Berita Wisata

Pesona Air Terjun Cunca Murung di Dekat Persawahan NTT

RUTENG, KOMPAS.com – Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang menyukai wisata alam khususnya air terjun, karena di kawasan ini banyak terdapat air terjun yang belum terekspos. Salah satunya adalah air terjun Cunca Murung.

Terletak di desa Bangka Leda, kecamatan Langke Rembong, air terjun ini bisa dicapai setelah 15 menit berjalan kaki dari Kampung Leda.

Baca juga :

“Pengunjung akan melewati perkebunan kopi dan sawah milik masyarakat Leda (bersamaan) melakukan perjalanan di Sungai Wae Lerong,” kata staf Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin Kompas.comSelasa (13/12/2022).

Air terjun ini, lanjutnya, juga cukup dekat dengan kompleks Suster Wae Lengkas.

Dapat digabungkan dengan berbagai tempat wisata lainnya

Albertus menjelaskan, jalur menuju air terjun ini bisa dipadukan dengan jalur wisata budaya terkenal Ruteng Pu’u.

Pengunjung juga dapat mencapai air terjun Cunca Murung dengan bersepeda dari kota Ruteng kemudian dilanjutkan melakukan perjalanan menuju air terjun.

Baca juga :

Sementara itu, Pemerintah Kecamatan Bangka Leda melalui Lurah Bangka Leda Ishak Genggor mengisyaratkan bahwa wacana pengelolaan objek wisata air terjun nantinya akan lebih diupayakan sepenuhnya dipimpin oleh masyarakat Bangka Leda.

“Pesona alam yang masih terjaga dan kegiatan pertanian tradisional menjadi salah satu daya tarik alternatif yang dapat diwujudkan di kawasan pertanian di sekitar Air Terjun Cunca Murung,” ujarnya.

Sebagai informasi, wisata pertanian banyak diminati dan dikunjungi wisatawan mancanegara.

Wisatawan lokal sering berkunjung ke Air Terjun Cunca Murung

salah satu destinasi wisata di Kota Ruteng Kabupaten Manggarai yaitu Air Terjun Cunca Murung, Desa Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT pada Selasa (13/12/2022).  (DOK/RESIDENT RUTENG-INDRA WODA)KOTA DOK/RUTENG-INDRA WODA, salah satu destinasi wisata Kota Ruteng di Kabupaten Manggarai yaitu Air Terjun Cunca Murung, Desa Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT, Selasa (13/12/2022). (DOK/RESIDENT RUTENG-INDRA WODA)

Albertus Jehamin menambahkan, wisatawan lokal kota Ruteng sering mengunjungi air terjun Cunca Murung.

Oleh karena itu, tempat wisata di sekitar kota Ruteng dinilai cukup lengkap. Wisatawan dapat mengunjungi Kampung Adat Ruteng Puu, Sawah Jaring Laba-laba Lingko Ratung, Gereja Katedral Ruteng, Perkebunan Kopi dan Liang Bua.

Baca Juga: Menjelajah Alam di Rahong Utara NTT, Menikmati Air Terjun Cunca Lega

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button