Tempat Wisata

PENDOPO CIHERANG Tujuan Wajib Tinggal di Sentul Januari 2023

Biaya masuk Balai Ciherang: Rp 15.000 – Rp 100.000. Jam buka: 08.00 – 17.00. Nomor telepon: +62 813-8597-7651. Alamat: Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810.

Balai Ciherang adalah sebuah penginapan dan kafe di tepi sungai di kawasan Babakan Madang, Bogor. Tempat wisata ini baru dibuka pada pertengahan tahun 2020 dan tidak jauh dari kota namun memiliki nuansa alam yang bagus. Sangat cocok untuk dijadikan sasaran mengunjungi akhir pekan singkat dengan pasangan atau keluarga.

Tiket masuk Balai Ciherang

Sebagai tempat wisata, Pendopo Ciherang membutuhkan tiket masuk. Tiket ini berlaku untuk pengunjung yang tidak berencana menginap.









Biaya masuk ke Balai Ciherang
Tiket masuk untuk anak-anak Rp 25.000
Tiket dewasa Rp30.000
Tiket keluarga Rp 100.000
Tiket masuk untuk berenang Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk MANDAPA KIRANA Sentul, Aktivitas dan Fasilitas Lengkap

jam buka

Pendopo Ciherang dibuka untuk umum setiap hari. Bagi pengunjung yang tidak bermalam, tempat ini buka dari pagi hingga malam. Jika cuaca tidak mendukung, wilayah sungai akan ditutup. Jadi hindari berkunjung saat musim hujan.






jam operasi
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Balai Ciherang

Balai CiherangPendopo Ciherang menawarkan akomodasi, kafe dan restoran, serta sejumlah wahana menarik untuk liburan keluarga di kawasan Bogor – Foto: Google Maps/Mirhan Fauzi

Memang, Bogor adalah tujuan liburan populer bagi penduduk kota besar sekitarnya. Selain dekat dan mudah dijangkau, Bogor menawarkan beragam pilihan destinasi wisata. Tak heran jika kota ini sering menjadi tujuan wisata mengunjungi. Pendopo Ciherang yang terletak di Babakan Madang menambah daftar destinasi wisata di kota hujan tersebut.

Pendopo Ciherang merupakan kawasan wisata yang terdiri dari penginapan dan rumah makan. Berada di daerah pegunungan, yang memiliki suasana sejuk dan asri. Ditambah lagi dengan letaknya yang menempati area pinggir sungai yang sejuk. Selain itu, spot dengan desain yang menarik menambah nilai destinasi wisata Instagramable.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Aktivitas CURUG CIHERANG Bogor

Lima pilihan bungalo

Rumah empat dan limaAda lima penginapan di Pendopo Ciherang yang menghadap ke sungai dan perbukitan – Foto: Google Maps/Def Bow

Untuk ukuran tempat wisata alam, tiket masuk Balai Ciherang tidaklah murah. Sehingga menjadikan tempat ini sebagai destinasi sangat dianjurkan mengunjungi. Dengan cara ini, pengunjung dapat sepenuhnya menikmati semua fasilitas yang tersedia.

Ada 5 bungalow dengan kapasitas 2-4 orang. Setiap bungalo memiliki desain bangunan yang sedikit berbeda. Secara keseluruhan, mereka semua memiliki karakteristik yang serupa. Hanya saja, Rumah Tiga memiliki gazebo tambahan tepat di depan kolam renangnya.

Kolam renang adalah kolam standar tanpa tambahan wahana. Kolam dalam untuk anak-anak lebih kecil. Sambil berenang, pengunjung bisa menikmati udara segar dan pemandangan alam sekitar.

Baca Juga: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun PUTRI KENCANA Sentul

Ruang makan

Kali Pendopo CiherangPemandangan sungai yang mengiringi Balai Ciherang – Foto: Google Maps/edi supriyanto

Tempat menginap tentu kurang lengkap jika tidak memiliki tempat makan. Ada sebuah kafe bernama konsep Semi-outdoor di sini Ruang makan. Hampir seluruh ruang makan berada dalam satu area terbuka. Bahkan beberapa meja kursi berada tepat di pinggir sungai yang dangkal.

Ada juga area seperti teras dengan posisi menjorok ke sungai. Duduk di kawasan ini, pengunjung serasa sedang makan di atas sungai. Untuk menciptakan suasana makan yang unik dengan suara gemericik air sungai yang mengalir di bawah kaki Anda.

Menunya sekarang cukup banyak dan bervariasi. Tersedia aneka nasi, lauk pauk, snack, serta kopi dan non kopi. Semua hidangan yang tepat untuk kenikmatan rekreasi.

Baca Juga : Tiket Masuk GUNUNG PANCAR Sentul dan Beragam Aktivitasnya

Tur tepi sungai

Aliran sungai yang jernihSelain asyik di pinggir pantai, pengunjung bisa turun dan bermain air sungai jika cuaca memungkinkan – Foto: Google Maps/Fandy Irawan

Daya tarik utama Pendopo Ciherang adalah lokasinya yang berada di tepi sungai kecil. Sungai ini dipagari oleh bukit-bukit hijau. Aliran air alaminya masih sangat bersih dan jernih. Ditambah lagi dengan bebatuan besar yang tersebar di sepanjang aliran sungai.

Tempat perlindungan dibangun di sekitar sungai. Pengunjung dimanjakan dengan riak air dan suasana hutan yang asri. Lalu ada jalan setapak yang dibangun di tepi sungai. Daerah ini sering menjadi tempat populer untuk menikmati pemandangan dan mengambil foto.

Ada juga akses ke sungai dari jalur ini. Sehingga pengunjung bisa turun ke sungai dan bermain air sepuasnya. Untuk menikmati kesempatan ini, disarankan untuk datang pada akhir musim kemarau. Karena akses ini hanya dibuka saat cuaca cerah.

Baca Juga: Tiket Masuk VILLA KHAYANGAN dan Aneka Wahananya

Galeri Mini & Flying Fox

Seri foto Presiden IndonesiaGaleri mini sejarah dan budaya Indonesia – Foto: Google Maps/Adhitya Mukti Wibowo

Selain sarana rekreasi, Pendopo Ciherang membuka galeri. Setidaknya ada dua galeri kecil dengan tema yang berhubungan dengan Indonesia. Ada foto-foto presiden Indonesia, koleksi figur pesawat tempur, dan senjata tradisional.

Wahana lainnya adalah Flying Fox yang membentang di seberang sungai. Pengunjung yang ingin menguji adrenalin bisa mencoba wahana ini. Meski lintasannya tidak terlalu panjang, namun ketinggiannya cukup membuat badan gemetar lho.

Baca Juga: Tiket Masuk NIRVANA VALLEY dan Wahana Lengkap

Fasilitas di Pendopo Ciherang

Fasilitas utama Pendopo Ciherang antara lain akomodasi, kolam renang dan kafe. Ada juga area sungai, galeri mini dan wahana flying fox untuk menambah rekreasi. Tempat parkir, toilet, dan mushola tersedia sebagai fasilitas pendukung. Pendopo Ciherang juga menawarkan pertunjukan live music pada hari-hari tertentu.

Baca Juga : 29 TEMPAT WISATA Paling Spektakuler di BOGOR

Lokasi Balai Ciherang

Balai Ciherang terletak di Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lokasinya berada di sebelah timur Gunung Pancar, Sentul. Bisa ditempuh sekitar 1 jam dari Bogor dan 2 jam dari Jakarta. Jalannya sempit sehingga disarankan menggunakan kendaraan pribadi kecil atau roda dua.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button