Berita Wisata

Pengunjung Taman Umbul Madiun akan meningkat 50% saat liburan Natal dan Tahun Baru

Kabupaten Madiun (ANTARA) – Jumlah pengunjung Taman Wisata Umbul di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur meningkat signifikan pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang bertepatan dengan libur sekolah.

Manajer Pemasaran Taman Wisata Umbul Madiun atau Lapangan Umbul Madiun, Agus Mahendra di Madiun, Jumat mengatakan, peningkatan jumlah pengunjung mencapai 50 persen dibandingkan hari biasa.

“Jumlah pengunjung weekday mencapai puncak sekitar 500 orang. Selama liburan Natal, 25 dan 26 Desember hingga menjelang tahun baru rusa ini tercatat naik menjadi sekitar 1.000 hingga 1.100 orang setiap harinya,” kata Agus.

Menurut dia, peningkatan jumlah pengunjung secara umum terjadi sejak dimulainya liburan sekolah pada 19 Desember 2022. Namun peningkatan yang signifikan terlihat pada libur Natal pada 25 Desember.

Ia memperkirakan pengunjung Taman Umbul masih akan banyak hingga Tahun Baru 1 Januari 2023 mendatang. Pengunjung tidak hanya datang dari Madiun melainkan dari sejumlah daerah lain seperti Magetan, Ponorogo, Ngawi dan kota lainnya.

Dia menilai, peningkatan pengunjung dipengaruhi oleh banyaknya permainan yang ditawarkan oleh Pengelola Taman Wisata Umbul. Pengelolaan terus berbenah untuk menarik wisatawan ke tempat wisata yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Apalagi keberadaan kebun binatang kecil di Umbul yang merupakan lembaga konservasi satwa dilindungi juga sangat menarik bagi pengunjung untuk menjadi sarana belajar tentang satwa liar.

Sementara itu, sejumlah wahana tersedia di Umbul, antara lain wahana kolam renang, taman bermain, paviliun untuk istirahat, dan kebun binatang kecil atau “mini zoo” dengan koleksi satwa yang cukup banyak. Ada sejumlah koleksi satwa di Kebun Binatang Umbul Kecil, antara lain monyet jawa, kelinci, ular piton, burung merak, rusa totol, buaya, dan berbagai jenis aves.

Salah satu pengunjung Ponorogo, Vita Tri, mengaku puas dengan kondisi Taman Wisata Umbul saat ini. Selain banyaknya wahana yang ditawarkan, persediaannya juga lebih bersih dan nyaman.

“Lokasinya strategis, tidak jauh tapi fasilitasnya lengkap. Yang utama adalah kebun binatang mini. Sangat bagus untuk mengenalkan anak-anak dengan binatang saat liburan seperti ini,” ujar Vita.

Faktor menarik lainnya adalah harga masuk yang sangat terjangkau. Pengelola Taman Wisata Umbul mematok tiket masuk sebesar Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 pada akhir pekan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button