Berita Wisata

Peringati Hari Pertunangan Pemuda ke-94, Pemkab Solok Gelar Tur dan Festival Seni Salingka Danau – Sumut24

TANAH PANJANG | SUMUT24.co

Dalam rangka memperingati Hari Pertunangan Pemuda ke-94, pada tanggal 28 Oktober 2022, Pemerintah Kabupaten Solok menggelar acara akbar Gowes Wisata Salingka Danau dan Festival Kesenian yang dipusatkan di Alahan Panjang Resort.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Solok, nahkoda. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar yang didampingi oleh Presiden TP-PKK Kabupaten Solok, Ibu Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Sekda Medison, S.Sos, M.Si, Asisten I, Drs. Syahrial, MM, PLT Asisten II, Syaiful, Asisten III, Edityawarman, Staf Ahli, Camat, Forkopincam, Walinagari, KAN, BPN, Komunitas Alahan Panjang, Sabtu (29/10/2022).

Gowes Salingka Danau merupakan acara perdana sekaligus jejak dari acara Tour de Singkarak yang semakin meningkatkan wisata sepeda untuk menikmati alam Kabupaten Solok yang berkolaborasi antara seni, UKM Bazaar dan ekonomi kreatif dan bersepeda.

Mengambil momen Youth Engagement Day ke-94, diharapkan semangat Youth Engagement menjadi inspirasi kebangkitan pariwisata Kabupaten Solok untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada Sabtu dan Minggu (29-30/10/2022) ini didukung oleh pejabat daerah terkait seperti Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas KUKMKPP, Perhubungan Dinas, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Lembah Gumanti, Kecamatan Danau Kembar, Bagian Umum Setda dan Kapolsek Lembah Gumanti dan Danau Kembar, organisasi RAPI.

Kegiatan yang disponsori oleh BUMN dan perusahaan di Solok seperti Bank Nagari, Mandiri, BRI, BPJS Kesehatan ini akan dimulai dengan kegiatan seni, pameran dan UKM dan pada tanggal 30 akan berlangsung ride yang akan menempuh jarak 24 km yang melintasi Alahan Panjang, Lake Resort di atas, Nagari Simpang Tanjuang Nan IV, Danau Talang dan kembali ke Alahan Panjang Resort.

Bupati Solok Epyardi Asda sangat mengapresiasi panitia dan semua pihak yang telah berusaha dan bekerja keras selama dua bulan terakhir untuk mempersiapkan acara Gowes Salingka Danau, walaupun masih ada kekurangan dalam persiapannya diharapkan acara ini dapat berlangsung dengan lancar dan lancar. hidup.

Kegiatan yang bertujuan untuk menarik wisatawan untuk datang ke Alahan Panjang Resort, yang kemudian dapat berdampak pada sektor ekonomi masyarakat Alahan Panjang, dan mungkin ada investor yang akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, untuk membangun dan mempercantik tampilan tempat wisata seperti Danau Di atas. , Danau Bawah dan Danau Talang.

Untuk kesenian anak Nagari, Bupati meminta agar mereka dibina dengan membentuk Dewan Kesenian yang berada di bawah Dinas Pariwisata. Kepada dinas terkait, ia tak lupa meminta agar dibuat surat edaran yang berisi himbauan kepada seluruh nagari walikota se-Kabupaten Solok agar menganggarkan dana untuk pengembangan seni anak nagari. Kesenian kita tidak kalah dengan daerah lain. yang akan terjadi, adalah orang-orang yang benar-benar siap dan baik.

“Ke depan, event-event besar seperti Gowes Salingka Danau, pihak terkait harus benar-benar dipersiapkan dengan matang dan matang, jika berhasil akan berdampak positif baik dari sisi promosi daerah, promosi pariwisata, UKM selain seni,” harap Epyardi Asda . (Ya)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button