Berita Wisata

Peringatan Serius dari BMKG, Ada Ancaman Tsunami di Beberapa Pesisir Jawa Barat

BMKG Awas Ada Ancaman Tsunami Serius di Beberapa Pesisir Jawa Barat - GenPI.co JABAR Detektor tsunami dipasang di wilayah perairan Indonesia. (dokumen BPPT)

GenPI.co Jawa Barat – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memetakan daerah-daerah yang berpotensi tsunami akibat gempa dorong mega.

Hasil pemetaan zona subduksi di pantai selatan Jawa Barat yaitu Kabupaten Tasikmalaya.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Stasiun Geofisika Bandung Sandy Nur Eko mengatakan jika terjadi gempa dorong mega, ada ancaman gelombang tsunami hingga 23 meter.

BACA JUGA: Peringatan BRIN, waspadai gempa Megathrust dan tsunami yang berpotensi merembet ke Selat Sunda

Potensi ini dapat terjadi di Pantai Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.

“Pantai Cipatujah, Tasikmalaya, ketinggian maksimum tsunami yang akan terjadi jika gempa terjadi di zona megathrust adalah 23 meter, dengan waktu tiba sekitar 15 menit,” kata Sandy saat wawancara seminar online yang diselenggarakan oleh BMKG Bandung. , Senin (7/11).

BACA JUGA: Gempa di kota Sukabumi berkekuatan 4,6

Pihaknya juga memetakan magnitudo gempa yang diperkirakan mencapai 8,7 SR baik di zona subduksi Selat Sunda maupun selatan Jawa Barat.

Selain Tasikmalaya, Sandy juga memetakan wilayah pesisir selatan lainnya, yakni Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, dan Pangandaran.

BACA JUGA: Tsunami Kabar baik dari Persib sebelum pertandingan melawan Persija

Dikatakannya, di Kabupaten Pamengpeuk, Garut, juga terdapat ancaman tsunami hingga 18 meter jika terjadi gempa mega dorong. Tsunami membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai pantai dari gempa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button