Berita Wisata

Pengembangan ke Gunung Payung, Pantai Pandawa akan menjadi kawasan wisata terpadu

Rencana induk pengembangan DTW Pantai Pandawa itu disampaikan di hadapan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di ruang rapat rumah dinas bupati.

MANGUPURA – Kawasan Daya Tarik Wisata (DTW) Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, akan dikembangkan menjadi Kawasan Wisata Terpadu Berkelanjutan (PISTA) Pandawa.

Rencana induk pengembangan DTW Pantai Pandawa, Selasa (22/11/2022) disampaikan di hadapan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di ruang rapat rumah dinas bupati.

Penyerahan dilakukan oleh Kepala Desa Adat Kutuh I Nyoman Mesir didampingi oleh Kepala Desa Kutuh I Wayan Mudana. Berdasarkan masterplan yang disampaikan oleh PISTA, terdiri dari tiga komponen utama. Yakni, Komunitas Pandawa (Pandawa Central), Pandawa Management dan Pandawa Eco-Tourism (Gunung Payung). Luas PISTA hingga kawasan Gunung Payung mencapai 60 hektare.

Pengembangan dan realisasi PISTA merupakan proyek jangka panjang yang diharapkan dapat dilaksanakan dari tahun 2023 hingga tahun 2037.

“Kami berharap dapat mulai menganggarkan perubahan PDBA 2023,” kata Mesir.

Penataan di kawasan pusat Pantai Pandawa menurutnya tidak begitu banyak, hanya lanskap lanskap, serta kios-kios pedagang.

Sedangkan yang diperkirakan membutuhkan banyak anggaran adalah penataan di kawasan Gunung Payung.

Di kawasan ini akan dibangun antara lain pembangunan area parkir komersial terpadu, revitalisasi amphitheater, revitalisasi lapangan sepak bola, pengembangan area camping dan fasilitas pendukung lainnya.

Sementara itu, Bupati Giri Prasta yang didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Pertanahan (PUPR) IB Surya Suamba mengatakan, masterplan yang disampaikan harus benar-benar memenuhi kebutuhan warga Kutuh.

“Saya ingin masterplan ini sesuai dengan keinginan masyarakat. Karena masyarakat Desa Kutuh akan memiliki dan memanfaatkannya,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta mengingatkan satu hal tentang fasilitas MCK yang secara kuantitas dan kualitas harus benar-benar memadai.

Selain itu, bupati juga meminta tanaman yang nantinya akan dimanfaatkan, salah satunya udang cemara. Karena akan menambah estetika kawasan. (tempat tidur/jon)

Seperti itu:

Saya suka memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button