Berita Wisata

Pengalaman perjalanan di halte bus Tosari yang bentuknya seperti kapal pesiar

KOMPAS.com – Setelah direvitalisasi sejak April 2022, Halte Tosari baru resmi dibuka untuk umum pada Senin (26/12/2022).

Halte Tosari kini hadir tidak hanya sebagai lokasi penjemputan dan penurunan penumpang bus transjakarta, tetapi juga sebagai halte. kotak instagrammable karena arsitekturnya yang unik hampir seperti kapal pesiar.

Baca juga :

Penasaran dengan wajah baru halte Tosari, Kompas.com berkesempatan singgah di lokasi halte Tosari terbaru di kawasan Sudirman Jakarta Pusat.

Arsitekturnya mirip kapal pesiar dengan 2 platform

Tosari berhenti menuju Bundaran HI.DERMAGA. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Tosari berhenti menuju Bundaran HI.

Momen Kompas.com datang ke lokasi, Jumat (30/12/2022), desain halte Tosari dilengkapi dua platform yang membuatnya lebih mirip kapal.

Paviliun pertama menghadap ke monumen Selamat Datang, sedangkan paviliun kedua menghadap lalu lintas dan gedung bertingkat di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin.

Sepintas, arsitektur halte Tosari mirip dengan arsitektur halte bundaran HI. Selain itu, kedua halte tersebut saling berhadapan dan dipisahkan oleh bundaran HI.

Baca juga :

Namun kedua halte tersebut berbeda, baik dari segi letak, ukuran maupun bentuk bangunannya.

Salah satu bagian terpenting dari halte Tosari adalah ujung halte yang menyerupai jembatan mengirimkan.

Dua peron halte Tosari menawarkan pemandangan lanskap lalu lintas kota Jakarta dari ketinggian.

Masuk untuk mengakses tempat yang instagramable Pemberhentian Tosari

Pengunjung Halte Tosari melapor ke pintu masuk sebelum naik ke lantai 2.DERMAGA. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Pengunjung halte Tosari melapor ke pintu masuk sebelum naik ke lantai 2.

Saat memasuki halte Tosari, pengunjung akan diminta ketik (tempel) Kartu uang elektronik (KUE) seperti penumpang bus transjakarta. Setelah itu, pengunjung dapat masuk dan melihat desain baru Halte Tosari.

Halte Tosari terdiri dari dua lantai, lantai satu khusus untuk naik turun penumpang bus transjakarta.

Sedangkan lantai dua diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin berfoto.

Baca juga: 50 Tempat Wisata Populer di Jakarta, dari Alam Hingga Sejarah

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, Halte Tosari tidak terlalu luas bahkan lebih kecil dari halte Gelora Bung Karno. Namun halte bus Tosari diperpanjang.

Tiga akses disediakan bagi pengunjung jika ingin naik ke lantai dua halte Tosari, yaitu tangga, eskalator, dan lift prioritas.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button