Berita Wisata

Peresmian Gerbang Mahligai Pesisir Perbatasan Kota Singkawang-Sambas

Rabu, 30 November 2022 | 08:44 WIB

| Penulis:

Penerbit: Eka Yonavilbia

Singkawang, InfoPublik – Walikota Singkawang bersama Bupati Sambas dan Direktur PT. Astra International Tbk meresmikan Gerbang Mahligai Pesisir sebagai monumen perbatasan Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas di Desa Semelagi Kecil pada Minggu (27/11/2022).

Rangkaian kegiatan diawali dengan tarian selamat datang, pengguntingan pita dan penandatanganan pendaftaran yang kemudian dilanjutkan dengan bepapas dan penyalaan petasan yang menambah kemeriahan peresmian gapura megah tersebut.

Dalam sambutannya, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan momen tersebut merupakan kebahagiaan dan kebanggaan bagi Kota Singkawang. Ia berterima kasih kepada PT. Astra International yang mendukung pemerintah kota Singkawang dalam merencanakan pembangunan gerbang perbatasan kota Mahligai Pesisir hingga peresmiannya.

“Hari ini alhamdulillah kita semua dapat meresmikan gapura yang megah ini, tidak lupa saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Singkawang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Suparno Djasmin dan seluruh jajaran PT Astra Internasional yang mendukung dan memberikan bantuan dalam pembangunan gerbang ini,” ujarnya.

Disampaikannya, nama Mahligai Pesisir menandakan kemegahan sebuah bangunan yang terletak di pesisir pantai bercorak Melayu yang melambangkan keunikan masyarakat yang tinggal di wilayah Kabupaten Singkawang Utara dan Kabupaten Sambas.

“Sedikit disampaikan, nama Mahligai Pesisir dapat diartikan sebagai sebuah bangunan megah yang indah sebagai penghubung antara Kota Singkawang dengan Kabupaten Sambas yang terletak di kawasan pesisir dan memiliki corak Melayu yang khas menurut penduduk setempat di sini dan Kabupaten Sambas. ” dia berkata.

Ditambahkannya, Gerbang Mahligai Pesisir merupakan peresmian pertama dari tiga gerbang batas kota yang telah dibangun. Hal ini diharapkan dapat menambah ikon Kota Singkawang yang menarik, sehingga nuansa sebagai kota wisata dapat semakin menarik pengunjung untuk datang ke Kota Singkawang.

“Selain menjadi visi dan misi kami, membangun pintu gerbang kota juga merupakan tujuan kesejahteraan bersama. Hal ini diharapkan sebagai bagian dari upaya menjadikan Kota Singkawang sebagai kota wisata. Mampu menambah tempat-tempat menarik dan spot foto yang dapat dikunjungi,” dia melanjutkan.

Ia tak lupa berpesan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Singkawang Utara untuk bersama-sama menjaga tugu bersejarah ini agar dapat lestari dan terjaga keindahannya.

Senada dengan yang disampaikan Walikota Singkawang, Bupati Sambas Satono mengatakan bahwa Gerbang Mahligai Pesisir juga mengangkat latar belakang budaya masyarakat Sambas yang kental dengan budaya Kesultanan Sambas sesuai dengan desain yang ditampilkan pada gapura tersebut. .

“Pintu ini merupakan bentuk representasi Istana Kesultanan Sambas. Mengambil latar budaya masyarakat Sambas yang kental dengan budaya Kesultanan Sambas sesuai dengan desain yang ditampilkan pada pintu tersebut,” tambahnya.

Satono pun mengapresiasi perhatian dan kepedulian PT Astra Internasional selaku penyandang dana yang menghadirkan gapura indah sebagai batas penghubung Kota Singkawang dengan Kabupaten Sambas.

“Saya mewakili masyarakat Sambas, saya mengucapkan ribuan terima kasih atas perhatian dan kepedulian PT Astra Internasional yang telah menghadirkan gapura indah yang berdiri kokoh di atas tanah kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.” dia berkata.

Ia berharap gapura ini bisa menjadi perekat silaturahmi dan penanda persaudaraan di Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

“Saya berharap gerbang yang luar biasa ini dapat menjadi perekat persatuan di antara kita semua, simbol kekuatan dan persatuan serta simbol persaudaraan.” dia berkata.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Astra International, Suparno Djasmin, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Singkawang dan Pemkab Sambas yang telah memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan gerbang tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas serta seluruh jajaran yang telah memberikan kesempatan kepada kami di PT Astra untuk dapat berpartisipasi dalam momen indah ini yaitu pembangunan gapura mahligai pesisir”, imbuhnya.

Suparno Djasmin memuji kerja sama dan kolaborasi yang berjalan sangat baik dalam pembangunan gapura ini, mulai dari koordinasi perencanaan, proses pembangunan hingga peresmiannya.

“Bahkan ketika saya pertama kali mendengar tentang rencana gerbang, saya pikir itu adalah hal yang sangat bagus dan kita harus mendukungnya.” dia berkata.

Lebih lanjut ia meminta maaf jika bantuan dan dukungan yang diberikan kurang maksimal. Ia berharap gapura batas kota yang telah diresmikan dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

“Kami segenap keluarga besar Astra International mohon maaf apabila dukungan yang diberikan untuk pembangunan gerbang ini masih belum maksimal. Semoga gapura yang telah diresmikan ini dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas. dia berkata. (MC. Kota Singkawang/Eyv)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button