Berita Wisata

Peresmian Gedung Pusat Informasi Pariwisata Kabupaten Serang

Foto: spesial

MENYINGGUNG | Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa meresmikan gedung Tourist Information Center atau PIP Kabupaten Serang di Desa/Kecamatan Anyar. Diharapkan wisatawan dapat merasakan dan mengunjungi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Serang, tidak hanya wisata resort di Anyar dan Cinangka.

Pandji Tirtayasa mengatakan bahwa PIP merupakan jendela pariwisata Kabupaten Serang, sehingga wisatawan yang akan datang ke Kabupaten Serang dari jauh pasti sudah mengetahui apa yang dimiliki Kabupaten Serang. Jelas dimana tujuan wisatanya, tempat wisatanya dan dimana tujuan kesenian tradisionalnya.

“Termasuk informasi hotel di Kabupaten Serang, tarif hotel, rumah sakit dan SPBU di Serang, semuanya akan disediakan atau disajikan di PIP melalui digital,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dirilis Discominfosatik, Senin, 5 Desember 2018. 2022.

Pandji mengatakan informasi versi digital perlu dilengkapi dan disiapkan hanya dengan membuat alamat situs web yang hanya membutuhkan infrastruktur komputer dan internet.

“Tentunya dengan kapasitas yang cukup untuk menginformasikan ke seluruh objek wisata yang ada di Kabupaten Serang, termasuk berjualan melalui YouTube, Instagram dan media sosial lainnya,” ujarnya.

Seperti pada pembukaan, Pandji menjelaskan menampilkan pencak silat pencak silat yang direkam dan diposting di media sosial YouTube beserta judul dengan narasi yang menarik. Oleh karena itu, tidak hanya tempat wisata di Pantai Anyar Cinangka saja, melainkan semua tempat wisata yang ada di Kabupaten Serang.

“Karena pusat informasi wisata Kabupaten Serang, termasuk Cinangka, kunjungan ke desa-desa termasuk Bendungan Pamarayan diinformasikan di sini,” terangnya.

Meski tidak secara angka, Pandji berharap bisa menjadi panggung yang terbuka untuk wisatawan, sehingga pihaknya mengusulkan agar setiap Sabtu malam ada pameran barang-barang wisata milik Kabupaten Serang, yakni kesenian tradisional yang digarapnya debus, pencak. silat. Untuk itu, pihaknya juga mengusulkan mengundang hotel Anyar dan Cinangka.

“Harapan saya tentu saja kesenian tradisional harus dikemas secara modern, baik dialognya, kostumnya harus terlihat modern, dan kalau perlu dialognya dicampur dengan bahasa Inggris jika wisatawan datang dari luar,” ujarnya. .

Pandji menjelaskan, dengan pemusatan PIP Kabupaten Serang di desa/kecamatan Anyar karena tujuan wisata masyarakat lebih dominan pada wisata Pantai Anyar, padahal objek wisatanya tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Serang. Namun, kebanyakan orang berkunjung ke Anyar-Cinangka karena ingin menikmati suasana pantai.

“Makanya kalau masuk Anyar ini kita perkenalkan agar wisatawan tahu objek wisata Kabupaten Serang, tidak hanya Anyar-Cinangka. Disini kita akan menginformasikan tentang objek wisata atau kekayaan atau potensi, aset wisata Serang Kabupaten yang bisa dikunjungi wisatawan,” ujarnya.

Peresmian gedung pusat informasi Kabupaten Serang di desa/kecamatan Anyer berlangsung pada Jumat, 2 Desember 2022. Turut hadir Kepala Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata (Disporapar), Anas Dwi Satya Prasadya, Kepala Dinas dan Badan Kesatuan Departemen Politik (Bakesbangpol) Epi Priatna, Ketua DKBP3A, Tarkul Wasyit, sejumlah anggota DPRD, camat dan unsur Muspika Kabupaten Anyar.

Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan gedung PIP Kabupaten Serang sudah dibangun sejak tahun 2019 namun belum diresmikan dan dioperasikan hingga akhir tahun 2022 akibat pandemi Covid-19. Ia berharap PIP yang baru saja dilaunching ini dapat digunakan atau digunakan oleh warga khususnya wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Serang.

“Sehingga dengan adanya PIP, masyarakat yang akan berkunjung dapat merasakan destinasi wisata Kabupaten Serang. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Diskominfosatik untuk membuat website pariwisata PIP, semoga bisa kita kelola dengan kerjasama website ini (wisatawan) bisa lebih mengenal destinasi seperti Kabupaten Serang,” katanya.

Apalagi, Anas berharap dengan dimulainya kebangkitan pariwisata di Anyar-Cinangka dan di seluruh Kabupaten Serang pasca Covid-19 dengan adanya PIP dapat menambah destinasi wisata baru, agar masyarakat tidak lagi hanya berkunjung. hotel di weekend hanya di hari sabtu semoga bisa bertambah hari ke weekdays.

“Harapan kami untuk memberdayakan masyarakat, baik pelaku UMKM maupun ekonomi kreatif, juga memberdayakan masyarakat dengan sadar wisata, mulai dari kebersihan, keamanan, dan ketertiban, kita akan jaga bersama-sama”, ujar Anas.

Editor: Ansori S

komentar yang muncul adalah tanggung jawab pemberi komentar, sebagaimana diatur dalam undang-undang ITE

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button