, wisatawan dapat mengadakan diskusi, lokakarya, dan topik lain yang berkaitan dengan seni. Jadi sayang sekali jika pecinta seni melewatkan destinasi wisata yang satu ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pendhapa Art SpaceKredit foto: Instagram Nukabangsawan

Untuk mengunjungi tempat seni menarik di Jogja ini, wisatawan bisa mengetahui terlebih dahulu alamatnya. Tepatnya ada Ring Road Selatan di Jalan Prof DR Wirjono Prodjodikoro, RT 01 Tegal Krapyak, Glugo, Panggungharjo. Kecamatan Sewon, Bantul.

Jika Anda berada di pusat Kota Yogyakarta, Anda hanya perlu berkendara sejauh 6,5 km atau sekitar 20 menit. Untuk rute yang bisa dilalui yaitu Jalan Bugisan Selatan dan Jalan Parangtritis. Jalannya juga bagus jadi bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi.

Biaya masuk ke objek wisata

Wisatawan dapat mengunjungi Pendhapa Art Space Gallery pada hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 09:00 – 21:00 tergantung jam operasional. Sebenarnya kawasan wisata ini merupakan tempat umum yang bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Dan bisa dikatakan aksesnya gratis karena tidak ada biaya untuk tiket masuknya. Wisatawan tinggal masuk dan menikmati setiap kesenian yang ada. Bahkan, tidak ada biaya parkir untuk parkir.

Aktivitas menarik di Pendhapa Art Space

Aktivitas menarik di Pendhapa Art SpaceKredit foto: Instagram khalisa.musfira

Jika melihat uraian di atas, mungkin Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Pendhapa Art Space ini. Namun, masih banyak aktivitas seru lainnya bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini seperti:

1. Kunjungi pameran seni

Hal pertama yang dapat Anda lakukan, seperti dijelaskan di atas, adalah melihat pameran seni. Berbagai jenis pameran mulai dari pameran seni rupa, pameran seni rupa kontemporer dan lain-lain telah disediakan untuk para wisatawan.

Nah, selain karya seni yang ada di lantai dasar, ternyata kalau ke lantai dua otomatis bisa melihat pameran seni yang sedang berlangsung. Menariknya, pameran seni ini memiliki tema yang berbeda-beda dan tentunya sangat menarik.

2. Jalankan agenda rutin

Pameran seni sebenarnya merupakan bagian dari program reguler Pendhapa. Namun, ada juga program rutin lain yang bisa diikuti wisatawan. Misalnya pentas seni, pemutaran film dan lain-lain merupakan agenda rutin yang dilakukan bersamaan dengan pameran.

Tidak sulit untuk mendapatkan timeline agenda rutin ini seperti yang bisa dilihat di media sosial Pendhapa Art Space. Bahkan bisa dikatakan pengelola Pendhapa sangat modern karena selalu mengupdate agenda di akun media sosial.

Dengan demikian, potensi wisata dapat dengan mudah dikembangkan dan menarik lebih banyak kunjungan wisatawan, karena tempat menarik ini sering diperbarui dengan informasi.

3. Melaksanakan kegiatan tertentu

Kunjungan yang paling sering datang dari kalangan muda. Tempat hits ini memiliki nilai seni yang kuat, namun anak muda memanfaatkannya dengan baik. Kegiatan menarik seperti gathering, acara ulang tahun, buka puasa dan lain-lain.

Tempat ini menawarkan ruang yang dapat digunakan secara bebas sehingga menarik banyak perhatian dari berbagai kalangan.

4. Bermalam di daerah Pendhapa

Ruang yang dimiliki oleh Pendhapa Art Space ini ternyata sering digunakan untuk persewaan acara. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Oleh karena itu, demi kenyamanan wisatawan, pihak pengelola juga menyediakan guest house.

Fungsi guest house sendiri adalah untuk wisatawan yang ingin menginap. Selain itu, bagi yang ada acara di Pendhapa dan ingin beristirahat dengan nyaman bisa menggunakan guest house yang disewa pengelola.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Ruang Seni PendhapaSumber gambar: Google Maps meda agustinna

Meski bisa masuk gratis dengan akses yang mudah, pendhapa ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Memiliki fasilitas umum seperti mushola dan toilet yang bersih. Dengan begitu, wisatawan bisa merasa nyaman meski menginap di tempat ini.

Mengunjungi tempat wisata Pendhapa Art Space memang sangat menyenangkan. Selain melakukan aktivitas yang sudah direncanakan, ternyata kamu juga bisa menambah wawasan dengan karya seni dan program rutin yang dilakukan di sini agar liburan terasa lebih berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button