Tempat Wisata

Pesona Air Terjun Kakek Bodo, Keindahan Alam dan Kisah Inspiratif di Pasuruan

Temukan keindahan Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan yang dipadukan dengan kekayaan cerita sejarah. Sebuah destinasi alam yang menawarkan pesona dan cerita masa lalu.

Harga tiket: Rp 25.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Taman Wisata No. 541, Prigen, Kec. Prigen, Kab.Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Kakek Bodo, destinasi wisata alam di Tretes, Kabupaten Prigen, Pasuruan. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Di balik keindahannya yang mempesona, objek wisata alam ini juga menyimpan cerita dan sejarah yang unik. Penasaran? Pada artikel informatif berikut ini kita akan membahas tentang Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan.

Lihat penawaran hotel di Pasuruan

Sejarah Air Terjun Kakek Bodo

Sejarah Air Terjun Kakek BodoFoto: Google Maps/Ayo Mainkan ID

Air Terjun Kakek Bodo tidak hanya memiliki keindahan alam yang mempesona, namun juga sejarah yang menarik. Penduduk setempat mungkin sudah tidak asing lagi dengan cerita Kakek Bodo.

Sebelum air terjun ditemukan, ada seorang kakek pada zaman penjajahan Belanda yang bekerja keras dan mengabdi pada keluarga Belanda. Seiring bertambahnya usia, sang kakek memutuskan untuk meninggalkan keluarga majikannya dan segala hal duniawi dan berusaha menyucikan dirinya melalui praktik pertapaan.

Karena keputusannya dianggap aneh dan bodoh, keluarga Belanda menjulukinya sebagai kakek bodoh. Meski demikian, kakek ini bertekad untuk bermeditasi di tempat yang sepi.

Berkat kegigihannya dalam mempertahankan keputusannya, ia memiliki beberapa kesaktian. Dengan kesaktiannya, Kakek Bodo banyak membantu warga sekitar yang meminta pertolongan.

Hingga akhir hayatnya, ia meninggal di tempat ia bermeditasi dan dimakamkan di sana. Terdapat air terjun indah dengan air jernih di sekitar makam Kakek Bodo. Karena keindahannya, banyak orang yang datang kesini sekedar untuk menikmati keindahan atau berlibur bersama keluarga atau teman.

Selama ini air terjun ini dikenal dan populer dengan sebutan air terjun Kakek Bodo. Selain air terjun, kawasan wisata alam ini juga memiliki Tempat Perkemahan Kakek Bodo, Kopi Kakek Bodo, dan Kedai Lali Djiwo yang tak kalah menariknya.

4D3N Bromo Sunrise, Wisata Air Terjun Ijen & Tumpak Sewu

Atraksi yang ditawarkan Air Terjun Kakek Bodo

Objek wisata air terjun Kakek BodoFoto: Google Maps/Nabila

Air terjun ini terletak di tengah alam yang masih alami yaitu di lereng Gunung Arjuno. Karena letaknya di lereng gunung, Air Terjun Opa Bodo memiliki air yang jernih dan sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Seperti air terjun pada umumnya, air terjun ini memiliki suasana asri dan tenang. Tak heran jika banyak orang yang datang untuk menyegarkan tubuhnya atau sekedar menyembuhkan. Air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati akhir pekan bersama keluarga atau teman.

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan bersumber dari Sungai Kaligesik yang dikelilingi bebatuan dan akar pohon. Selain itu, tepat di bawah air terjun Anda akan menemukan kolam alami berukuran besar dengan kedalaman antara 1 hingga 5 meter.

Kolam alami ini juga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang sekedar ingin duduk-duduk di atas bebatuan atau bermain air yang sejuk dan jernih. Namun bagi pengunjung yang berkunjung diimbau untuk tidak mandi langsung di bawah air terjun karena dikhawatirkan dapat membahayakan akibat arus air yang deras.

