Berita Wisata

Pengabdian masyarakat prodi arsitektur Polnes, desain spot foto air terjun Kandua Raya

TRIBUNKALTIM.CO – Senin (31/10/2022), Program Studi Arsitektur Gedung Politeknik Negeri Samarinda berkunjung ke Desa Kedang Ipil untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai rangkaian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Desa Kedang Ipil terletak di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Sebagai desa berusia berabad-abad yang kaya akan adat dan budaya, atau dikenal sebagai desa yang menjadi cikal bakal suku Kutai, Kedang Ipil memiliki pesona alam yang masih terjaga dengan baik.

Salah satunya saat ini menjadi objek wisata alam, Air Terjun Kendua Raya.

Baca Juga: PDRB Prodi Arsitektur Gedung Polnes, Pembuatan Gerbang dan Spot Foto di Air Terjun Kandua Raya

Layanan ini berfokus pada perancangan spot foto sebagai peningkatan fasilitas objek wisata air terjun Kandua Raya.

Keadaan air terjun yang dipengaruhi oleh iklim sekitar membuat perlu adanya alternatif wisata, spot foto bisa menjadi alternatif aktivitas di kawasan ini.

Site survey, pemilihan spot dilakukan sebagai titik awal dalam proyek desain, terkait dengan hubungan antara kondisi lapangan dan konsep desain untuk menciptakan sinergi dengan lingkungan.

Pertimbangan bahan lokal mengingat sumber daya yang tersedia secara lokal cukup melimpah.

Hal ini dilakukan tidak hanya agar semua kegiatan kemudian dapat terlaksana dengan baik, namun diharapkan penerapan konsep ekologi arsitektur dapat meminimalisir dampak kerusakan lingkungan dengan mengintegrasikan (desain) dengan proses kehidupan.

Baca Juga: Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat, Prodi Arsitektur Polnes Rubah Kantor Desa Purwajaya

Dampak positif lainnya adalah dapat memberikan unsur lokal yang kuat, menggambarkan identitas destinasi wisata di desa tersebut.

Anna Rulia, ST, M.Si, Ketua PKM dan Dosen Program Studi Arsitektur Gedung Polnes mengatakan, dalam mendesain spot foto yang akan dibangun, diharapkan dapat menjadi incaran masyarakat untuk memenuhi keinginannya. untuk berfoto selfie.

Disadari atau tidak, hasil selfie tersebut akan dikirim atau diunggah untuk menunjukkan eksistensinya di jejaring sosial dan menjadi media iklan yang efektif untuk mempresentasikan potensi wisata air terjun Kendua Raya menjadi lebih luas dan lebih cepat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button