Berita Wisata

Pengunjung Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi meningkat 5 kali lipat

Banyuwangi

Libur tahun baru dimanfaatkan warga Banyuwangi untuk mengunjungi destinasi wisata. Salah satunya adalah Grand Watu Dodol (GWD). Berbeda dengan hari libur lainnya, di GWD, tamasya meningkat 5 kali lipat.

Pengunjung dari berbagai penjuru Jawa Timur dan sekitarnya datang ke destinasi yang menghadap ke Selat Bali ini.

Ketua Pokdarwis Pengurus GWD Abdul Azis mengatakan, jumlah pengunjung hingga siang hari sekitar 5.000 orang. Jumlah ini dikalikan lima dibandingkan dengan akhir pekan.

“Kalau weekend pengunjungnya sekitar seribuan. Jadi kenaikannya cukup signifikan,” kata Azis kepada wartawan, Minggu (1/1/2023).

Bahkan, pengelola GWD sempat menutup tur destinasi wisata karena membludaknya jumlah pengunjung. Terakhir pengelola melanjutkan dengan sistem buka tutup, pengunjung yang keluar digantikan oleh pengunjung lainnya.

“Tadi sekitar tengah hari pengunjung sudah penuh. Jadi sekarang kita buka tutup. Kalau ada pengunjung yang keluar, pintu masuk kita buka lagi,” lanjut Azis.

Azis mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan pada Tahun Baru ini merupakan yang tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Selama dua periode pergantian tahun sebelumnya, kunjungan wisatawan ke Banyuwangi melambat akibat pandemi COVID-19.

“Dua tahun lalu, saat tahun baru, hanya ada sekitar 200 hingga 300 pengunjung,” katanya.

Azis menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut libur tahun baru kali ini. Salah satunya, menambah hiburan untuk memanjakan wisatawan. Salah satunya adalah pertunjukan musik live yang berlangsung dari pagi hingga malam.

Pada libur tahun baru ini, pihak manajemen juga menaikkan harga tiket dari Rp 5.000 per orang menjadi Rp 7.500 per orang.

“Dan masuknya pengunjung kali ini sesuai dengan perkiraan kami. Mungkin karena orang sudah rindu pergi berlibur setelah dua tahun pandemi,” lanjutnya.

Pantai wisata GWD menawarkan wisata ke dua pulau yaitu Tabuhan dan Menjangan. Di sana, wisatawan bisa menikmati berbagai hal mulai dari diving hingga yang lainnya.

“Untuk trip tarifnya Rp 250.000 per orang. Kami sediakan 26 kapal untuk trip hari ini,” lanjutnya.

Wahyu, seorang pengunjung asal Jember, mengatakan dirinya berlibur di GWD bersama keluarganya untuk menikmati liburan tahun baru.

“Dua tahun ini tidak ada artinya. Jadi setiap ada waktu, kami menghabiskan waktu bersama keluarga untuk berlibur. Salah satunya liburan ke sini,” kata Wahyu.

Ikuti berita menarik lainnya di Google News.

Simak Video “Larangan Perayaan Tahun Baru, Wali Kota Makassar Gelar Sholat Bersama”
[Gambas:Video 20detik]
(abq/lemak)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button