Berita Wisata

Perkuat desa wisata, Adira Finance gelar festival kreatif lokal di desa wisata Alamendah : Okezone Travel

Apakah Anda pernah mengunjungi Desa Wisata Alamendah Kabupaten Bandung? Jika belum, rencanakan kunjungan Anda ke sana, oke? Desa Wisata Alamendah yang terletak di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini memang layak untuk dikunjungi bersama keluarga atau pasangan. Keindahan alam yang selalu asri dan segar akan membuat kondisi fisik semakin segar.

Jadi sangat cocok bagi Anda untuk berlibur sambil bersantai sambil berjalan-jalan di sekitar kawasan tersebut Desa Wisata Alamendah. Memang, desa ini meraih prestasi tersendiri dengan masuk dalam 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Tak heran jika banyak wisatawan yang mulai berencana mengunjungi Desa Wisata Alamendah, karena banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa dinikmati di desa wisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung ini. Desa wisata ini tidak hanya menonjolkan sektor pariwisata, tetapi juga mendorong sektor ekonomi kreatif sehingga bisa menjadi penopang ekonomi kerakyatan.

Maka dari itu, untuk mendukung bangkitnya sektor wisata dan perputaran ekonomi penduduk, Anda bisa menjadikan desa ini sebagai destinasi wisata sekaligus membeli kerajinan lokal dari penduduk untuk dijadikan oleh-oleh.

Saat berkunjung ke desa wisata ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti memetik buah strawberry tepat di kebun strawberry. Anda bisa membawa pulang hasil petik strawberry sebagai oleh-oleh. Dijamin, ada kepuasan tersendiri saat mencicipi strawberry yang sudah Anda petik. Setelah puas memetik strawberry, Anda bisa menikmati makan siang berupa ayam dengan saus strawberry atau aneka olahan strawberry lainnya.

Usai menyusuri taman penat, Anda bisa makan jajanan, minum kopi, dan juga membeli oleh-oleh dari perkebunan masyarakat, seperti stik sayur, boneka, dan sandal strawberry.

Pastikan juga untuk singgah di Air Terjun Awi Langit yang merupakan salah satu tempat wisata di desa wisata Alamendah. Untuk mencapainya tinggal berjalan kaki. Desa wisata ini juga memiliki spot foto instagenic yang menyuguhkan pemandangan hamparan perkebunan strawberry yang sangat luas.

Desa Wisata Ramah Berkendara

Eksotisme alam desa wisata Alamendah memikat hati PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) yang bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal (FKL) di desa wisata Alamendah dengan tema Drive Friendly Tourism Village.

Festival Kreatif Lokal (FKL) di Desa Wisata Alamendah dengan tema Desa Wisata Ramah Berkendara. (Foto: dok. Adira Finance)

Desa Wisata Alamendah merupakan desa kelima dan terakhir dalam rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2022 yang diselenggarakan pada Agustus hingga November 2022. Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program corporate social responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal. , yang berfokus pada pengembangan pariwisata, budaya, kearifan lokal dan pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun ke-3 diselenggarakan Festival Kreatif Lokal, programnya meliputi kegiatan literasi dan pendampingan UMKM bertajuk Desa Wisata Kreatif, dan Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara serta Festival Pasar Rakyat.

Adira Finance bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan festival kreasi lokal 2022 di 5 desa wisata di wilayah Jawa dan Bali yang sudah memiliki elemen pendukung seperti pengelolaan infrastruktur dan sumber daya manusia serta ekosistem pariwisata dan kreatifitas. ekonomi. .

“Ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami, Adira Finance bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk terus melanjutkan upaya kami membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid 19, dengan mengajak teman-teman komunitas biker untuk berkendara bersama dan menampilkan Desa Wisata Alamendah sebagai tujuan wisata lokal yang ramah bagi para pecinta mobil,” kata Swandajani, Direktur Pemasaran Adira Finance.

Swandajani menjelaskan, Adira Finance dan Kemenparekraf RI memilih Desa Alamendah sebagai desa wisata ramah berkendara bukan tanpa alasan.

Desa ini memiliki potensi yang dapat dikembangkan ke arah yang lebih baik dan kriteria pendukung yang memadai antara lain infrastruktur seperti jalan aspal, lampu lalu lintas, SPBU dan bengkel mobil, sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata, serta ekosistem wisata yaitu tempat wisata, akomodasi atau fasilitas lainnya.

Kepala Desa Alamendah Awan Rukmawan mengapresiasi kunjungan dan dukungan dari Adira Finance, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta komunitas biker yang ingin berkontribusi dalam pembangunan Desa Alamendah. Desa Alamendah merupakan desa percontohan secara nasional dan terbaik ke 2 ADWI dalam kategori digitalisasi.

“Alhamdulillah, dalam satu minggu ada 3 kali kunjungan ke desa kami untuk dijadikan percontohan di daerah lain. Desa kami memiliki 8.700 KK di 30 RW. Alhamdulillah semuanya rukun, yang membuktikan bahwa desa wisata kami adalah desa yang nyaman untuk dikunjungi. berkunjung,” ujarnya.

Awan berharap kedepannya kegiatan ini dapat terus berlanjut dan Desa Alamendah menjadi sumber inspirasi bagi berbagai pihak dalam pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Ya, penyelenggaraan Local Creative Festival 2022 juga didukung oleh berbagai pihak baik dari pemerintah maupun swasta seperti Zurich Insurance Indonesia, MUFG, Bank Danamon dan Adira Finance Syariah.

Sudah terbayang kan serunya mengunjungi desa Alamendah bersama keluarga atau pasangan tercinta? Ayo agendakan sekarang juga untuk pengalaman dan keseruan yang tak terlupakan di desa Alamendah.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

(akan)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button