Berita Wisata

Perbandingan Honda WR-V, Toyota Raize, Kia Sonet: Mana yang Lebih Layak Beli?

Uzone.idAlih-alih memilih pengembangan low MPV, Honda mencoba konsisten bermain di segmen SUV. Dan kali ini, segmen small SUV menjadi andalan siluet WR-V.

Namun, kedatangan WR-V bukanlah prestasi kecil, SUV mungil Honda ini harus bertarung dengan kompetitor yang tak bisa dipandang sebelah mata. Sebut saja Toyota Raize dan juga dari Korea, Kia Sonet.

Nah, mari kita bandingkan ketiga SUV mungil ini, mulai dari harga, mesin, dimensi, hingga fitur.

BACA JUGA: Hasil Uji Hybrid Wuling Almaz di Sirkuit Ancol E-Prix

Harga: Kia Sonet Termahal

Honda mematok harga tertinggi tipe WR-V Rp 309,9 juta untuk tipe Honda Sensing CVT RS. Kisaran harga yang cukup mengejutkan untuk merek Honda.

Sementara itu, Toyota mematok harga Raize dengan kisaran harga sebelas-dua belas dengan Honda WR-V. Kenaikan terbesar pada GR Sport CVT TSS dibanderol Rp 302,5 juta.

Nah, justru yang dari Korea yaitu Kia Sonet yang memiliki harga termahal dari ketiga small SUV ini. Kia dibanderol dengan harga tipe Sonet tertinggi Rp 343 juta untuk tipe Premiere IVT.

Mesin: Honda WR-V paling bertenaga

Sektor mesin tak kalah menarik dan menjadi pertimbangan serius bagi calon pembeli. Dari ketiganya, hanya Toyota Raize yang menggunakan mesin yang lebih kecil, namun didukung oleh turbo.

Toyota membekali Raize dengan mesin turbo 3 silinder 998cc. Mesin ini memiliki output 98 PS dan torsi 140 Nm.

Selanjutnya, Kia Sonet mengusung mesin 1.497cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 115hp dan torsi 144Nm.

Terakhir, Honda WR-V juga menggunakan mesin berkapasitas sama dengan Sonet, yakni 1.497cc 4 silinder, menghasilkan tenaga 121hp dan torsi 145Nm.

Dari segi tenaga, Honda WR-V jauh lebih unggul dengan 121 PS, sedangkan untuk torsi, ketiga mobil ini memiliki output yang hampir menyamai, yakni di kisaran 140 Nm.

Dimensi: Kia Sonet terbesar

Kia Sonet bisa berbangga karena memiliki dimensi lebih besar dari WR-V dan Raize. Dimensinya adalah panjang 4120mm, lebar 1790mm, dan tinggi 1642mm.

Sedangkan Toyota Raize memiliki dimensi panjang 4030mm, lebar 1710mm, dan tinggi 1635mm.

Terakhir, Honda WR-V memiliki dimensi panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.608 mm.

Dengan dimensi terbesar di antara para pesaingnya, seharusnya Kia Sonet mampu menawarkan kabin yang lebih lapang.

Untuk ground clearance yang merupakan ukuran penting dalam sebuah SUV, Honda WR-V adalah yang tertinggi dengan jarak 220mm, Kia Sonet 205mm dan Toyota Raize 200mm, yaitu jarak terendah.

FOTO: Pilar Polisi Energica EsseEsse9+ hadir di IMOS 2022

Fitur: Hanya Kia Sonet yang tidak memiliki fitur keselamatan aktif

Honda membekali WR-V dengan segudang fitur yang bukan kaleng-kaleng. Honda Sensing langsung terpasang sebagai perangkat pengaman aktif pada mobil ini.

Lalu ada 6 airbag, sistem pengereman ABS, EBD dan BA, juga tersedia VSC dan HSA.

Begitu pula dengan Toyota Raize yang juga dilengkapi fitur active safety melalui teknologi Toyota Safety Sense.

Selain itu, Raize juga dilengkapi dengan 6 airbag, sistem pengereman ABS, EBD dan BA, serta VSC dan HSA.

Sedangkan Kia Sonet, sebagai yang lebih mahal, harus dilengkapi dengan usungan fitur keselamatan seperti 6 airbag, rem ABS, EBD dan BA, serta fitur VSC dan HSA. Dan ada juga TPMS sebagai tambahan.

Untuk hiburan di dalam kabin, Honda WR-V menawarkan layar sentuh berukuran 7 inci dengan koneksi smartphone. Selanjutnya, Toyota Raize mengandalkan layar sentuh berukuran 9 inci dengan fungsi T-Link, dan Kia Sonet memiliki layar sentuh berukuran 8 inci dengan koneksi smartphone.

Honda WR-V hadir dengan Honda LaneWatch dan remote engine start, sedangkan Raize memiliki Blind Spot Monitor dan Rear Cross Traffic Alert, serta perpindahan gigi dan kecepatan berkendara.

Terakhir, Kia Sonet memiliki kursi berventilasi, sistem audio BOSE, pengisian daya nirkabel, engine start jarak jauh, dan sunroof.

Kesimpulan

Dari perbandingan tersebut, masing-masing tentunya memiliki keunggulan tersendiri, terlepas dari merek ketiga mobil tersebut.

Honda WR-V unggul dalam performa mesin dan fitur keselamatan aktif, sementara Toyota Raize bisa membanggakan mesin turbo kecilnya dan Toyota Safety Sense, sedangkan Sonet bisa memanjakan penumpang dengan berbagai fitur di kabinnya yang jauh lebih lega dari miliknya. pesaing.

Lihat berita menarik lainnya dari Google Berita

Bantu kami mengenal Anda lebih baik dengan mengisi survei di sini

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button