Berita Wisata

Peringatan! Potensi gelombang laut pantai selatan Jawa saat ini mencapai 4 meter

Jumat, 6 Januari 2023 – 09:17 WIB

VIVE nasional – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tunggul Wulung Cilacap mengumumkan prakiraan gelombang pantai selatan Jawa Tengah pada Jumat, 6 Januari 2023. Potensi gelombang tinggi di perairan selatan Jawa bagian tengah seharusnya 2,5-4 meter.

Prakiraan cuaca BMKG di stasiun cuaca Tunggul Wulung Cilacap, Deas Ahmad Rivai menjelaskan, gelombang tinggi disertai angin dengan kecepatan 6 hingga 23 knot. Namun, gelombang maksimum harus dua kali lipat dari angka di atas.

Selain itu, daerah yang memiliki potensi gelombang tinggi terdapat di perairan Cilacap, Kebumen, dan Purworejo. Untuk wilayah perairan dan Samudera Hindia bagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta biasanya cuaca berawan dengan potensi hujan ringan.

Stok Foto - Warga menyaksikan gelombang tinggi saat cuaca buruk di Kupang, NTT.

Stok Foto – Warga menyaksikan gelombang tinggi saat cuaca buruk di Kupang, NTT.

Kemudian angin umumnya bertiup dari arah barat daya dan barat laut dengan kecepatan berkisar antara 6 hingga 24 knot.

BMKG melaporkan prakiraan cuaca ini berlaku untuk Jumat, Jumat ini, 6 Januari 2023 mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Sementara itu, prakiraan tinggi gelombang di perairan utara Jawa Tengah di Laut Jawa pada Jumat berada pada kategori sedang antara 1,25 hingga 2,5 meter. Potensi tersebut terdapat di perairan Karimunjawa, Laut Jawa bagian tengah dan Kalimantan Tengah bagian barat.

Halaman selanjutnya

Untuk tinggi gelombang kategori rendah antara 0,5 sampai 1,25 meter dapat terjadi di perairan Brebes – Pemalang, Pekalongan – Kendal, Semarang – Demak, Jepara dan Pati – Rembang.

img_title

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button