Berita Wisata

Pertamina Group Balongan menjaga kebersihan dan perlindungan kawasan pesisir

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Demi menjaga kebersihan pantai di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Pertamina Group di kawasan Balongan melakukan aksi gotong royong membersihkan pantai. Kegiatan bertajuk Collaborative Coastal Cleanup ini dilakukan di kawasan wisata pantai Tirta Ayu dan sekitarnya.

Acara ini merupakan inisiasi Proyek Pertamina Balongan (Proyek RDMP) bekerjasama dengan PT Kilang Pertamina Internasional Balongan Unit, Pertamina Gas and Oil Transportation, Integrated Terminal Balongan MOR 3, serta melibatkan unsur Muspika Kabupaten Balongan, Biro lingkungan Kabupaten Indramayu dan masyarakat Kecamatan Balongan.

Selain aksi memungut sampah di pantai, tak kurang dari 325 pohon pinus bahari juga telah ditanam di sepanjang pantai Tirta Ayu dan sekitarnya.

General Manager Proyek Balongan Sugeng Firmanto mengatakan, kegiatan Coastal Celan Up digelar dalam rangka memperingati HUT ke-5 PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), sekaligus untuk menyambut HUT ke-65 PT Pertamina (Persero).

“Konsep penanaman cemara laut sudah kami adopsi yakni 5×65 pohon, sesuai dengan HUT KPI ke-5 dan HUT Pertamina (Persero) ke-65, sehingga total pohon cemara laut yang ditanam sebanyak 325 pohon,” ujarnya.

Sugeng menjelaskan, dalam agenda selanjutnya ada rencana penanaman 1.000 bibit mangrove di pesisir pantai untuk mencegah abrasi. Sekaligus mempercantik pantai dan menarik wisatawan sehingga meningkatkan pendapatan ekonomi lokal.

“Saya berharap penanaman besar-besaran yang kami lakukan juga dapat mendukung pemeringkatan lingkungan, sosial, dan pemerintah (ESG) holding Pertamina,” kata Sugeng.

Regional Communications, Relations and CSR Manager Unit PT KPI Balongan Imam Rismanto mengatakan: Kegiatan Kolaborasi Coastal Cleanup atau Pembersihan Pantai merupakan salah satu perwujudan nilai moral yang diimplementasikan dalam kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Menurut Imam, jauh sebelum pantai Tirta Ayu menjadi objek wisata, pihak kilang Pertamina Balongan juga telah memulai penanaman pohon cemara sebagai bagian dari program pemulihan lingkungan. Beberapa pohon pinus yang ditanam di sekitar pantai Tirta Ayu masih hidup dan subur.

“Semoga kerjasama Pertamina Group di Balongan terus berlanjut, sehingga sinergi yang terjalin dapat memberikan dampak yang baik bagi bisnis, lingkungan dan masyarakat sekitar,” ujar Imam.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button