Selain air terjun, kawasan ini juga memiliki kolam renang dan area taman. Terdapat kolam renang tidak jauh dari tempat parkir. Kolam renangnya memiliki seluncuran dengan air bersih dan alam yang indah.

Saat cuaca bagus, Anda bisa melihat pelangi yang tercipta dari pantulan sinar matahari terik yang menerpa jernihnya air. Karena keindahan dan keindahannya, banyak menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Tur Sehari ke Bromo Sunrise, Air Terjun Coban dan Candi Jago

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Kakek BodoFoto: Google Maps/Citra Tayibnapis

Secara administratif, air terjun cantik ini terletak di kawasan Tretes, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Jika memulai perjalanan dari pusat kota Surabaya akan menempuh jarak sekitar 60 km atau sekitar satu jam perjalanan.

Karena letaknya di lereng gunung, Anda akan ditemani pemandangan pegunungan yang hijau dan mempesona dalam perjalanan menuju air terjun. Tentunya perjalanan Anda tidak akan membosankan karena menyuguhkan pemandangan yang indah dan sejuk.

Setelah sampai di lokasi, anda tidak bisa langsung menuju ke air terjun Opa Bodo. Namun pengunjung yang datang harus berjalan kaki sekitar 2 km atau sekitar satu jam untuk mencapai kawasan air terjun.

Meski merupakan daerah pegunungan, namun jalur menuju air terjun dalam kondisi baik dan tertata dengan baik. Di sepanjang jalan menuju kawasan air terjun Anda akan menemukan beberapa kios atau warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Akses yang mudah memudahkan pengunjung bepergian bersama keluarga atau rombongan. Selain beberapa kios, perjalanan menuju kawasan air terjun juga akan menyenangkan karena suasananya masih asri dan sejuk.

Fasilitas dan tiket masuk wisata alam

Sistem air terjun Kakek BodoFoto: Google Maps/Jeprat Snap Asik

Pengunjung yang datang tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia, karena fasilitas di Air Terjun Opa Bodo Pasuruan sudah cukup lengkap. Diantaranya adalah tempat parkir yang luas, kios atau warung makan, musala, toilet, kolam renang, pendopo atau tempat duduk, tempat perkemahan, taman yang luas, dan spot foto Instagrammable.

Sedangkan tarif masuk air terjun Opa Bodo berbeda antara wisatawan lokal dan mancanegara. Wisatawan lokal membayar Rp25.000 per orang dan wisatawan asing Rp25.000 per orang. 40.000 per orang. Dan anda akan dikenakan biaya kurang lebih sebesar Rp untuk parkir kendaraan anda. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jam buka objek wisata alam ini setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Pastikan untuk mencari waktu yang tepat agar tidak terlalu ramai dan Anda bisa menikmati liburan dengan tenang dan nyaman.

Tips berkunjung ke air terjun Opa Bodo

Tips berkunjung ke air terjun Opa BodoFoto: Google Maps/Vaniaaa

  1. Yang penting dulu Selalu periksa cuaca sebelum mengunjungi objek wisata alam. Kunjungi Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan saat musim kemarau dan hindari saat musim hujan. Selain berbahaya bagi pengunjung, air terjun ini cenderung keruh saat musim hujan sehingga merusak keindahannya.
  2. Tips kedua adalah mengecek informasi lokasi. Hal ini sangat penting bagi pengunjung yang datang dari luar daerah. Pastikan Anda memiliki informasi lengkap mengenai lokasi air terjun, termasuk petunjuk arah dan jam operasional.
  3. Dan tips yang terakhir adalah membawa perlengkapan penting seperti baju ganti, bekal secukupnya dan obat-obatan pribadi.

Demikian ulasan artikel informatif tentang Air Terjun Opa Bodo di Pasuruan. Agar kawasan wisata tetap alami dan asri, wisatawan yang datang harus memperhatikan kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan beragam fasilitas dan keindahan yang mempesona, objek wisata alam ini tentu sayang untuk dilewatkan. Liburan yang menyenangkan!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button