Berita Wisata

Perhutani meraih perunggu dalam ajang SNI Award 2022

Perolehan penghargaan ini dapat memotivasi perusahaan untuk secara konsisten menerapkan SNI dan meningkatkan kinerjanya agar memperoleh peringkat yang baik.

Jakarta (ANTARA) – Perusahaan Umum Kehutanan Negara atau biasa disingkat Perum Perhutani meraih peringkat perunggu penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI) 2022 untuk kategori organisasi besar produk sektor agrowisata.

Direktur Komersial Perum Perhutani Ahmad Ibrahim mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa perusahaannya selalu menerapkan standar nasional Indonesia.

“Memenangkan penghargaan ini dapat memacu perusahaan untuk konsisten menerapkan SNI dan meningkatkan kinerjanya untuk mendapatkan peringkat yang baik,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ahmad menjelaskan, perusahaannya sudah tiga kali mengikuti SNI award tahun ini, dan kali ini mendapat peringkat perunggu.

SNI Award merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat kepada organisasi yang dinilai telah menerapkan sistem manajemen operasional yang baik dan menerapkan standar nasional Indonesia secara konsisten.

Perhutani menerapkan SNI pada jenis produk yang dikeluarkan perusahaan yaitu jenis produk kayu (pengujian, pengukuran, daftar isi, cara uji, penandaan jenis kayu bulat, klasifikasi penandaan, pengukuran kayu gergajian), non -produk kayu (getah pinus, gondorukem, terpentin, alpha pinane, minyak kayu putih), jasa lingkungan wisata alam (wisata terapi, CHSE, pengelolaan wisata alam) dan perencanaan (klasifikasi pendudukan tanah).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan standardisasi bertujuan untuk meningkatkan penjaminan mutu, efisiensi produksi, daya saing nasional yang sehat dan standardisasi juga dapat melindungi pelaku usaha, konsumen, pekerja dan keselamatan serta kelestarian lingkungan.

Sementara itu, Kepala BSN Kukuh Achmad mengatakan penerapan SNI ini dapat melindungi masyarakat dan dapat menjadi benchmark bagi perusahaan dan organisasi untuk meningkatkan kinerjanya.

Baca juga: Perhutani optimalkan kawasan hutan untuk ketahanan pangan
Baca Juga: Perhutani punya ruang kontrol digital untuk memantau pengelolaan hutan
Baca juga: Perhutani Raih Penghargaan Pengelolaan Hutan Lestari

Reporter : Sugiharto Purnama
Penerbit : Biqwanto Situmorang
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button