Berita Wisata

Penjaga Pantai Spanyol menyelamatkan 3 ‘Stowagons’ di atas kapal tanker setelah 11 hari di laut

News6-Tiga pria yang menjadi ‘bunga’ di sebuah kapal tanker minyak telah diselamatkan oleh otoritas Spanyol. Saat ditemukan, ketiganya sedang duduk di belakang kemudi kapal yang berlayar dari Lagos, Nigeria, menuju Kepulauan Canary, Spanyol.

Menurut situs pelacakan kapal Lalu Lintas Laut, para migran telah berada di laut selama 11 hari. Sebuah foto yang dibagikan oleh Penjaga Pantai Spanyol menunjukkan ketiga pria itu duduk di belakang kemudi kapal tanker berbendera Malta Alithini II, yang berlabuh di Las Palmas. Tidak diketahui apakah orang-orang tersebut menghabiskan seluruh perjalanan dengan duduk di kemudi kapal.

Kantor berita Spanyol EFE sejak itu melaporkan bahwa penumpang gelap Nigeria diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit tempat mereka dirawat karena dehidrasi sedang dan hipotermia. ** Baca juga: Ngeri! “Invasi” ratusan buaya di pantai Amerika Selatan

Salvamento Maritimo, badan penyelamat maritim Spanyol, mengatakan telah menangani enam kasus serupa dalam dua tahun terakhir. Sofia Hernandez, yang menjalankan pusat koordinasi layanan di Las Palmas, mengatakan para migran cenderung berlindung di struktur mirip kotak di sekitar setir.

Hernandez mencatat bahwa bepergian dengan cara ini “sangat berbahaya” karena penumpang gelap tetap terpapar cuaca buruk dan laut yang ganas. Selain itu, tergantung pada berat kargo di atas kapal tanker, kemudi mungkin benar-benar terendam air, menimbulkan bahaya yang signifikan bagi imigran ilegal.

Txema Santana, jurnalis dan penasihat migrasi ke Kepulauan Canary, mengatakan ini bukan upaya pertama penumpang gelap untuk melakukan perjalanan berisiko, dan bukan yang terakhir. Menurut catatan Santana, mereka semua tidak akan memiliki “keberuntungan yang sama”.

Seperti yang kita ketahui, Kepulauan Canary Spanyol telah menjadi “gerbang” populer bagi para migran Afrika yang mencoba memasuki Eropa. Menurut Organisasi Migrasi Internasional, sejak 2014, sekitar 2.976 migran meninggal atau hilang setelah upaya penyeberangan yang gagal.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol melaporkan bahwa 11.600 orang telah mencapai pulau-pulau Spanyol dengan perahu sepanjang tahun ini, karena migrasi ke pulau-pulau tersebut diyakini telah meningkat sebesar 51% dalam lima bulan pertama tahun 2022, dibandingkan tahun lalu. (ilj/bbs)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button